-->

Teori Pancasila Secara Causalitas

Teori Pancasila

administrasipublik.com - Pancasila adalah pedoman hidup yang dipegang atau di anut oleh bangsa indonesia, pancasila sebagai landasan, pondasi hidup berbangsa dan bernegara.
        Dewasa ini muncul pertanyaan. Apasih pancasila itu ?. Untuk mengatahui makna dan arti daripada pancasila itu sendiri dapat kita lihat dengan beberapa cara atau beberapa pengertian. Ada empat (4) Teori ysng menjelaskan tentang pancasila itu sendiri. Yaitu :
  1. Teori Causalitas
  2. Secara Etimologis
  3. Arti Terminologi
  4. Arti Kronologi.
Untuk lebih lengkapnya maka sebelumnya akan dibahas terlebih dahulu mengenai teori Causalitas, yaitu suatu teori tentang Asal mula sesuatu kejadian atau sesuatu barang.

TEORI CAUSALITAS


      Setiap hal yang ada mempunyai sebab musabab keberadaannya demikian pula pancasila sebagai dasar negara. Namun untuk mengetahui  sebab - sebabnya secara lengkap baiklah dikemukakan tentang teori sebab musabab atau teori Causalitas.
    Aristoteles ( 384-322 sm ). Mengatakan,. Causa adalah suatu hal atau keadaan yang menjadi sebab atau latar belakang dari suatu  hal lain atau keadaan yang baru terjadi atau menjadi ada. Terjadinya suatu hal atau barang, dikarenakan oleh suatu sebab tersebut. Selengkapnya ada Empat ( sebab berganda ), yaitu :
  1.    Sebab berupa bahan atau material ( Causa material ). Setiap barang mempunyai bahan dasarnya, dari bahan atau material apa barang atau benda itu dibuat. Ini disebut causa material
  2. Sebab berupa bangun atau bentuk ( Causa Formalis . Setiap benda atau hal mempunyai bentuk atau susunan tertentu yang berbeda dengan bentuk atau susunan benda -benda lain, oleh sebab itu " bentuk mejadi salah satu sebab terjadinya suatu benda.
  3. Sebab berupa tujuan ( Causa Finalis ). Setiap kegiatan atau keberadaan benda mempunyai tujuan tertentu, tak ada satupun benda atau hal didunia ini tanpa mengandung tujuan bagi keberadaanya. Sehingga demikian "tujuan" menjadi  salah satu sebab  utama terjadinya benda.
  4. Sebab berupa Karya ( Causa Efisien ). Ada bahan, ada tujuan dan ada bangun ysng telah disiapkan dan direncanakan, tetapi hal atau bendanya tak akan terwujud  dalam kenyataan tanpa ada kegiatan, jadi kegiatan atau karya ( Penciptaan ) adalah menjadi salah satu sebab utama terjadinya sesuatu benda.



LihatTutupKomentar