-->

Isi Dan Kandungan Surah Ar -Rahman

keutamaan Surah Ar - Rahman

Islam. Surah Ar - Rahman ( Maha Pemurah ) ialah Surah ke -55 dalam Al -Qur'an dan terdiri dari 78 ayat. Surah ini termasuk golongan Surah Makkiyah.

Potongan Ayat Surah Ar - Rahman

                                               اَلرَّحۡمٰنُۙ

                                           عَلَّمَ الۡقُرۡاٰنَؕ

                                         خَلَقَ الۡاِنۡسَانَۙ

                                           عَلَّمَهُ الۡبَيَانَ

Ar - rahman
Allamal qur'an
Khalaqal insan
Allamahul bayan

Artinya
1. Allah maha pengasih
2. Yang telah mengajarkan Al - Qur'an
3. Yang menciptakan Manusia
4. Mengajarnya pandai berbicara

Surah Ar - Rahman dikenal dengan Arus Al- Qur'an  yang berarti pengantin Al -Qur'an. dalam suatu hadist Imam Baihaqi meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda. " Segala sesuatau memiliki Pengantin, dan Al- Qur'an adalah Ar - Rahman."
Waktu terbaik membaca surah Ar - Rahman
Surah Ar - Rahman baik dibaca pada waktu kapan saja, setiap hari seperti waktu selesai shalat fardhu maupun shalat sunnah dan diwaktu luang

Keutamaan Surah Ar - Rahman


Anas ra. Berkata, " Rasulullah saw melakukan witir dengan sembilan rakaat. Namun, tatkala beliau beranjak tua dan gemuk, beliau melakuakan witir dengan tujuh raka'at dan shalat dua raka'at dalam keadaam duduk. Beliaupun membaca dalam dua raka'at itu Surah Ar - Rahman dan Surah Al - Waqiah." ( HR. Al Hakim dalam At tarikh, Al Baihaqi 3 / 33 )

Dengan adanya Surah Ar - Rahman, manusia diingatkan untuk senantiasa memuji allah swt dan merupakan zat yang wajib disembah dan dipuji

mengingatkan manusia agar tidak kufur terhadap nikmat yang diberikan allah swt

Allah menciptakan Jin dan Manusia untuk hidup berdampingan dengan tidak mengganggu satu sama lain. rasulullah saw keluar menemui para sahabat dan membacakan surah ar - rahman dari awal sampi akhir surah dan mereka terdiam. lalu beliau bersabda. " Aku telah membacakan pada Jin pada malam perkumpulannya dan mereka merespon dengan jawaban lebih baik daripada kalian ( HR. Tarmidji )

Penciptaan Jin Dan Manusia ( Qs. Ar - Rahman : 14 - 15 )


                                خَلَقَ الۡاِنۡسَانَ مِنۡ صَلۡصَالٍ كَالۡفَخَّارِۙ

                                      وَخَلَقَ الۡجَآنَّ مِنۡ مَّارِجٍ مِّنۡ نَّارٍ‌ۚ

14. Dia menciptakan Manusia dari tanah kering seperti tembikar
15. Dan dia menciptakan Jin dari nyala Api tanpa Asap

Dari Abu Musa Al Anshari bahwa Rasulullah Saw bersabda. 
" Alla Azza Wa Jalla menciptakan adam dari segenggam ( tanah ) yang digenggam dari seluruh bumi, maka anak keturunan adam sesuai dengan bagian tanah yang ada, ada yang berkulit putih, merah, hitam atau berkulit antara warna - warna itu, kemudian ada yang buruk, baik, mudah, sedih, dan ada yang campuran antara itu.  ( HR. Ahmad )

Berbagai Nikmat Allah ( Qs. Ar - Rahman 17 - 40 )


Setelah menyebutlan berbagai nikmat-Nya yang dianugerahkan kepada manusia. Allah menyebutkan nikmat penciptaan alam besar berupa langit dan bumi, dan penciptaan alam kecil, yaitu penciptaan manusia yang diciptakan dari tanah dan jin yang diciptakan dari api. 
Adapun penjelasan mengenai Nikmatnya menerbitan matahari dan menenggelamkannya, pentang penciptaan laut yang segala isinya, termasuk segala perhiasan berupa mutiara dan marjan, dan permukaannya sebagai tempat berlayarnya kapal -kapal yang mengangkut manusia dan barang - barang mereka. Dan berbagai nikmat lainnya yang diperuntukan untuk manusia semua itu menunjukan kebesaran dan kekuasaan  - Nya. 

Pendapat pendapat para Musyafir tentang Ayat ini :

Tempat terbit dan terbenam matahari pada musim panas dan musim dingin

Diantara para musyafir ada yang berpendapat bahwa La Yabgiýan maksudnya masing -masing tidak menghendaki. Dengan demikian maksud ayat 19 dan 20, ialah bahwa ada dua laut yang keduanya terpisah dibatasi oleh tanah genting, twtapi tanah genting itu tidaklah dikehendaki ( tidak diperlukan )maka pada akhirnya tanah genting itu dibuang ( digali ). Maka bertemulah kedua lautan itu. Seperti Terusan Suez dan terusan Panama
Allah senantiasa mencipatakan, menghidupkan mematikan, memelihara, memberi Rezeki dan Lain -lain.
Tetap pada saatnya akan dimintai pertanggung jawaban atas segala amal perbuatannya.

Turunnya ayat Ke - 46 

Diriwayatkan Ibnu Abi Hatim dan Abu Syeikh, dari Ata, bahwasanya diceritakan kepada Abubakar tentang keadaan kelak pada hari kiamat, timbangan syurga dan neraka, lantas dia berujar, alangkah ingin aku menjadi salah satu diantara rerumputan hijau itu untuk kemudian bintang -bintang memakanku dan aku tidak pernah tercipta lagi. Kemudian kemudian turun surah Ar - rahman ayat 46. Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari ibnu syauzdab, dia berkata bahwa ayat ini turun bercerita tentang Abubakar.

Ar - rahman Ayat 46 

                                           وَلِمَنۡ خَافَ مَقَامَ رَبِّهٖ جَنَّتٰنِ‌ۚ

Waliman Khafa Maa kaa ma Rabbihi Jannataan

Artinya.
Dan bagi siapa yang takut akan saat menghadap tuhannya ada dua syurga.

Dua syurga yang dimaksudkan adalah syurga untuk manusia dan syurga untuk jin. Ada juga musyafir yang berpendapat syurga dunia dan syurga akhirat.

Selain dua syurga tersebut yang dimaksud diatas ada dua lagi syurga untuk orang -orang mukmin yang kurang derajatnya dari dari orang -orang mukmin yang dimasukan ke dalam syurga yang pertama.

LihatTutupKomentar