-->

Demokrasi Pancasila

       Demokrasi Pancasila Secara etimologis istilah demokrasi berasal dari bahasa latin yaitu " domos " yang artinya Rakyat dan "kratos " yang artinya pemerintahan. Jadi selengkapnya demokrasi adalah pemerintahan rakyat", yaitu suatu sistem pemerintahan dimana rakyat diikut sertakan dalam pemerintahan negara. Negara seperti ini pemerintahannya dikenal dengan pemerintahan dilakukan dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat.
        Sistem pemerintahan tersebut diatas itulah yang disebut Demokrasi Polirik. Dalam perkembangam sekarang , demokrasi tidak hanya meliputi bidang pemerintahan / politik saja melainkan juga bidang - bindang yamg lain, seperti bidang ekonomi,sosial dan budaya, sehingga melahirkan demokrasi ekonomi, demokrasi sosial dan demokrasi kebudayaan.
      Pengertian demokrasi dalam perkembangannya dewasa ini mendapatkan bentuk dan isi yang semakin meluas, tidak saja dalam hubungan dengam negara. Tetapi sudah menyangkut segala kebutuhan rakyat dan masing -masing pribadi manusia. Demokrasi akhirnya merupakan realisasi atau kepanjangan dari salah satu hak dasar / azasi manusia, yaitu hak mendapatkan kebebasan dalam artinya yang luas.
LihatTutupKomentar