-->

Alinea Pertama UUD 1945

Alinea - alinea pembukaan UUD 1945 mengandung maknanya sendiri - sendiri secara spesifik, namun bersama - sama menunjukan makna keseluruhannya yang utuh dan bulat. Adapun bunyi dan isi daripada Alinea Pertama UUD 1945 yaitu :
       " bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala Bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan".
      Dalam alinea ini mengandung 2 ( dua ) makna yaitu : 
Pertama : mengandung dalil umum, yaitu berangkat dari kenyataan bahwa adanya penjajahan dimuka bumi termasuk di Indonesia sendiri. Karena manusia pada hakekatnya mempunyai derajat yang sama, maka penjajahan atas sesuatu bangsa terhadap bangsa lain harus dihapus karena tidak sesuai dengan hakikat kodrat manusia ( bangsa).
      Rumus ini yang terangkat sebagai inti alinea pertama, yang biasa disebut dengan " dalil obyektif". Sebagai pertanggung jawab rumus tersebut adalah " perikemanusiaan: dan "@ perikeadilan ". Tersebut didasarkan atas kedua : dengan alasan yang dikemukakan tersebut ( dalil obyektif ), karena kita memang punya mau atau kepentingan, yaitu kita ingin merdeka karena bangsa kita memang sedang dijajah. Jadi alinea pertama ini juga mengandung " pernyataan Subjektif". Yaitu aspirasi atau kepentingan bangsa indonesia sendiri yang ingin lepas dari penjajah.
    Lebih dari itu juga terkandung tekad bangsa indonesia sendiri yang ingin mendukung perjuangan setiap bangsa yang terjajah untuk lepas dari penjajahnya. Ha ini meletakkan tugas kewajiban kepada bangsa indonesia senantiasa berjuang melawan setiap bentuk penjajahan.
LihatTutupKomentar