-->

Arti Undang - Undang Dasar 1945

Undang - Undang Dasar suatu negara adalah sebagian dari hukum dasar negara tersebut. UUD adalah hukum dasar yang tertulis, disampingnya UUD masih berlaku hukum dasar yang tidak tertulis yang disebut "konvesnsi". Yiatu berupa aturan - aturan dasar yang timbul dan dipelihara dalam praktek penyelenggaraan negara.
     UUD 1945 adalah undang - undang negara proklamasi adalah hukum dasar yang tertulis dan merupakan sebagian dari hukum dasar negara kita, sebab di negara kita juga masih berlaku hukum dasar yang tidak tertulis. UUD sebagai hukum dasar yang tertulis hanya mengandung 37 pasal saja, ditambah dengan 4 pasal peralihan dan 2 ayat aturan tambahan. Sehingga dikatakan bahwa  UUD 1945 adalah singkat, karena singkat maka dikatakan bersifat supul atau fleksibel dan tidak mudah ketinggalan jaman. UUD hanya memuat aturan - aturan pokok yang yang memuat garis - garis besar sebagai instruksi kepada pemerintah pusat dan penyelenggara negara lainnya.
    Sebagaimana kita ketahui UUD 1945 ditetapkan oleh PPKI dan mulai berlaku pada tanggal 18 agustus 1945.
    Naskahnya yang resmi telah dibuat dan disiarkan dalam " Berita Republik Indonesia " ( suatu penerbitan resmi RI ) tahun II No. 7yang terbit pada tanggal 15 februari 1946.
    Undang - undang 1945 sebagai hukum dasar yang tertulis mempunyai kekuatan yang mengikat, yaitu mengikat pemerintah, mengikat setiap lembaga negara, lembaga masyarakat dan juga mengikat setiap warga negara indonesia dimanapun mereka berada. Setiap penduduk yang ada diwilayah negara Republik Indonesia. UUD adalah hukum dasar dan sumber hukum. Yaitu bahwa setiap produk hukum seperti undang -undang, peraturan atau putusan pemerintah dan / arah kebijaksanaan pemerintah haruslah nerdasarkan dan nersumberkan pada peraturan yang lebih tinggi dan akhirnya dapat dipertanggung jawabkan kepada keputusan UUD 1945
LihatTutupKomentar