-->

kurikulum Terpadu ( Integral Curikulum )


Kurikulum
Dunia.Com - Kurikulum ini cenderung lebih memandang bahwa dalam suatu pokok bahasan harus integrated atau terpadu secara menyeluruh. Keterpaduan ini dapat dicapai melalui pemusatan pelajaran pada satu masalah tertentu dengan alternatif pemecahan melalui berbagai disiplin ilmu atau mata pelajaran yang diperlukan sehingga batas - batas antara mata pelajaran dapat ditiadakan. Kurikulum ini memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar kelompok maupun individu, lebih memberdayakan masyarakat sebagai sumber belajar, memungkinkan pembelajaran bersifat individu terpenuhi, serta dapat melibatkan siswa dalam mengembangkan  program pembelajaran. Bahan pelajaran dalam kurikulum ini akan bermanfaat secara fungsional serta dalam pembelajaran akan dapat membentuk kemampuan siswa secara proses maupun produk.

       Dalam penerapan kurikulum ini guru dituntut untuk memiliki kemampuan memgimplementasikan berbagai strategi belajar mengajar yang sesuai dengan karakteristik kurikulum tersebut. Pembelajaran yang mungkin banyak digunakan seperti pemecahan masalah, metode proyek, pengajaran unit ( unit teaching ), inkuiri, discovery dan pendekatan tematik yan dilakukan dalam pembelajaran kelompok maupun secara perorangan. Perkembangan program pembelajaran perlu dilakukan secara bersama - sama antara siswa dengan guru, tetapi sebelumnya guru harus menyiapkan draft program pembelajaran sebagai acuan yang perlu dikembangkan secara bersama - sama dengan siswa atau mungkin dengan masyarakat.

      Bahan pembelajaran yang dipelajari siswa dirumuskan dalam pokok bahasan berupa topik atau pertanyaan yang dapat mendorong siswa untuk menyelesaikan permasalahan yang diajukan. Proses pembelajaran lebih bersifat fleksibel disesuaikan dengan kemampuan dan potensi siswa, sehingga tidak mengharapkan hasil belajar yang sama dari semua siswa. Jika dilibat dari prosesnya, kurikulum ini dalam pengembangannya lebih banyak dipercayakan pada guru - guru, orang tua, maupun siswa iti sendiri

       Ada beberapa kelebihan maupun kekurangan dalm kurikulum bentuk ini. Kekurangan kurikulum ini diantaranya sebagai berikut :



1. Ditinjau dari ujian akhir atau tes masuk yang uniform, maka kurikulum ini banyak menimbulkan        keberatan
2. Kurikulum ini tidak memiliki aturan yang logis dan sistematis
3. Diperlukan waktu yang banyak dan bervariasi sesuai dengan kebutuhan siswa maupun kelompok
4. Guru belum memiliki kemampuan untuk untuk menerapkan kurilulum bentuk ini.
5. Masyarakat, oranga tua, dan siswa belum terbiasa dengan kurikulum ini.
6. Kurikulum dibuat oleh guru dan siswa sehingga memerlukan kesiapan dan kemampuan guru              secara khusus dalam pengembangan kurikulum seperti ini
7. Bahan pelajaran tidak disusun secara logis dan sistematis.
8. Bahan pelajaran tidak bersifat sederhana
9. Dapat memungkinkan kemampuan yan dicapai siswa akan berbeda secara mencolok.
9. Kemungkinan akan memerlukan biaya, waktu, dan tenaga yang banyak.

Kelebihan dari Kurikulum ini diantaranya yaitu :

1. Mempelajari bahan pelajaran melalui pemecahan masalah dengan cara memadukan beberapa mata      pelajaran secara menyeluruh dalam menyelesaikan suatu topik atau permasalahan.
2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar sesuai dengan bakat, minat, dan potensi yang      dimilikinya secara individu
3. Memnerikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan permasalahan secara kompherensif       dan dapat mengembangkan belajar secara bekerja sama ( cooperative )
5. Mempraktikan nilai -nilai demokrasi dalam pembelajaran
6. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara maksimal
7. Dapat membantu hubungana antara sekolah dengan masyarakat
8. Dapat menghilangkan batas -batas yang terdapat pada pola kurikulum yang lain

     Secara ideal hasilnya dalam kurikulum ini dapat memberikan kemampuan siswa yang terintegritas yang menggambarkan manusia yang harmonis sesuai kebutuhan masyarakat maupun sesuai tuntutan potensi siswa. Kemampuan dalam memecahkan masalah secara ilmiah merupakan bagian dari karakteristik pembelajaran dalam kurikulum ini.
LihatTutupKomentar