-->

Isi Dan Kandungan Surah An -NamL ( Semut )

Islam. Surah An -Naml adalah Surah Makkiyah karena diturunkan di Mekkah setelah kaum Muslim Hijrah, Surah ini ialah surah ke - 27 dalam Al - Qur'an yang terdiri dari 93 ayat.

Potongan Surah An - Naml.


                      طٰسٓ‌ ۚ تِلۡكَ اٰيٰتُ الۡقُرۡاٰنِ وَكِتَابٍ مُّبِيۡنٍۙ

                                    هُدًى وَّبُشۡرٰى لِلۡمُؤۡمِنِيۡنَۙ

الَّذِيۡنَ يُقِيۡمُوۡنَ الصَّلٰوةَ وَيُؤۡتُوۡنَ الزَّكٰوةَ وَ هُمۡ بِالۡاٰخِرَةِ هُمۡ يُوۡقِنُوۡنَ

1. Tà sin. Inilah ayat - ayat Al - Qur'an dan                        kitab yang jelas.
2. Petunjuk dan berita gembira bagi orang -                     orang yang beriman
3. ( Yaitu ) orang -orang yang melakukan shalat                dan menunaikan zakat dan mereka                                 meyakini         adanya akhirat

Isi dan kandungan Surah An - Naml

Keutamaan Shalat berjama'ah ( Qs. An - Naml : 3 )

Abdullah bin Umar ra. Mengatakan bahwa Rasulullah saw bersabda.
  " Shalat yang dilakukan berjamaah lebih utama dari shalat sendiri dengan dengan dua puluh tujuh derajat. " ( HR. Al -Bukhari dan Muslim )

Perintah bertauhid ( Qs. An - Naml : ayat 1 - 6 )

Rasulullah Saw bersabda.
" Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi bahwa tiada tuhan ( yang berhak disembah ) melainkan allah dan beriman kepadu serta dengan Al - Qur'an yang aku bawa. Maka apabila mereka mengucapkan hal tersebut. Sungguh mereka telah menjaga harta dan jiwanya dari ( seranganku ) kecuali disebabkan hak islam. Dan hisab mereka diserahkan kepada allah." ( HR. Muslim )

Kesombongan Akan mengahalangi Hamba Masuk Syurga ( Qs. An -Naml : 14 ) 

Kuraih bin Abrahah duduk bersama Abdul Malik diatas tempat tidurnya di Dair Al - murah. Abdul malik berbicara tentang kesombongan. Lalu kuraib berkata,Aku mendengar Abu raihanah berkata. Rasulullah saw bersabda.
  " Sedikit saja kesombongan, tidak akan masuk syurga." Siapa saja yang tidak mau tahu terhadap kebenaran dan meremehkan manusia dengan kedua matanya." ( HR. Ahmad )

Tentang Ratu Balqis. ( Qs. An - Naml : 23 )

Ratu balqis adalah seorang wanita pemimpin kabilah saba' yang berada di Yaman. Ia dianugerahi segala sesuatu yang diperlukan oleh seorang raja. Ia mempunyai singgasana yang besar. Panjangnya kira - kira delapan puluh Hasta, lebarnya empat puluh hasta, dan tingginya tiga puluh hasta, semuanya terbuat dari perak dan emas. Diarasnya bertahtakan mutiara,batu permata yaqut merah, batu zabarjad hijau, tiang -tiangnya terbuat dari Yaqut merah, Zabarjad yang hijau dan Zamrud. Sang Ratu ratu dengan rakyatnya adalah kaum penyembah matahari dan memandang baik perbuatan -perbuatan mereka. Sehingga mereka tidak dapat petunjuk. ( Jalaluddin As Suyuti dan Ajalaudin Al mahali, Tafsir Jalalain :379 )

Pemindahan Istana Ratu Balqis ( Qs. An -Naml : 38 - 40 ) 

Nabi Sulaiman as berkata.
" Siapakah diantara kalian yang sanggup membawa singgasana Ratu Balqis kepadaku ?
" Berkata Ifrit dari golongan Jin." Aku akan membawa singgasana itu sebelum engkau berdiri dari tempat duduk."
Nabi Sulaiman berkata, " Aku ingin yang lebih cepat dari itu."
Berkatalah Ashif bin Barkhiya, seorang yang sangat jujur dan mengetahui tentang asma allah yang teragung yang jika dipanjangkan doa niscaya doa itu dikabulkan." Aku akan membawa singgasana itu sebelum engkau berkedip. Menengadahlah ke langit."
Beliaupun menengadahkan pandangannya kelangit. Begitu mengembalikan pandanganya kearah semula, singgasana Ratu Balqis itu telah ada dihadapannya. ( Jalaluddin As Suyuti dan Jalaluddin Al Mahali. Tafsir Jalalain "380 )

Merendahkan orang lain merupakan kezaliman ( Qs. An - Naml : 52 )

Rasulullah saw bersabda.
" merendahkan orang lain adalah satu bagian dari kezaliman." ( ( HR. Ath - Thabrani )

Hakikat Kesombogan ( Qs. An - Naml : 1 - 6 )

Rasulullah saw bersabda. " Tidak akan masuk syurga orang yang didalam hatinya terdapat seberat bijih sawi dari kesombongan." 

Seorang lelaki bertanya. " sesungguhnya laki -laki menyukai apabila baju dan sandalnya bagus ( apakah ini termasuk kesombongan )". Rasulullah menjawab " Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai yang indah, kesombongan itu menolak kebenaran dan meremehkan manusia." ( HR. Muslim : 131 )

Keutamaan Bacaan Alhamdulillah ( Qs. An - Naml : 59 )

Abu Hurairah ra. Berkata bahwa Rasulullah saw bersabda.
" sesungguhnya allah memilih Empat bacaan : Subhanallah wal Hamdulillah Wa la illallahu Wallahu Akbar. Siapa yang membaca Subhanallah akan dituliskan baginya 20 kebaikan dan  dihapuskan darinya 20 dosa. Siapa yang membaca Allahu Akbar akan dituliskan baginya seperti itu pula. Siapa yang membaca Laa illaha illallah maka akan dituliskan baginya seperti itu pula. Dan siapa yang membaca Alhamdulillah rabbil alaamin dari dalam hatinya akan dituliskan baginya 30 kebaikan dan dihapuskan darinya 30 dosa."  ( HR. Ahmad dalam musnad )

Allah Maha Kuasa untuk Memberi Rezeki ( Qs. An - Naml : 64 )


Rasulullah saw bersabda. 
" Janganlah salah seorang diantara kalian berkata. Ya Allah, Ampunilah aku jika engkau berkenan : hendaklah aku jika engkau berkenan, Ya Allah berilah aku rezeki jika engkau berkenan : hendaklah ia serius dalam permintaanya sebab allah bisa melakukan apa saja sekehendaknya dan sama sekali tidak ada yang bisa memaksanya."  ( HR. Al - Bukhari )

Mukjizat Malam Hari ( Qs. An -Naml : 86 )

Dari Abdullah bin Amr bin Ash mengabarkan bahwa Rasulullah saw pernah berkata kepadanya.
" Shalat yang paling Allah cintai adalah shalatnya Nabi Daud As. Dan Shaum ( Puasa ) yang paling allah cintai adalah Shaumnya Nabi Daud As. Beliau tidur sampai pertengahan Malam lalu shalat pada sepertiganya kemudian tidur lagi pada seperenam akhir malamnya. Nabi Daud pun Shaum sehari dan berbuka sehari." ( HR. Bukhari )

LihatTutupKomentar