-->

PERANAN BAPPEDA

              Perubahan sistem perencanaan pembangunan di era otonomi, tentunya memerlukan lembaga perencanaan pembangunan daerah yang lebih kuat dan berkualitas. Hal ini diperlukan mengingat kewenangan daerah dalam mengelola kegiatan pembangunan di daerahnya sudah semakin besar. Keberhasipan aderah dalam memanfaatkan peningkatan kewenangan tersebut akan sangat bergantung pada kemampuan dan kualitas Badan Perencanaan Pembangunan yang ada didaerah tersebut. Karena itu sangat beralasan kiranya, bila BAPPEDA ) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) baik pada propinsi, kabupaten dan kota perlu segera dikembangkan ditigkatkan kualitas dan perannya.
            Kenyataan umum yang terjadi adalah bahwa jumlah dan kualitas tenaga perencana yang ada di BAPPEDA ternyata masih sangat kurang dibanding dengan kebutuhan. Dalam hal ini upaya yang dapat disarankan adalah sebagai berikut :

  1. Membentuk komite Perencanaan yang bertugas untuk membantu pelaksanaan tugas BAPPEDA dalam menyusun dokumen perencanaan. Anggota ini adalah tenaga ahli dibidangnya yang tidak harus semua pegawai BAPPEDA, tetapi dapat digunakan tenaga tehnis dari dinas instansi terkait yang dipandang mampu. Bahkan anggota komite dapat diambil dari tenaga pengajar perguruan tinggi atau dari perusahaan yang keahlianya dianggap relevan dengan tugas perencanaan.
  2. Memberikan status fungsional  kepada para tenaga perencana tetap atau pegawai daerah yang terdapat pada BAPPEDA bersangkutan. Hal ini perlu dilakukan agar tenaga perencana telah ada dan telah didik serta mempunyai pengalaman yang cukup, tidak akan mudah pindah tugas ke bidang lain yang tidak ada kaitanya dengan perencanaan.
  3. Memingkatkan pendidikan dan latihan untuk tenaga perencana yang telah ada baik dalam bentuk pendidikan jangka pendek maupun jangka panjang ( degree program  ). Dalam hal ini program pelatihan jangka pendek dan program pelatihan pacasarjana yamg telah ada pada perguruan tinggi setempat dapat dimanfaatkan. Dengam demikian kualitas tenaga perencanaan yang ada di BAPPEDA secara bertahap aoan dapat terus ditingkatkan.
      Pemberian status fungsional bagi tenaga perencana dewasa ini sudah dapat dilaksanakan dengan keluarnya keputusan menteri pemdayahgunaan Aparatur Negara No. 16/KEP/M.PAN / 3/2011. Jabatan Fungsional perencana dan Angka kreditnya.
LihatTutupKomentar