-->

Berpikir Integralistik


Makna istilah integralistik, berasal dari kati integral artinya sama kebulatan, keutuhan, berarti pula kesatuan keseluruhan. Dalam hubungan hidup bersama antar manusia biasa disebut dengan kekeluargaan, kebersamaan. Jadi arti integralistik atau integralisme, adalah suatu nilai atau azas yang mengutamakan kebulatan dan keutuhan, kesatuan keluarga.
Dengan demikian warga atau anggota kesatuan keluarga itu sejajar dengan kebersamaan, tiap warga mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama didalamnya, berfikir berpikir integralistik adalah salah satu metode berfikir manusia dalam konteks hubungan manusia dengan manusia yang lain, masyarakat, bangsa dan Negara.
Bagaimana kedudukan dirinya dalam masyarakat, mana yang lebih diutamakan antara diri dengan masyarakat, apakah dirinya untuk amsyarakat atau sebaliknya bahwa masyarakat dimana ia berada sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan hidup dirinya.

Menurut Supomo pada sidang BPUPKI negara integralistik adalah negara yang mengataasi semua golongan . Posisi negara dengan individu pada negara integralistik melebur atau menyatu dengan negara. kepentingan negara selalu berada diatas kepentingan individu.

    Ada 3 pandangan tentang hubungan manusia dengan masyarakatnya, yaitu :
  1. Yang utama dirinya sendiri. Jika yang diutamakan adalah dirinya, sedang masyarakat hanya sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan hidup demi kesempurnaan dirinya, yamg demikian ini disebut berpikir " egoistik " atau "individualistik".
  2. Yang utama Masyarakatnya. Jika yang diutamakan adalah masyarakatnya, sedang dirinya dan masing- masing individu yang lain hanya sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan dan negaranya, yang demikian ini disebut " berpikir kolektifistik atau komunistik ".
  3. Diri dan Masyarakatnya Seimbang. Jika hubungan antara diri individunya dengan masyarakatnya seimbang, kebutuhan kedua- duanya sama - sama diperhatikan dan dipenuhi secara seimbang dalam batas - batas kemampuan dan kewajaran, yang demikian  ini dinamakan berpikir " Integralistik".
    Hakekat berpikir integralistik adalah berpikir sistematik dalam arti khusus, yaitu dalam konteks  hubungan manusia sebagai individu yang merupakan bagian  dari keseluruhan  dengan masyarakatnya yang dipand
LihatTutupKomentar