-->

Surah Al - Waqiah, Isi dan Kandungan Surah

Surah Al - Waqiah, Keutamaan Surah Al - Waqiah




Surah Al - Waqiah adalah Surah ke 56 yang ada dalam Juz 27. Surah Al - Waqiah terdiri dari 96 ayat dan dinamakan al - Waqiah ( Hari Kiamat ) karena banyak menceritakan tentang Hari kiamat.

Isi dan Kandungan Surah


Ayat 1. Kiamat Pasti Terjadi


" Apabila terjadi hari kiamat."

"terjadinya tidak dapa didustakan ( disangkal)

( Ayat 1- 2 )


Ayat 7 - 10. Tiga Golongan Pada Hari Kiamat.


" Golongan kanan, Alangkah mulianya golongan kanan itu." golongan kanan disini ialah orang - orang yang menerima buku catatan amal mereka dengan tangan kanan."( Ayat 8 )

" Dan golongan kiri, alangkah sengsaranya golongan kiri itu." golongan kiri adaslah orang - orang yang menrima buku catatan amal mereka dengan tangan kiri." ( Ayat 9 )

" Dan orang - orang yang paling dahulu (beriman ), merekalah yang paling dahulu ( masuk syurga )." ( Ayat 10 )


Ayat 17 - 40. Nikmat yang Diperoleh Penghuni Syurga.


Pada ayat - ayat ini allah memperinci Nikmat - nikmat yang akan diperoleh penghuni syurga, diantaranya mereka dikelilingi oleh para pelayan yang siap meleyani mereka. merka membawa gelas - gelas dan cerek yang isinya diambil dari air yang mengalir yang tidak pernah kering untuk selama - lamanya. mereka pun dapat memilih buah - buahan dari yang mereka pilih, serta daging burung yang mereka sukai,. selain itu, mereka dikelililngi bidadari - bidadari yang memiliki mata hitam pekat bagian yang hitamnya dan putih bersih dibagian yang putihnya yang bermata jeli laksana mutiara yang tersimpan. semuanya ini sebagai balasan atas yang telah mereka kerjakan. ( HR. Jalaludin As Suyuti )


Ayat 63 - 70. Biji dan Tanaman Menjadi Sedekah

Rasulullah saw bersabda," tidaklah seorang muslim bercocok tanam, kecuali setiap tanamannya yang dimakannya bernilai sedekah baginya, apa yang dicuri orang darinya menjadi sedekah baginya, apa yang dimakan binatang liar menjadi saaedekah baginya, apa yang dimakan burung menjadi sedekah baginya, dan tidaklah seseorang mengambil darinya, melainkan dia menjadi sedekah baginya." ( HR. Muslim )

Lihat Juga " Aisyah, Wanita yang Hadir dalam Mimpi Rasulullah

Keutamaan mengamalkan Surah Al - Waqiah


>  Dijauhkan dari kemiskinan. Dari Abdullah bin Mas'ud bahwsanya Rasulullah saw               bersabda, "  Barang siapa yang membaca surah Al - Waqiah setiap malam. di tidak      akan menderita kemiskinan  selama - lamanya." 


> Memperoleh kekayaan berlimpah. Surah Al - Waqiah adalah surah " kekayaan " maka     bacalah surah Al - Waqiah dan ajarkanlah kepada anak - anak kalian." ( Hr. Ibnu Mardawaih )

> Ditunaikan hajatnya yang berkaitan dengan Rezeki


> Dijadikan Hartawan dan Dermawan


> Dilimpahkan Rezeki


 > Mempermudah roh keluar dari jasad . Dibaca didekat atau disisi mayat atau orang            yang sedang sekarat akan mempermudah roh kelaur dari jasad, sehingga tidak akan         merasakan sakaratul maut terlalu lama


> Diringankan sakitnya. (apabila dibaca disisi orang yang sedang sakit insya allah akan      mempermudah penyembuhannya.


> Tidak akan ditimpa kekafiran. membaca suarah Al - waqiah setiap hari, niscaya ia tidask akan ditimpakan kekafiran

LihatTutupKomentar