-->

CIRI - CIRI ADMINISTRASI PEMBANGUNAN

           Ciri - Ciri administrasi Pembangunan, Sudah menjadi kesepakatan umum, baik oleh para negarawan, politisi, birokrat maupun oleh para ilmuwan, bahwa administrasi pembangunan merupakan salah satu disiplin ilmiah dalam " rumpun " administrasi negara. Telah diketahui dan diakui pula bahwa fokus analisis administrasi Pembangunan adalah proses pembangunan yang deselenggarakan oleh suatu bangsa dalam rangka pencapaian tujuan dan cita - cita negara atau bangsa tertentu, termasuk cara - cara ilmiah yang dipergunakan dalam pemecahan masalah, menghadapi tantangan, memanfaatkan peluang dan menyingkirkan ancaman.
         Perkembangan ilmu pengetahuan yang terjadi dengan sangat pesat,  tidak terkecuali ilmu administrasi pembangunan, sesungguhnya perkembangan ini merupakan akibat dari berbagai faktor yang kesemuanya berkisar pada dinamika umat manusia. Dinamika tersebut pada gilirannya menimbulkan harapan baru, tantangan baru, dan permasalahan baru yang bentuk, dan jenis dan itensitasnya mungkin belum pernah dialami oleh manusia sebelumnya. Dari perkembangan ilmu pengetahuan tersebut kadang kala malah mengaburkan jati diri dari semua disiplin keilmuan, apabila tidak diimbangi dengan penguasaan ciri - ciri dari beberapa disiplin ilmu yang berbeda -beda. Semua ilmu pengetahuan merupakan sebuah lingkaran setan yang saling berhubungan antara  satu dengan yang lainnya. Begitu juga dengan disiplin ilmu administrasi pembangunan, ada beberapa ciri ysng membedakan antara administrasi pembangunan dengan ilmu - ilmu yang lain yaitu :

  1. Ciri Pokom Pertama. Adalah orientasi administrasi pembangunan lebih mengarah kepada usaha perubahan - perubahan keadaan yang dianggap lebih baik. Bahkan administrasi pembangunan dimaksudkan untuk membantu dan mendorong kearah perubahan - perubahan besar ( Basic Changes ) diberbagai kegiatan atau dibidang kehidupan yang saling berhubungan dan akan memberikan hasil akhir terdapatnya proses pembangunan. Pada administrasi pembangunan terdapat tingkat kepeloporan ( Degree of pioneering ), dan merintis perubahan ( initiate changes ).    Thompson ( 1965 ) menyrbutkan bahwa administrasi pembangunan meliputi kemampuan organisasi untuk " Inovate " ( melakukan perubahan )orientasi pendekatan ini adalah perubahan dimasa ysng lebih baik dan menjanjikan. Orientasi terhadap perubahan dan pembaharuan berarti menunjukan administrasi pembangunan berorientasi pada kegiatan - kegiatan nyata dalam pencapaian tujuan. Dalam melakukan perubahan dan pembaharuan dimasa depan harus diimbagi dengan kegiatan - kegiatsn nyata dimasa sekarang sebagai batu loncatan untuk mencapai keberhasilan yang lebih baik lagi dimasa depan. 
  2. Ciri Pokok yang Kedua adalah administrasi pembangunan melakukan perbaikan dan penyempurnaan administrasi dikaitkan dengan aspek perkembangan dibidang -bidang lain seperti ekonomi, sosial, politik dan lain - lain.
      Usaha - usaha perubahan dibidang administrasi saling pengaruh - mempengaruhi diikuti dengan perubahan - perubahan dibidang lain. Perbaikan - perbaikan administrasi dapat mempunyai efek manipulasi terhadap perubahan - perubahan dibidang lain, dan pembangunan - pembangunan dibidang lain juga akan memberi pengaruh perubahan dibidang administrasi. Perbaikan administrasi bukan hanya untuk kepentingan administrasi itu saja, tetapi memberikan pelayanan administrasif usaha perbaikan dan perubahan dibidang ekonomi, sosial, politik dan lain -lain. 
       Pendekatan administrasi pembangunan merupakan cara pendekatan yanf merupakan bagian dari suatu keseluruhan proses pembangunan sebagai suatu proses perubahan sosial yang menyeluruh. Administrasi memberikan jasa ( pelayanan ) untuk pembangunan tersebut dan jiga menjadi hasil dari pembangunan itu sendiri. Secara khusus pembangunam ekonomi perlu adanya administrasi yang cocok dan sepadan ysng kemudian diharapkan akan menghasilkan administrasi pembangunan yang lebih baik, termasuk para pelaksanannya. Segala aspek kehidupan tersebut saling jalin -menjalin dan saling mempengaruhi.
LihatTutupKomentar