Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aurat Bagi Seorang Wanita




Islam- Aurat adalah bagian dari tubuh manusia yang wajib ditutupi dari pandangan orang lain. Menampakan aurat bagi seorang muslim dianggap melanggar syari'at islam dan merupakan suatu berdosa terutama aurat bagi seorang wanita.


Nabi bersabda " katakanlah kepada wanita yang beriman" hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakan perhiasan mereka ( kecuali ) yang  biasa tampak daripadanya, dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakan perhiasan ereka kecuali kepada suaminya, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka atau putra - putra mereka,putra -putra suami mereka, atau saudara laki - laki mereka atau putra - putra saudara perempuan mereka, atau wanita - wanita islam, atau budak - budak yang mereka miliki, atau pelayan laki - laki yang tidak punya keinginan ( terhadap wanita ) atau anak - anak yang belum mengerti tentang aurat wanita dan janganlah mereka memukulkan kakinya agara diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan dan bertaubatlah kamu sekalian kepada allah hai orang - orang yang beriman supaya kamu beruntung ( An -nuur : 24 - 31 )


Aurat bagi seorang wanita adalah seluruh tubuh kecuali kedua telapak tangan dan kedua telapak kaki

Diantara aurat - aurat seorang wanita dalam islam ialah :


1. Bulu kening 


Menurut Bukhari, " Rasulullah saw melaknati perempuan yang mencukur atau menipiskan bulu kening atau meminta dicukur bulu kening." ( hadist riwayat Abu Daud ).


2.Dada


Hendaklah mereka ( perempuan ) melabuhlan kain tudung hingga menutupi bagian hadapan dada mereka ( Qs An - nuur : 31 )


3. Gigi


Rasulullah saw"  melaknat perempuan yang mengikir gigi ata meminta dikikirkan giginya." ( HR At - thabrani )


4. Kaki memakai gelang berlonceng


Dan janganlah mereka ( perempuan ) menghentakkan kaki ( mengangkat kaki ) mereka agar diketahui perhiasan  yang mereka sembunyikan ( QS An - nuur : 31 )


5. Wangi - wangian


Siapa saja yang memakai wangi - wangian kemudain melewati suatu kaum supaya mereka itu mencium baunya,maka wanita itu telah dianggap melakukan zina dan tiap - tiap mata ada zinanya ( HR, Nasai, ibn Khuzaimah dan Hibban )


6. Muka dan Leher 


Dan tinggallah kamu ( Perempuan )dirumah kamu dan hanganlah kamu menampakkan perhiasanmu seperti orang jahilliah dahulu. 


7. Muka dan Tangan


Diriwayatkan bahwa Asma binti Abubakar telah menemui Rasulullah Saw dengan memakai pakaian yang tipis, lalu Rasululah Saw bersabda. " wahai asma ! Sesunnguhnya seorang hadis yang telah berhaid tidak boleh baginya menjahirkan / menampakkan anggota badan kecuali pergelangan tangan dan wajahnya saja. ( HR. Bukhari dan Muslim )


8. Tangan


Sesungguhnya kepala yang ditusuk dengam besi itu lebih baik daripada menyentuh kaum yang bukan sejenis yang tidak halal baginya ( mahram )
( HR. At tabrani dan (Baihaqi ) 


8. Mata 

Menjaga mata melihat hal -hal yang dilarang dalam islam. 
Hanya boleh melihat aurat lawan sejeni sekali saja karna tidak sengaja, jika yang kedua dan seterusnya maka akan berdosa.


9. Rambut.


Suatu ketika Rasulullah berbicara kepada Fatimah anaknya dan berkata. "
 wahai Fatimah anaku ! Adapun perempuan -perempuan yang akan digantung rambutnya hingga mendidih otaknya dalam neraka adalah mereka di dunia tidak mau menutup rambutnya." ( HR. Bukhari dan Muslim ).


10. Mulut dan Suara


Janganlah perempuan -perempuan itu terlalu lunak dalam berbicara sehingga membuat orang mempunyai perasaan serong didalam hatinya, tetapi ucapkanlah perkataan -perkataan yang baik ( QS. Al - ahzab : 32 )


12. Kemaluan


Menjaga kemaluan dari berbuat maksiat dan zina karena zina adalah dosa besar. ( QS. An - Nuur : 31 )


13. Pakaian.


Sesungguhnya sebagian ahli neraka ialah perempuan - perempuan berpakain tetapi telanjang,yang condong maksiat dan menarik olang lain untuk maksiat, mereka tidak akan masuk syurga dan tidak akan mencium bau syurga ( HR. Bukhari dan Muslim )