-->

MANAJEMEN

ilustrasi manajemen


Manajemen adalah salah satu daripada unsur administrasi. Menurut Kathryn M. Bartol dan David C. Martin ( 1995) Manajemen adalah proses untuk mencapai tujuan organisasi dengan melakukan kegiatan dari empat fungsi utama, yaitu :  merencanakan ( planning ), pengorganisasian ( organizing ), memimpin ( leading ), dan mengemdalikan ( controliing ).
 Menurut Stoner (1995) manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha -usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya - sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Fungsi - Fungsi Manajemen.

      Manajemen dapat dikatakan sebagai suatu seni dalam mengatur pengorganisasian mulai dari menyusun rencana hingga tahap evaluasi.

  1. Perencanaan ( planning ).    Menurut T Hani Handoko (1995) perencanaan adalah pemilihan atau penetapan tujuan organisasi dan penentuan strategi, kebijaksanaan, proyek, program, prosedur, metode, sistem, anggaran, dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Pembuatan keputusan banyak terlibat dalam fungsi ini. Arti penting perencanaan terutama adalah memberikan kejelasan arah bagi setiap kegiatan sehingga setiap kegiatan dapat diusahakan dan dilaksanakan seefisien dan seefektif mungkin. T. Hani Handoko mengemukakan sembilan manfaat perencanaan yaitu : 1. Membantu manajemen untuk menyesuaikam diri dengan perubahan -perubahan lingkungan. 2. Membantu dalam krostalisasi persesuaian pada masalah - masalah utama. 3. Memungkinan manajer memahami keseluruhan gambaran. 4. Membantu penempataan tanggung jawab lebih tepat. 5. Memberikan cara pemberian perintah untuk beroperasi. 6. Memudahkan dalam melakukan koordinasi diantara berbagai bagian organisasi.7 .membuat tujuan lebih khusus, terperinci dan lebih mudah dipahami. 8. Meminimumkan pekerjaan yagn tidak pasti. 9. Mengjemat waktu, dana dan usaha.
  2. Pengorganisasian ( Organizing ). George R. Terry (1986) mengemukakan bahwa pengorganisasian adalah tindakan mengusahakan hubungan -hubungan kelakuan yang efektif antara orang -orang sehingga mereka dapat bekerja sama secara rfisien, dan memperoleh kepuasan pribadi dalam melaksanakan tugas - tugas tertentu, dalam kondisi lingkungan tertentu guna mencapai tujuan atau sasaran tertentu. Ernes Dale mengemukakan tiga langkah dalam proses pengorganisasian yaitu : 1. Perincian seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan organisasi; 2. Pembagian beban pekerjaan total menjadi kegiatan - kegiatan yang logis dapat dilaksanakan oleh satu orang ; 3. Pengadaan dan pengembangan suatu mekanisme untuk mengodinasikan pekerjaan para anggota menjadi satu kesatuan yang terpadu dan harmonis.
  3. Pengawasan ( Controliing ). Pengawasan merupakan fungsi manajemen yang tidak kalah pentingnya dalam suatu organisasi. Semua fungsi terdahulu,  tdak akan efektif tanpa disertai fungsi pengawasan. Dalam hal ini, Louis E. Boone dan David L. Kurtz (1984) memberikan rumusan tentang pengawasan sebagai " the process by which manager determine wether actual operatiom are consistent with plans". Menurut Robert J. Mocker, pengawasan manajemen adalah suatu usaha sistematis untuk menetapkan standar pelaksanaan dengan tujuan- tujuan perencanaan. T Hani Handoko mengemukakan bahwa terdapat lima proses tahapan dalam pengawasan yaitu : 1. Penetapan standar pelaksanaan kegiatan : 2. Penentuan pengukuran pelaksanaan kegiatan : 3. Pengukiran pelaksanaan kegiatan ; 4. Pembandinan pelaksanaan kegiatan dengan standar dan penganalisisan penyimpangan -penyimpangan ; 5. Pengambilan tindakan koreksi bila diperlukan.
  4. Pengarahan / pelaksanaan ( Directing / Actuating ).   George R. Terry (1986) mengemukakan bajwa actuating merupakan usaha menggerakkan anggota -anggota kelompok sedemikian rupa hingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk memcapai sasaran perusaan dan sasaran anggota - anggota perusahaan tersebut karena para anggota itu juga ingin mencapai sasaran - sasaran tersebut.   Pengarahan adalah upaya untuk menciptakan suasana kerja dinamis dan efisien. 

     Beberapa fungsi pengarahan antara lain : 

  • Membimbing dan memberi motivasi kepda para pekerja supaya bisa bekerja secara efektif dan efisien.
  • Memberi tugas dan penjelasan secara rutin.
  • Menjalankan semua kebijakan yang sudah ditetapkan.
LihatTutupKomentar