-->

Pengertian Kewar negaraan Indonesia

gedung istana negara

Dunia.Com - Kewarga Negaraan assngat penting bagi setiap orang di suatu negara, karena menunjukan keanggotaanya pada negara tersebut. menurut kamus besasr Bahasa indonesia, warga negara adalah penduduk dalam sebuah berdasarkan keturunan, tempat kelahiran,mereeka juga mempunyai hak dan kewajiban  sebagaaia warga negara tersebut.

Dilansir dari Encyklopedia Britannica, kewarga negaraan adalah hubungan  individu dengan negara
Mengenai siapa yang menjadi warga negara indonesia, maka menurut pasal 26 ayat (1) UUD 1945 dinyatakan bahwa :
" Yang menjadi warga negara ialah orang -    orang bangsa indonesia asli dan orang - orang  bangsa lain yang disahkan dengan undang -  undang sebagai warga negara "
        Pada tahun 1946 yaitu dimana pemerintah RI masih berkedudulan di Yogyakarta, telah di-undangkan UU No.3 tentang warga negara dan penduduk negara indonesia, kemudian tahun 1958 dikeluarkan pula UU No. 62 tentang kewarnegaraan RI.
      Yang dimaksud dengan warga negara Indonesia adalah setiap orang yang menjadi warga negara menurut syarat - syarat yang ditetapkan oleh Undang - Undang yang dalam hal ini UU No.3 tahun 1958. Sedangkan penduduk indonesia adalah orang - orang untuk jangka waktu tertentu berada diwilayah indonesia.

      Jadi penduduk itu terdiri dari warga negara indoesia (WNI ) dan orang Asing, tetapi sebaliknya WNI dapat juga bukan penduduk indonesia, misalnya WNI yang ada diluar negeri.WNI terdiri dari orang indonesia asli, keturunan asing dan yang memperoleh kewarganegaraan indonesia melalui pewarganegaraan ( naturalisasi  ). Yang dimaksud pewarganegaraan adalah orang asing yang menjadi warga negara indonesia dengan syarat - syarat yang ditetapkan dengan UU.

macam asa kewarga negaraan indonesia

Asas Ius Sangiusnis

pada asas ini yang menentukan  kewarga negaraan adalah keturunan seseorang

Asas Iu Soli

asas ini yang menentukan adalah tempat kelahiran 

Asas kewarga Negaraan Tunggal

adalah asas yang menentukan stataus kewaarga negaraan bagi setiap orang

Asas Kewarga Negaraan Terbatas

asas ini menentukan kewaargaan ganda seorang anak berdasarkan peraturan UU
LihatTutupKomentar