-->

ILMU PERENCANAAN

ilmu perencanaan

Dunia.Com - Pada tahap -tahap permulaan perencanaan pada umumnya berkenaan dengan bidang ekonomi, oleh karena itu kecenderungan utama adalah bahwa ilmu perencanaan yang berkembang paling maju adalah perencanaan ekonomi. Dilihat dari segi perkembangan Ilmu maka perencanaan ekonomi dapat dianggap sebagai salah satu cabang daripada ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi menelah tentang pemenuhan kebutuhan -kebutuhan ekonomis dengan sumber - sumber yang bersifat langka. Dipihak lain ilmu itu juga menelah tentang pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi ini dalam perkembangan permulaan ilmu ekonomi seperti dimulai dengan tulisan Adam Smith  An inquiry in to the nature and causes of the wealth of nation mengemukakan dalil bahwa pertumbuhan ekonomi tidak perlu diatur oleh pemerintah, karena adanya Invissible Hand.

       Dalil ini terus diperkuat dalam perkembangan ilmu ekonomi mahzab klasik yang tokoh - tokohnya antara lain adalah Maltuhs dan Ricardo. Kemudian terdapat perkembangan mahzab neo-klasik dimana peralatan analisa penawaran dan permintaan mulai dikembangkan oleh Marshal.

     Perkembangan yang penting kearah ilmu perencanaan ekonomi dapat dikatakan mulai dengan analisa ekonomi makro yang dipelopori oleh John Mynard Keynes. Disini ditelah secara makro peranan dalam perkembangan ekonomi variabel - variabel seperti tingkat pendapatan, tingkat konsumsi, tingkat tabungan dan tingkat investasi. Satu hal penting dalam perkembangan ini adalah pembahasan mengenai peranan pemerintah menggunakan peralatan analisa tersebut melakukan perumusan kebijaksanaan - kebijaksanaan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi.

     Kemudian berkembanglah mahzab -mahzab neo - keynesia yang mulai memperhatikan masalah pertumbuhan atau pembangunan ekonomi.  Biarpun mungkin tidak dapat dimasukan dalam perkembangan aliran - aliran ini, gagasan ekonomi berencana atau usaha campur tangan pemerintah untuk memperbaiki ekonomi dan pertumbuhannya dikemukakan pula oleh Walther Rathernau.  Karena yang lebih membutuhkan pertumbuhan ekonomi adalah negara - negara baru berkembang, maka peralatan analisa ekonomi makro keynes tersebut dipakai untuk menelah masalah -masalah pembangunan.

      Bersamaan dengan itu terus berkembang pula peralatan analisa ekonomi untuk menelah kegiatan - kegiatan usaha ekonomi yang bersifat mikro. Misalnya, badan - badan usaha atau proyek -proyek. Dengan demikian penglihatan ekonomi secara nasional ditelah dalam ekonomi makro yang membantu banyak ekonomi pembanguna, dan yang menelah masalah - masalah mikro disebut ekonomi mikro.

    Peralatan analisa ekonomi makro, ekonomi pembangunan dan ekonomi mikro kemudian berkembang kearah orientasi ekonomi. Ini berkembang menjadi ekonomi perencanaan. Dengan demikian ekonomi perencanaan juga dapat bersifat makro maupun mikro. Untuk ini ilmu Statistik dan ekonometri berkembang mendukung perkembangan teknik - teknik seperti Operations researhc and linear programing telah membantu perkembangan peralatan analisa ekonomi untuk menanggapi masalah kegiatan usaha ekonomi.

     Apabila tekanan daripada ekonomi perencanaan masih lebih bersifat pembahasan analisa ekonomi untuk perumusan kebijaksanaan ekonomi dalam rangka pertumbuhan atau pembangunan ekonomi, maka perencanaan ekonomi memasukan unsur - unsur tata cara perencanaan, teknik - teknik dan mekanisme.
    Ilmu - ilmu sosial lain diuar bidang ekonomi berkembang pula kearah orientasi untuk mendukung perumusan kebijaksanaan pembangunan. Banyak kalangan memang berpendapat bahwa disini masih terdapat kelemahan -kelemahan. Bagaimanapun juga kentara bahwa mengenai yang terakhir ini sedang terus ditumbuhkan.
     Sesuai dengan kecenderungan terdahulu, perencanaan ekonomi berkembang menjadi perencanaan pembangunan. Biarpun harus diakui bahwa sebenarnya dalam bentuk peralatan analisa yang paling berkembang dan utaman dalam perencanaan pembangunan adalah tetap perencanaan ekonomi.
LihatTutupKomentar