-->

TIPE - TIPE DEMOKRASI

           Tipe- Tipe Demokrasi yang dianut oleh warga / masyarakat negara itu berbeda - beda terutama di negara indoensia. Berdasarkan orientasi pengertian demokrasi yang tertuju pada " kebebasan Rakyat ", pada perkembangan selanjutnya lalu timbul pertanyaan, siapa yang disebut rakyat itu ?. Dari sinilah sehingga kita akan temukan tipe - tipe demokrasi yang dianut masing masing negara, yang pada dasarnya tidak terlepas dari dasar / paham ideologinya.

  1. Jika Pengertian yang diberikan Kepada Rakyat Ditekankan. Kepada masing - masing individu atau warga negara, maka demokrasi diartikan sebagai kedaulatan atau kebebasan masing -masing dari rakyatnya. Sehingga paham demokrasi yang dianutnya adalah " Demokrasi Individual " atau demokrasi liberalis. Paham demokrasi yang demikian akan memberi dasar dan dampak kesegenap aspek kehidupan bangsa dan negaranya. Dalam bidang politik akan mempunyai paham demokrasi politik lineralis, dalam bidang ekonomi berpaham demokrasi ekonomi liberalis /kapitalis.
  2. Jika Pengertian Rakyat yang Dimaksudkan adalah Segolongan. Orang ysng terdiri dari sejumlah individu - individu, seperti misalnya, segolongan rakyat miskin, segologan rakyat tertindas,maka paham demokrasi dianutnya adalah " demokrasi golongan atau demokrasi kelas ".  Sehingga dengan demikian yang mempunyai kebebasan atau kedaulatan adalah golongan atau kelas tersebut dan negara yang dibentuk adalah negara atas nama golongan atau kelas dan disebut negsra golongan atau negara kelas. Paham demokrasi seperti ini dalam perwujudannya juga tidak hanya dalam bidang politik saja, akan twtapi mencakup dalam segenap aspek kehidupan bangsa dan negaranya. Kalau negaranya yang atas nama golongan tertentu tersebut ysng berdaulat, maka sudah barang tentu warga - warganya tidak mempunyai kedaulatan lagi. Negara - negara seperti ini dianut oleh negara Komunis dan sosialis yang tidak memberikan kebebasan kepada rakyatnya.
  3. Jika Pengertuan Rakyat Dimaksudkan. Adalah keseluruhan atau sekelompok manusia yang terdiri dari individu - individu yang mandiri, atau rakyat yang dalam arti meliputi seluruh individu yang ada didalamnya,maka pengertian demokrasi disini adalah kedaulatan rakyat dalam pengertian individu ysng dituju yang dibatasi oleh kekuasaan negara. Artinya dalam batas - batas tertentu rakyat mempunyai kedaulatan dan dalam batas - batas tertentu pula negara juga mempunyai kedaulatan . Dan untuk mengatur pembagian kekuasan ini ditetapkanlah peraturan Perundang - undangan ( hukum ).
      Negara yang berpaham seperti ini disebut negara integralisitik seperti yang ditetapkan negara indonesia. Di negara indonesia sebagai negara hukum,maka hukum berfungsi mengatur  dan membatasi kekuasaan negara disatu pihak dan kedaulatan rakyat dipihak lain.
      Sehingga antara negara dan warga negara masing -masing ada hak dan kewajiban yang timbal balik. Inilah yang sisebut demokrasi kekeluargaan. Dalam batas - batas tertentu masing -masing individu mempunyai hak,dalam batas -batas tertentu pula masing -masing harus meperhatikan orang lain di masyarakat dan bangsanya. Artinya masing -masing sadar dan ikhlas untuk mengorbankan sebagian dari haknya demi kepentingan orang banyak,karena pada dasarnya hak tersebut telah menjadi hak umum atau hak bersama.
LihatTutupKomentar