-->

Detik - Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia


Dunia.Com - Detik - Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah peristiwa bersejarah bagi bangsa indonesia, dimana pada saat Proklamasi ini bangsa indonesia menyatakan kebebasanya dari para penjajah.
Tibalah saatnya detik - detik yang bersejarah sebagai puncak perjuangan rakyat indonesia, tanggal 17 agustus 1945 pagi -pagi sudah banyak rakyat nerkumpul dihalaman rumah kediaman Bung Karno, Pegangsaan Timur 56 Jakarta.
      Pada waktu itu tepat hari jum'at legi , jam 10.00 waktu jawa, Bung Karno dengan didampingi Bung Hatta sebagai Dwitunggal, lambang wakil bangsa indonesia dengan disaksikan rakyat yang ikut jadir, membaca / mengucapkan Naskah Proklamasi Kemerdekaan indonesia dengan Khidmat, yang didahului dengan pidato singkat sebagai berikut :
" Saudara sekalian....
    Saya telah meminta saudara - saudara hadir disini untuk menyaksikan satu peristiwa maha penting dalam sejarah kita. Berpuluh tahun kita bangsa indoesia telah berjuang untuk kemerdekaan tanah air kita. Bahkan beratus - ratus tahun. Gelombang aksi kita untuk mencapai kemerdekaan kita itu ada naiknya ada turunya, tetapi kita juga tetap menuju cita - cita. Juga dijaman jepang , usaha kita mencapai kemerdekaan nasional tidak berhenti - henti. Didalam jaman jepang ini, nampaknya kita menyadarkan kepada mereka. Tetapi pada hakekatnya, tetap kita menyusun tenaga kita sendiri, tetap percaya kepada kekuatan sendiri. Sekarang tibalah saatnya kita benar - benar mengambil nasib bangsa dan tanah air didalam tangan kita sendiri, akan dapat dengan kuatnya. Maka kami tadi malam telah mengadakan musyawarah dengan pemuka -pemuka rakyat indonesia, dari seluruh indonesia. Permusyawaratan itu seia- sekata berpendapat, bahwa sekaranglah datang saatnya untuk menyatakan kemerdekaan kita.
       Saudara - Saudara ! Dengan ini kami menyatakan kebulatan tekad itu, Dengarkanlah Proklamasi kami".

                               PROKLAMASI
Kami Bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan indonesia. Hal - hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain -lain diselenggarakan dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat - singkatnya.
     
                                                   Jakarta 17 Agustus 1945.
                                                Atas Nama Bangsa Indonesia,
                                                   SOEKARNO - HATTA

Kemudian bung karno mengakhiri pidatonya sbb :
      " Demikianlah saudara - saudara. Kita sekarang telah merdeka. Tidak ada suatu ikatan lagi yang mengikat Tanah Air kita dan Bangsa kita. Mulai saat kita menyusun negara kita.
      Merdeka, Negara Republik Indonesia merdeka, yang kekal dan abadi. Insya Allah, Tuhan memberkati Kemerdekaan kita itu".
LihatTutupKomentar