-->

Waktu Mustajab Untuk berdo'a

AgamaIslam. Berdoa adalah salah satu cara bagi Manusia untuk berkomunikasi dengan allah swt, melalui doa manusia bisa mengaduhkah keluh - kesah, masalah, musibah yang menimpahnya kepada sang pencipta.

Allah berfirman. 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ 

Wa kala Rabbkumu Ad Uunii Astajib Lakum Innalladzii na Yastakbiruu na an ibaa dati sayad khuluu na Jahanna ma daa khiriin (  Surah Al - Ghafir Ayat 60 ) 

"Berodalah kepadaku niscaya akan kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang orang yang menyombongkan diri dari menyembahku akan masuk neraka jahanam dengan keadaan hina."

Rasulullah Saw bersabda.

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {الدُّعَاءُ سِلَاحُ الْمُؤْمِنِ وَعِمَادُ الدِّيْنِ وَنُوْرُ السَّمٰوَاتِ وَالْأَرْضِ}.

Wa kala Shoalallahu alaihi wa Sallam, Addu'aa 'u Silaa Hul Mu'mini Wa Imaa duddaini Wa Nuurus samaa Waa Wal Ardi

"Doa itu senjata bagi orang mukmin, tiang agama, serta cahaya langit - langit dan bumi ( HR. Imam Abu Ya'la ) 

Seorang Hamba bisa berdoa dan memohon kepada allah kapan saja.

Allah Berfirman.

" ingatlah Aku sa'at kau susah, Senang, Sakit, Sehat, Duduk Ataupun sedang tidur " 

Tetapi terdapat Beberapa Waktu yang Mustajab untuk Berdoa agar allah cepat mengabulkan doa kita.

 Sepertiga Malam Terakhir


Rasulullah saw bersabda.

يَتَنَزَّلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ ، مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ ، وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

 " Allah swt Turun ke langit  dunia  ketika sepertiga Malam  dan berkata  " Siapa yang berdoa kepadaku maka akan Aku kabulkan, Siapa yang meminta kepadaku maka Aku beri, siapa yang meminta ampun kepadaku maka akan aku ampuni. ( HR. Bukhari Muslim )

Rasulullah Saw bersabda.

إِنَّ فِى اللَّيْلِ لَسَاعَةً لاَ يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

" Dimalam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa kepada allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan akan allah berikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnnya." ( HR. Muslim. Nomor 757 )

Ketika Berbuka Berpuasa


ﺛﻼﺙ ﻻ ﺗﺮﺩ ﺩﻋﻮﺗﻬﻢ ﺍﻟﺼﺎﺋﻢ ﺣﺘﻰ ﻳﻔﻄﺮ ﻭﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﻌﺎﺩﻝ ﻭ ﺍﻟﻤﻈﻠﻮﻡ

Ada tiga doa yang tidak tertolak, doanya orang yang ketika berbuka puasa, doanya pemimpin yang adil, dan doanya orang -orang terzalimi. ( HR. 
Sesungguhnya doa  yang berpuasa ketika berbuka tidak akan ditolak ( HR Ibnu Majah )

Antara Adzan Dan Ikamat


Rasulullah saw bersabda. 

إِنَّ الدُّعَاءَ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ فَادْعُوا

" Sungguh berdoa antara adzan dan iqamat tidak tertolak,maka pergunakanlah untuk berdoa. " ( HR. Ahmad ) 

Rasulullah Saw bersabda. " Sesungguhnya doa diantara adzan dan ikamat tidaklah tertolak. "  ( HR Tharmidzi )

Ketika Sedang Sujud Dalam Shalat


Rasulullah saw bersabda.

أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

" Yang paling dekata antara seorang hamba dan rabbnya adalah ketika ia sujud. Maka perbanyaklah doa ketika itu. " ( HR. Muslim ) 

Berdoa Di Hari Jum'at 


Rasulullah saw pernah membicarakan  tentang hari Jum'at, kemudian beliau bersabda. 
" Didalamnya terdapat waktu jika seorang muslim berdoa ketika itu pasti diberikan apa yang ia minta. Lalu beliau mengisyaratkan tanganya kapan waktu itu. "( HR. Bukhari Muslim )
Rasulullah saw bersabda. 

يَوْمُ الْجُمُعَةِ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً لاَ يُوجَدُ فِيهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ إِيَّاهُ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ
" Pada hari jum'at terdapat 12 jam ( pada siang hari ) diantara waktu itu ada waktu yang tidak adapun seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada allah melainkan dia akan mengabulkannya. Maka carilah dia di akhir waktu setelah ashar. " ( HR. Abu Daud )

Berdoa Ketika Hujan Turun


ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

Rasulullah saw bersabda. " doa tidak akan tertolak pada dua waktu yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika Hujan turun ( HR. Al - Hakim )


LihatTutupKomentar