-->

PENGERTIAN ADMINISTRASI PEMBANGUNAN

Administrasi Pembangunan berkembang  karena adanya kebutuhan di negara - negara yang sedang membangun untuk mengembangkan lembaga - lembaga dan pranata - pranata sosial, politik dan ekonominya, agar pembangunan dapat berhasil. Dari sudut praktik, administrasi pembangunan merangkum dua kegiatan besar dalam satu kesatuan pengertian, yakni administrasi dan pembangunan. Perkembangan administrasi pembangunan, baik dalam tataran teoritik maupun dalam praktik, mengikuti perkembangan pemikiran studi administrasi. Khususnya administrasi negara dan studi pembangunan. Oleh karena itu, upaya untuk memahami administrasi pembangunan perlu dimulai dengan pemahaman mengenai administrasi dan pembangunan.
      Definisi Administrasi Pembangunan dilihat dari tata bahasa indonesia terdiri dari dua kata, yaitu : Administrasi dan Pembangunan. Yang dimaksud Administrasi adalah " keseluruhan Proses pelaksanaan keputusan -keputusan yang telah diambil dan diselenggarakan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya". Sedangkan Pembangunan ialah " Membangun Masyarakat atau bangsa secara menyeluruh, demi mencapai kesejahtersan rakyat.
     Adapun Definisi - definis Administrasi Pembangunan menurut para ahli adalah :

  1. Mustipadidjaya ( 1997 ). Administrasi pembangunan adalah ilmu dan seni tentang bagaimana pembangunan suatu sistem administrasi yang mampu menyelenggarakan berbagai fungsi pemerintahan dan pembangunan secara efektif dan efisien.
  2. Montgomery dan Esman ( 1965 ) mengemukakan Administrasi Pembangunan meliputi perbaikan aparatur serta pelaksanan dari pemerintahan ( The Development of Administration ) dan juga berarti perbaikan dan pelaksanaan usaha pembangunan.
  3. Thompson ( 1965 ) administrasi pembangunan adalah meliputi kemampuan oraganisasi untuk melakukan pembaharuan.
  4. Fred W. Riggs ( (1986) Administrasi pembangunan menunjuk pada berbagai usaha yang diorganisasikan untuk melaksanakan program - program, atau proyek - proyek terkait guna mencapai sasaran pembangunan.
  5. Sondang P. Siagian( 2003 ), Administrasi Pembangunan adalah Rangkaian usaha dalam mewujudkan pertumbuhan dan perubahan secara terencana dan sadar yang ditempuh oleh suatu bangsa atau negara untuk mencapai modernitas dalam rangka pembinaan bangsa ( Nation Building ).

     Dari dafinisi tersebut bila disimak dengan baik, maka akan memunculkan beberapa idek pokok, yaitu :

  1. Pembangunan Meruapakan suatu proses. 
  2. Pembangunan Merupakan upaya yang secara sadar ditetapkan sebagai sesuatu untuk dilaksanakan.
  3. Pembangunana dilakukan secara terencana, baik dalam arti jangka panjang, sedang dan jangka pendek.
  4. Rencana Pembangunan Mengandung makna pertumbuban dan perubahan
  5. Pembangunan mengarah  kepada Modernitas
  6. Modernitas yang ingin dicapai bersifat multi dimensional.
  7. Pembangunan ditujukan pada usaha untuk pembinaann bangsa dan negara.
     Dari pengertian atau definisi kerja dari Administrasi Pembangunan, yaitu : " seluruh usaha yang dilakukan oleh suatu bangsa, negara untuk bertumbuh, berkembang dan berubah secara sadar dan terencana disemua segi kehidupan dan penghidupan negara bangsa yang bersangkutan dalam rangka pencapaian tujuan.
      Definisi tersebut secara implisit menunjukan bahwa upaya dan kegiatan pembangunan merupakan " upaya nasional ". Artinya, menyelenggarakan kegiatan pembangunan bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah dengan segala aparat dan seluruh jajarannya meskipun harus diakui bahwa peranan pemerintah cukup dominan. Para politisi dengan kekuatan sosial -polutik harus turut berperan. Dunia usaha memainkan peranan yang besar terutama dibidang ekonomi. Para teoritsi dan cendekiawan ditantang untuk memeberikan sumbangsinya, khususnya dalam penguasaan dan kemampuan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahkan rakyat jelata pun harus dilibatkan dalam pembangunan. Pembangunan adalah urusan semua pihak dalam suatu kehidupan bermasyarakat., berbangsa dan bernegara.
     Sebagai bidang studi, administrasi pembangunan berkembang dari studi administrasi pembandingan ( Comparative administration ). yang merupakan upaya untuk menyegarkan kembali ilmu administrasi, dan untuk menyempurnakan sistem administrasi di negara -negara berkembang agar dapay mendukung pembangunan nasiinal di negara - negara tersebut. Perkembangan ilmu administrasi pembangunan didorong oleh lembaga -lembaga internasional terutama Perserikatan Bangsa - Bangsa dan badan - badan lainnya, serta badan - badan pemerintah di negara maju, yang berupay membantu negara berkembang dalam pembangunan.
     Administrasi pembangunan bersumber dari administrasi negara. Dengan demikian, kaidah - kaidah umum administrasi negara berlaku pula pada administrasi pembangunan. Namun administrasi pembangunan memberi perhatian lebih luar daripada hamya membahas penyelenggaraan administrasi pemerintahan dalam pengertian umum, seperti memelihara keamanan, hukum dan ketertiban,mengumpulkan paja, memberikan pelayanan publik dan menyelenggarakan hubungan dengan negara lain. Administrasi pembangunan bersifat dinamis dan inovatif, karena menyangkut upaya mengadakan perubahan - perubahan sosial. Dalam upaya itu administrasi pembangunan sangat berkepentigan dan terlibat dalam pengerahan sumber daya dan pengalikasiannya untuk kegiatan pembangunan ( Katz, 1972 ).
      
LihatTutupKomentar