-->

BATASAN DAN RUANG LINGKUP ORGANISASI ( Dimensi strategis Administrasi Publik )

organisasi

Dunia.Com - Batasan adalah batas - batas yang membatasi sesuatu ( dalam hal ini organisasi ) sesuatu atau dari lingukngan di sekitar. ( eksternal )
Lingkungan diartikan sebagai semua faktor yang berada diluar organisasi, atau sesuatu yang berada diluar batas organisasi. Lingkungan ini mencakup lingkungan umum ( General Environment ) yang mempengaruhi organisasi secara tidak langsung, atau kurang begitu dirasakan secara langsung seperti kondisi politik, ekonomi, sosial, budaya, dan hukum dan lingkungan khusus ( Spesific environment ) yang memiliki pengaruh yang terasa secara langsung seperti pelanggan, pemasok, pesaing,pemerintah, tenaga kerja, asosiasi pelanggan, dan kelompok penekan ( Robbins, 1991 : 2006 ).
        Ruang lingkup yang lain disingkat dalam suatu akronim yaitu PEST ( politik, ekonomi, sosial dan teknologi ). Menurut Katz dan Kahn ( 1978 ), lingkungan organisasi terdiri atas 5 aspek yang harus selalu dimonitor dan direspon agar selalu efektif, yaitu nilai -nilai masyarakat ( Societal Values ), lingkungan politik/ legal, lingkugan ekonomi/ tenaga kerja,lingkungan informasi / teknologi, dan lingkugan fisik / geografis.
       Ada juga pendapat lain yang menyatakan bahwa lingkugan yang dapat mempengaruhi organisasi adalah kecenderunngan global, perubahan moneter, inflasi, hubungan dengan negara lain, perubahan pasar, teknologi,munculnya industri baru, menignkatnya kesejahteraan para konsumen, perubahan sikap masyarakat, kontrol pemerintah, tekanan serikat kerja, krisis lingkungan alam fisik,kepercayaan masyarakat, kompetensi diantara negara sedang berkembang,kekurangan sumber daya strategis, perubahan sikap terhadap pekerjaan, dan sebagainya. ( Ighor Ansof, Peter dan Certo, 1991  : 49 ).

Robbins, 1991 : 10 - 11, menyatakan organisasi dapat didefinisikan sebagai :
1. suatu kumpulan yang ingin mencapai tujuan raceara rasional
2. suatu alat untukm mendominasi
3. suatu koalisis dari institut yang berkuasa dimana mereka  menggunakan kekuasaannya untuk mengontrol distribusi sumber daya dalam organisasi
4. suatu sistem politik diamana konsitut internal berussahas mengontrol proses pembuatan keputusan dalam memantapkan  posisinya.

  organisasi adalah suatu kesatuan sosial yang dikoordinasi secara sadar, dengan suatu batasan yang relatif jelas, yang berfungsi  secara relatif teratur dalam rangka untuk mencapai sesuatu atau serangkaaian tujuan.


Referensi : Enam Dimensi Strategis administrasi Publik
LihatTutupKomentar