-->

Janji Allah Bagi Hambanya Yang Suka Bersedekah

Janji allah bagi hambanya yang suka bersedekah

Dunia.Com ~ Banyak sekali surah dalam  Al - Qur'an  yang menganjurkan untuk bersedekah, seperti dalam Surah Al - Baqarah ayat 195 yang artinya 
" Dan berinfaklah kamu ( bersedekah atau nafkahkan ) dijalan allah dan janganlah kamu mencampakan dirimu kedalam kebinasaan, dan berbuat baiklah sesungguhnya allah menyukai orang -oramg yang berbuat baik."

Penghapus Dosa

Rasulullah Saw bersabda. "  Bersedekah dapat menghapuskan dosa sebagaimana air memadamkan api " 


Dapat berteduh dihari kiamat

Nabi saw menceritakan tentang 7 jenis manusia yang akan mendapat tempat berteduh di padang mahsyar nanti.

Salah satu golongan yang mendapat teduhan itu adalah orang yamg suka bersedekah

Rasulullah saw bersabda. "  seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalannya itu sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan tangan kanannya ( HR. Bukhari ) 

Harta tidak akan berkurang tetapi makin bertambah

Janji allah kepada hambanya yang suka bersedekah bahwa tidak akan berkurang hartanya meskipun disedekahkan semuanya, hanya sedimit yang tersisa untuk keperluan seharian.

Rasulullah bersabda. " harta tidak akan berkurang dengan bersedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf akan ditambahkan kebaikan baginya. ( HR. Muslim ).

" sedekah tidak akan mengurangi harta " ( HR. Tarmidji )

Dapat membebaskanya dari siksa kubur

Rasulullah saw bersabda. " Bersedekah dapat memadamkan Api siksaan didalam kubur. " ( HR. At -thabrani ).

Terdapat pintu syurga untuk orang yang bersedekah

Rasulullah saw bersabda. " orang yang memberikan ( menyumbangkan ) dua harta dijalan allah. Maka dia akan dipanggila oleh salah satu dari pintu syurga. Wahai hamba allah kemarilah untuk menujukenimmatan." ( HR. Bukhari Muslim ) 

Menjauhkan diri dari api Neraka

Meski sedekah hanya sedikit, namun sedekah tersebut memiliki andil untuk menjauhkan diri dari api neraka. Semakin banyak yamg disedekahkan maka semakin jauh darinya. 

Rasulullah saw bersabda. " jauhilah api Neraka walau hanya  bersedekah sebiji kurma. Kalau kamu tidak punya, cukup dengan kalimat thayyibah. ( HR. Bukhari dan Muslim )

LihatTutupKomentar