-->

elektronik traffic law inforcement ( ETLE ) atau tilang elektronik


ETLE Merupakan sistem penegakan hukum dibidang lalu lintas yang berbasis teknologi informasi dengan menggunakan perangkat elektronil berupa kamera yang dapat mendeksi berbagai jenis pelanggaran lalu lintas dan menyajikan data kendaraan bermotor secara otomatis dan real time. Rekaman ETLE dapat digunakan sebagai barang bukti dalam perkara pelanggaran lalu lintas.

Cara kerja E - TLE

  1. Makera CCTV yang dipasang memiliki kemampuan menganalisis dan mengidentifikasi jenis kendaraan, pelanggaran, hingga mengidentifikasi Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor Melalui tanda Nomor Kendaraan Bermotor.
  2. Kamera terhubung dengan jaringan fiber optik berkecepatan tinggi berupa Virtual Private Networ dengan Bandwich 80 MBPS pada setiap titik kamera analitik.
  3. Kamera itu bekerja dengan merekam dan mengidentifikasi pelanggaran - pelanggaran ataupun jenis kendaraan hingga pelat nomor kendaraan. Kamera menghasilkan output jenis - jenis pelanggaran, pelat nomor kendaraan yang melanggar
  4. Kamera menangkap image atau vidio, komputer akan secara otomatis menganalisa data - data lengkap dengan identitas kendaraan yang segera disajikan kepada petugas.
  5.  Data - data itu diverifikasi oleh petugas yang sekaligus mengirimkan surat konfirmasi ke alamat pemilik kendaraan sesuai registrasi yang tercatat di data base.
  6. Surat konfirmasi beserta foto bukti pelanggaran dikirimkan ke alamat pemilik kendaraan dalam waktu tiga hari setelah pelanggaran terjadi.
  7. Data - data yang muncul dari kamera itu akan diverifikasi lagi oleh petugas kepolisian. Setelah terverifikasi Petugas nantinya akan mengirimkan surat konfirmasi ke alamat pemilik sesuai dengan registrasi kendaraan.
  8. Rekaman kamera pengawas menjadi acuan Kepolisian untuk melakukan konfirmasi kepada pemilik kendaraan, Termasuk apakah benar kendaraan tersebut dibawa si pemilik atau orang lain saat pelanggaran terjadi.
  9. Pelanggar atau pemilik kendaraan diberi waktu 5 hari untuk melakukan konfirmasi
  10. Pemilik kendaraan bisa memberikan jawaban konfirmasi melalui https://etle.pmj.info atau melalui aplikasi Android ETLE-PMJ. Konfirmasi juga bisa dilakukan melalui posko ETLE Subdit Gakkum Ditlantas Metro Jaya
  11. Setelah dikonfirmasi, ke alamat pelangfar akan dikirim surat tilang biru sebagai bukti pelanggaran dan kode pembayaran virtual denda tilang pada bakn yang ditunjuk yakni Bank Raktat indonesia. Pemilik kendaraan bisa langsung membayar denda ke Bank yang ditunjuk lalu menyerahkan bukti pembayaran ke polisi.
  12. Proses tersebut tak membutuhkan sidang namun jika pelanggara merasa tidak bersalah dan memilih ikut sidang akan diberi waktu tujuh hari.
LihatTutupKomentar