-->

Khalifah Umar Bin Khatab

Khalifah Umar Bin Khatab

Dunia.Com - Umar Bin Khatab  lahir di Mekkah Jazirah arab pada tahun 583 Masehi dari kaum Bani Adi dengan nama lengkap Umar Bin Al Khattab bin abdul Uzza dari  pasangan Khatan Bin Nuffail Al Simh Al Quraysi dan Hantama binti Hasyim  yang Masih ada hubugan dengan Kaum Qurays.

Umar termasuk golongan keluarga menengah, ia bisa membaca dan menulis yang dimana pada masa itu jarang yang bisa membaca dan menulis.
Umar Juga menjadi juara Gulat di Mekkah Karena ia memiliki fisik yang sangat kuat sebagai seorang pemuda.

Julukan Umar Bin Khatab.

Sebelum memeluk islam umar dikenal sebagai peminum berat, urat sangat suka meminum minuman keras.
Umar memiliki fisik yang sangat kuat, ia juga menjadi juara gulat pada saat itu, umar tumbuh menjadi pemuda yang sangat disegani oleh orang - orang dalam kaumnya, juga oleh orang - orang kaum -kaum lainnya.

Beliau memiliki Watak yang sangat keras sehingga ia dijuluki " Singa Padang Pasir ". Ada juga yang bilang Umar sebagai sang Penakluk. 
Rasulullah saw salam sendiri memberi Umar julukan " Al - Faruk " yaitu orang ysng dapat memisahlakn Kebenaran dan Kebatilan

Umar dikenal sangat keras dalam membela agama Tradisional arab yang pada saat itu masih menyembah berhala sebagai agama mereka.

Awal Mula Umar Bin Khatab Masuk Islam

Umar bin Khatab Memeluk islam pada saat itu umurnya sudah 30 Tahun. Pada saat agama islam datang dan Rasulullah saw menyebarkan islam Umar adalah salah soerang yang menentang agama islam dan sering menyiksa Umat islam.

Umar juga sangat membenci baginda Rasulullah saw bahkan pernah mencoba membunuh Rasulullah.
Pada saat dalam perjalanan hendak membunuh rasulullah saw umar bertemu dengan salah seorang pengikut Nabi yang bernama Nu'aim Bin Abdullah yang memberikan kabar bahwa Saudari perempuan umar dan suaminya telah memeluk islam.

Mendengar kabar tersebut umar langsug pulang ke rumah, Umar amat sangat terkejut dan marah ketika mendengar kabar tersebut dan pulang hendak menghukum Saudarinya.

Saat pulang kerumah umar mendengar adiknya sedang membaca al-Qur'an yaitu surah Thoha ayat 1 - 8 saat mendengarnya umar menjadi tambah marah dan memukul adiknya sampai mulutnya berdarah.

Namun umar kemudian merasa ibah melihat adiknya yang dipukulinya dan meminta untuk melihat apa yang dibacanya tapi adiknya menolak. Setelah beberapa kali meminta akhirnya hati adiknya luluh dan memberikan kertas yang dibacanya kepada saudaranya.
Ketika umar membaca Al-qur'an surah thoha tersebut Hati umar sangat tergoncang oleh isi al- qur'an tersebut.
Setelah itu umar datang menemui Rasulullah menyatakan memeluk islam dan mengucapkan dua kalimat syahadat dengan begitu umar menjadi seorang muslim.
Setelah Memeluk agama islam Umar Bin Khatab secara terang - terangan menyebarkan agama islam bersama Rasulullah dan para sahabat Rasulullah.

Umar Bin Khatab Diangkat Jadi Khalifah

Setelah Abubakar As - Shidiq meninggal pada tahun 634, umar bin Khatab ditunjuk menggantikan Abubakar sebagai Khalifah kedua dalam sejarah islam.

Dibawah kepemimpinan umar islam tumbuh sangat pesat. Islam mengambil alih Mesopotamia dan persia dari tangan dinasti Sassanid, seta mengambil alir mesir, Palestina, syria, Afrika utara,dan armenia dari tangan kekaisaran romawi ( byzantium ). 

Pasangan Umar Bin Khatab

Khalifah Umar Bin Khatab memiliki 7 orang istri diantaranya yaitu :

 ~ Ummi Kultsum Binti Jarwal

 ~ Ummi Kultsum Binti Ali bin Abi Thalib
     Putri Ali bin Abu Thalib Cucu dari Rasulullah            Saw Sendiri.

 ~ Atikah Binti Zaid bin amru bin Nufail

 ~ Zainab binti Maz'un

 ~ Quraiba Binti Abu Umayya

 ~ Jamilah Binti Tsabit

 ~ Ummu Hakim Binti al -Harits

Anak - anak Umar bin Khatab

Abdullah

Ashim

Hawsah


Umar Bin Khatab Meninggal Dunia

Umar bin Khatab wafat karena dibunuh oleh abu lukluk ( fairuz ) yang merupakan budak yang fanatik pada saat umar akan memimpin shalat subuh berjamaah.
Umar bin Khatab wafat pada hari Rabu, 25 Julhijjah hijriah/ 644 M. Ada juga yang mengatakan muar meninggal pada tanggal 3 November 644 M di madinah arab saudi.
Khalifah umar dimakamkan disebelah kiri makam Rasulullah Saw.  Setelah umar wafat kekhalifahan di ambil alih oleh  utsman bin Affan
LihatTutupKomentar