-->

STATUS DAN FUNGSI - FUNGSI PANCASILA

Status dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara sebagaimana rumusannya tertuang dalam UUD 1945 yang ditetpakan oleh PPKI pada tanggal 17 agustus 1994. Pancasila juga berfungsi sebagai ideologi bangsa dan negara indonesia.
     Pancasila sebagai dasar negara mampunyai kedudukan, status dan fungsi dalam negara, berikut adalah status dan fungsi fungsi pancasil :
Status pancasila. Sesuai dengan tujuan semula dibentuk, disusun dan dirancang,makna pancasila dijadikan dasar negara yang akan dibentuk. Jadi dengan demikian kedudukan atau status pancasila tidak lain adalah sebagai " Dasar Negara Republik Indonesia ", yang kedudukan ini telah disahkan oleh pembentuk negara yaitu PPKI yang berfungsi sebagai Badan Nasional, yang rumusannya seperti dalam undang - undang dasar.

Fungsi -fungsi pancasila. Sedangkan mengenai fungsi, pancasila mempunyai fungsi yang banyak /jamak, aneka fungsi atau bhinneka fungsi yaitu :

  1. Pancasila sebagai jiwa bangsa indonesia. Setiap bangsa mempunyai jiwanya masing -masing, menurut Von Savigny disebut " Volksgeist" ( jiwa rakyat / jiwa bangsa ). Pancasila sebagai jiwa bangsa sebagai semangat bangsa yang mampu mempersatukan bangsa indonesia. Pancasila sebagai jiwa bangsa adanya bersamaan dengan adanya bangsa indonesia itu sendiri.
  2. Pancasila sebagai Falsafah Bangsa Indonesia. Falsafah bangsa adalah unsur -unsur dasar yang mutlak dari bangsa itu sendiri. Bagi bangsa indonesia unsur -unsur dasar yang mutlak adalah merupakan nilai -nilai kehidupan yang terselenggara secara tetap dalam kehidupan nenek moyang bangsa indonesia secara turun temurun. Nilai - nilai yang tetap dan terpelihara dalam setiao suku bangsa yang ada di indonesia tersebut adalah pancasila ( sebagai bentuk kristalisasinya ). Nilai -nilai tetap pancasila yang bertahan lama, dan mutlak dimiliki oleh seluruh suku bangsa di tanah air telah menjadi nilai dan asas kesamaan di antara perbedaan - perbedaan yang memang ada antara suku satu dengan suku yang lain.
  3. Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia. Karena pancasila merupakan falsafah bangsa indonesia, yang digali dari buminya indonesia, maka nilai-nilai ini juga merupakan ciri khas yang hanya dimiliki oleh bangsa sendiri. Demgam demikian pancasila merupakan kepribadian bangsa indonesia, corak karakter atau ciri khas yang  dapat membedakan antara bangsa indonesia dengan bangsa lainnya didunia.
  4. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Setiap bangsa mempunyai pandangan hidupnya sendiri - sendiri yang berisi konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita - citakan. Bagi bangsa indonesia konsep dasar yang demikian itu adalah pancasila. Pancasila sebagai dasar bagi upaya mengejar kehidupan yang lebih baik yang dicita - citakan bangsa indonesia.
  5. Pancasila Sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum. Sesuai kedudukannya sebagai dasar negara, yang harus dijabarkan keseluruh peraturan hukum dan perundang -undangan, maka pancasila harus sebagai sumber dari segala sumber hukum yang ada dinegara kita. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum ini diperkuat oleh Tap.MPRS, No.XX/MPRS/1996 tentang sumber tertib hukum dan tata urutan peraturan perundangam RI. Menurut Tap MPRS tersebut dinyatakan bahwa sumber dari segala sumber hukum adalah pandangam hidup, kesadaran dan cita - cita hukum Serta cita- cita moral yang meliputi suasana kejiwaan serta watak dari bangsa indonesia.
  6. Pancasila Sebagai Ideologi Nasional. Pancasila mengandung nilai - nilai dasar yang nersifat tetap, serta mengandung nilai - nilai instrumental yang bersifat dinamik memgikuti arus perkembangan dan kebitihan jaman. Pancasila sebagai ideologi nasional juga mengandung tiga peranan yaitu sebagai Dasar, Arah dan Tujuan yang hendak dicapai bangsa indonesia.
  7. Pancasila Sebagai Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia. Pancasila dalam pengertian ini adalah seperti diucapkan presiden Soeharto pada tanggal 16 Agustu 1967, yaitu, " Pancsila adalah perjanjian luhur seluruh rakyat indonesia, yang harus selalu kita bela selama - lamanya". Lebih khusus lagi pengertian pancasila sebagai perjanjian luhur yang juga disebit dengan " Konsensus Nasional " adalah seperti diketahui bahwa pancasila telah disepakati oleh para pemuda dan pendiri bangsa indonesia menjelang dan sesudah Proklamasi 17 Agustus 1945. 
LihatTutupKomentar