-->

AZAS DAN NORMA DASAR DEMOKRASI PANCASILA

           Indonesia yang berdasarkan pancasila adalah negara demokrasi kekeluargaan atau demokrasi monodualis, sesuai dengan pandangan pancasila tentang hubungan antara manusia dengan masyarakatnya,yaitu bahwa manusia itu mempunyai sifat kodrat sebagai individu serentak menjadi mahluk sosial.
          Sadar bahwa masing - masing individu mempunyai hak sebaliknya juga bahwa kehidupan sosialnya juga mempnyai hak, sehingga hubungan antara individu dan masyarakatnya adalah hubungan timbal balik, yaitu saling memberi dan saling menerima. Inilah salah satu ciri dari " Demokrasi Pancasila". Selanjutnya masing -masing dalam demokrasi pancasila bahwa hubufan timbal balik antara individu dengan masyarakatnya tadi harus dilandasi dengan nilai -nilai pancasila secara keseluruhan, dengan demikian dalam demokrasi pancasila tidak bebas nilai, tetapi dalam pelaksanaannya harus diukur dan dibatasi oleh nilai - nilai secara keseluruhan, yaitu nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan nilai keadilan sosial.
         Karena penjabaran nilai -nilai pancasila selanjutnya dalam konstitusi, yaitu undang -undang Dasar 1945 maka demokrasi pancasila,dalam pelaksanaannya adalah " demokrasi Konstitusional " yang penjabaran seterusnya dalam UU. Dan peraturan perundangan lain dibawahnya. Hal ini mengingat bahwa pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum.
      Azas dan Norma Dasar Demokrasi Pancasila

         Pancasila terdiri dari sila -sila yang berjumlah 5 ( lima ), dari setiap sila mengandung masing -masing nilai. Dari seluruh sila yang ada maka sila keempat yaitu " kerakyatan " yang mengandung nilai demokrasi. Dengan demikian sila keempat yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilanyang merupakan asaz dari demokrasi pancasila negara berdasarkan kerakyatan, berarti dalam penyelenggaraan pemeritnahan rakyatlah yang berdaulat, tetapi bukan kedaulatan rakyat yang langsung dan tanpa batas tetapi dibatasi / dipimpin oleh kebijaksaan dalam permusyawaratan /perwakilan, lebih dari itu dibatasi dan dilandasi oleh nilai -nilai dari sila - sila yang lain dalam pancasila secara keseluruhan.
          Sedang yang menjadi Norma Dasar dari Demokrasi Pancasila, adalah tertuang dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat, dalam kata -kata yang berbunyi  " yang berkedaulatan rakyat ".
      Dari norma dasar tersebut selanjutnya dituangkan dalam pasal -pasal UUD 1945 ysng berbunyi " kedaulatan adalah ditangan rakyat yang dilakukan sepenuhnya oleh MPR.
LihatTutupKomentar