-->

Alinea Ke Empat UUD 1945

Alinea - alinea Undang - undang dasar mengandung maknanya sendiri- sendiri. Dan isi dari Alinea Ke empat Undang -undang Dasar 1945 yaitu :
" kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara indonesia ysng melindungi segenap bangsa indonesia dan Seluruh tumpah Darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang nerdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial l, maka disusunlah kemerdekaan indonesia itu dalam suatu undang -undang dasar negara indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara republik indonesia yang nerkedaulatan rakyat dengan berdara kepada : ketuhanan yang masa esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan indonesia dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan, serta mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia".
Maka yang dikandung dalam Alinea ini, adalah :

  1. Adanya tujuan perjuangan bangsa atau tujuan nasional, yang meliputi4 ( empat ) macam : a. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. b. Memajukam kesejahteraan umum. c. Mencerdaskan kehidupan bangsa. d. Ikut mrlaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
  2. Adanya ketentuan diadakannya Undang - Undang Dasar, dalam kalimat " disusun dalam suatu Undang - Undang Dasar Negara", dalam hal ink adalah UUD 1945
  3. Adanya bentuk negara, dalam hal ini berbentuk Republik yang berkedaulatan rakyat.
  4. Adanya azas kerohanian negara ( dasar negara ), yaitu dasar falsafah pancasila.
LihatTutupKomentar