-->

Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan


                    Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Dunia.Com ~ Permintaan ( Demand  ) adalah suaut kegiatan atau proses meminta sesuatu atau saejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suautu haraga dan suatu waktu tertentu. semakin tinggi permintaan maka akan membuat harga suatu barang semakin mahal. Ada beberapa Faktor  yang mempengaruhi permintaan barang dan jasa.

Menurut Pratama Raharja ( 2005 ) permintaan adalah keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat dan pada periode waktu tertentu. dengan kata lain permintaan baru bisa bisa terjadi pada saat konsumen memiliki kebutuhan akan barang tersebut dan juga memiliki daya beli untuk mendapatkan produk tersebut

Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Tersebut antara lain:


1. Harga Barang

Harga suatu barang akan mempengaruhi banyaknya jumlah barang yang diminta oleh konsumen. Jika harga barang naik maka jumlah baramg yang diminta akan berkurang dan sebaliknya apabila harga barang turun maka jumlah permintaan akan naik. 

2. Pendapatan Masyarakat

Pendapatan yang diperoleh oleh seseorang akan sangat mempengaruhi permintaan barang. Jika pendapatan rata - rata tiap orang tinggi maka akan mempengaruhi jumlah barang yang diminta akan bertambah, sebaliknya jika pendapatan turun atau tidak memiliki pendapatan maka akan sangata mempengaruhi berkurangnya jumlah barang yang diminta sehingga harga barang akan turun dan produksi berkurang.

3. Selera Masyarakat

Selera sangat mempengaruhi permintaan barang. Apabila seseorang sangat menyukai suatu barang, walaupun harga barang tersebut mahal maka pembeli tidak menghiraukan adanya kenaikan harga, apabila selera masyarakat terhadap barang rendah maka permintaan barang tersebut juga rendah sehingga akan mempengaruhi harga barang

4. Kualitas Barang

Setiap orang mengingunkan barang yang berkualitas . Sehingga kualitas ini sangat mempengaruhi permintaan. Jika kualitas barang bagus dan harga barang tersebut sedikit lebih mahal dari barang lain yang sama, maka masyarakat lebih memilih membeli barang tersebut. Sebaliknya jika kualitas barang jelek maka permintaan terhadap barang akan berkurang.

4. Harga Barang Lain

Banyak sedikitnya jumlah barang yang diminta biasanya dipengaruhi juga oleh harga barang lain. Apabila harga kopi lebih mahal dari harga teh,maka masyarakat cenderung membeli teh. Akan tetapi kalau harga kopi lebih murah dari teh, bagi mereka yang uangnya terbatas maka masyarakat akan membeli kopi yang merupakan pengganti teh. Permintaan gas akan tinggi kalau masyarakat menggunakan kompor gas, sebaliknya permintaan gas aoan turun kalau masyarakat kembali menggunakan kompor minyak. Permintaan terhadap barang ini sangat dipengaruhi oleh harga barang lain.

6. Jumlah Penduduk

Jumlah anggota keluarga akan sangat mempegaruhi jumlah permintaan. Begitu juga dengan bertmabahnya jumlah pe duduk suatu negara maka akan sangat mempengaruhi permintaan terhadap barang.

7. Ramalan Masa Depan

Pada saat krisis ekonomi, harga barang cenderung berubah - ubah bahkan cenderung nai. Masyarakat akan menambah permintaan terhadap suatu barang kalau dioerkirakan harga barang tersebut di masa yang akan datang akan naik. Akan tetapi bila keadaan perekonomian negara sudah semakin membaik, maka harga cenderung turun dan masyarakat menahan diri untuk mengurangi permintaan terhadap barang.

Permintaan dapat di bedakan menjadi :

1  permintaan menurut daya beli konsumen.

    a.  Permintaan efektif.

        Yaitu permintaan  yang didukung dengan  kemampuan  daya beli. Artinya permintaan                           ini  berasal dari konsumen yang betul -  betul  memiliki kemampuan untuk                                           membeli barang dan melakukan transaksi.

    b. Permintaan potensial.

        Yaitu permintaan yang didukung dengan kemampuan daya beli, tetapi belum                                        melakukan transaksi. Artinya permintaan ini masih berupa keinginan untuk membeli dan belum          melakukan transaksi.

2. Permintaan menurut jumlah konsumen antara lain : 

     a. Permintaan individual.

         Yaitu permintaan dari masing - masing orang terhadap suatu barang.                                                       Permintaan ini tergantung dari kemampuan dari masing - masing  orang.

     b. Permintaan Pasar.

         Yaitu permintaan  yang dilakukan oleh masyarakat pada  umumnya. Permintaan ini dapat                     dihitung dengan menjumlahkan permintaan masing - masing orang  atau individu.












LihatTutupKomentar