-->

FUNGSI DAN PERAN HUKUM ADMINISTRASI NEGARA

Hukum Administrasi pada dasarnya berfungsi untuk melindungi masyarakat dari tindakan penguasa yang merugikan. Namun di lain pihak Hukum Administrasi juga berfungsi untuk melindungi pemerintah atau aparat administrasi sendiri atas perbuatannya yang benar. Menurut Sjachran Basah ada lima fungsi hukum dalam kaitanya dengan kehidupan masyarakat, yaitu :

  1. Direkrif, sebagai pengarah dalam membangun untuk membentuk masyarakat yang hendak dicapai sesuai dengan tujuan kehidupan bernegara.
  2. Integratif, sebagai pembina kesatuan bangsa.
  3. Perfektif, sebagai penyempurna terhadap tindakan - tindakan administrasi negara, maupun sikap tindak warga negara dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.
  4. Stabilitatif, sebagai pemelihara ( termasuk kedalamnya hasil - hasil pembangunan ) dan penjaga keselarasan, keserasian, dan keseimbangan dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.
  5. Korektif, baik terhadap warga negara maupun administrasi negara dalam mendapat keadilan.
      Secara spesifik, fungsi Hukum Administrasi Negara dikemukakan oleh philipus M.Hasjon, yakni fungsi normatif, fungsi instrumental, dan fungsi jaminan. Ketiga fungsi ini saling berkaitan satu sama lain. Fungsi normatif yang menyangkut penormaan kekuasaan pemerintah jelas berkaitan erat dengan fungsi instrumental yang menetapkan instrumen yang dibangun oleh pemerintah untuk menggunakan kekuasaan pemerintah dan pada akhirnya norma pemerintah dan instrumen pemerintah yang digunakan harus menjamin perlindungan hukum bagi rakyat.
LihatTutupKomentar