-->

Hak - Hak dan kewajiban warga negara Indonesia.

haka - hak dan kewajiban warga negara indonesia

administrasipublik.com - Hak - hak dan kewajiban warga negara indonesia menurut UUD 1945 dapat dilihat seperti dibawah ini :
A).  Kesamaan kedudukan dalam Hukum dan          pemerintahan. Pada pasal 27 ayat (1) menyatakan kesamaan kedudukan warga negara didalam hukun dan pemerintahan dan berkewajiban menjunjung  hukum dan pemerintahan dengan tidak ada kecualinya.
B). Hak atas pekerjaan dan kehidupan layak.          Pada pasal 27 ayat 2 menystakan bahwa tiap - tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak. Pasal ini memancarkan azas keadilan sosial dan kerakyatan.
C). Kemerdekaan berserikat dan berkumpul.
       Hak berserikat dan berkumpul tercantum pada pasal 28. Pasal ini mencerminkan bahwa negara indonesia adalah bersifat Demokratis.
D.) Kemerdekaan Memeluk Agama. 
      Pada pasal 29 ayat 1 menyatakan " negara berdasarkan atas ke - Tuhanan yang maha Esa " dan pasal 29 ayat 2 menyatakan negara menjadi kemerdekaan tiap - tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing - masing.
E.) Hak dan kewajiban Pembelaan negara.  
       Pada pasal 30 ayat 1 menyatakan Hak dan kewajiban  setiap warga negara ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan ayat 2  yakni tentang syarat - syarat pembelaan Negara.
F.) Hak mendapat Pengajaran.
      Merupaka jelmaan pikiran tidak langsung dari pokok pikiran kemanusian yang adil dan beradab, yang mengandung pengertian untuk memelihara budi pekerti kemanusiaan yang luhur.
G.) Kebudayaan Nasional Indonesia
       pada pasal 32 menetapkan agar pemerintah memajukan kebudayaan nasional indonesia. Penjelasan UUD1945 memberikan rumusan tentang kebudayaan bangsa.
H.) Kesejahteraan Sosial.
      Kesejahteraan sosial tercamtum pada pasal 32 dan 34 UUD 1945. Pasal ini jelmaan dari pokok pikiran  keadilan sosial dengan membangun sistem ekonomi pancasila.
LihatTutupKomentar