-->

Prinsip dan Dimensi Pelayanan Publik

 Untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas ( Prima ) merupakan salah satu ciri kepemerintahan yang baik ( good governance ).


Kualitas meruapakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan.


Berdasarkan undang - undang No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik, maka prinsip pelayanan publik antara lain :

1. Prinsip Kesederhanaan.  Yaitu prosedur pelayanan publik yang tidak berbelit belit, mudah dipahami, dan mudah dilaksanakan.

2. Prinsip Kejelasan. A. Kejelasan persyaratan teknis dan adminisnistrasi pelayanan publik. B. Unit kerja /pejabat yang berwenang dan bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan dan penyelesaian keluaran/ persoalan / sengketa dalam pelaksanaan pelayanan publik. C. Rincian biaya pelayanan publik dan tata cara pembayaran

3. Prinsip Kepastian Waktu. Pelaksanaan pelayanan publik dapat diselesaikan dalam kurun waktu yang telah ditentukan

4.Prinsip Akurasi. Produk pelayanan publik dapat diterima dengan benar, tepat dam sah.

5. Prinsip Keamanan. Proses dan produk pelayanan publik memberikan rasa aman dan kepastian hukum.

6. Prinsinp Tanggung Jawab.

Pimpinan penyelenggaran pelayanan publik atau pejabat yang ditunjuk bertanggung jawab atas penyelenggaraan pelayanan dan penyelesaian keluhan / persoalan dalam pelaksanaan pelayanan publik.

7. Prinsip Kelengkapan Sarana dan Prasarana. Tersedianya sarana dan prasarana kerja, peralatan kerja dan pendukung lainnya yang memadai termasuk penyediaan sarana teknologi telekomunikasi dan informatika.

8. Prinsip Kemudahan Akses. Tempat dan lokasi serta pelayanan yang memadai, mudah dijangkau oleh masyarakar, dan daapt memanfaatkan teknologi telekomunikasi  dan informatika.

9. Prinsip Kedisiplinan, Kesopanan dan Keramahan. Pemberi pelayanan harus bersikap disiplin, sopan dan santun, ramah serta memberikan pelayanan dengan ikhlas.

10. Prinsip Kenyamanan. Lingkungan pelayanan harus tertib, teratur, disediakan ruang tunggu yang nyaman, bersih, rapi, lingkungan yang indah dan sehat serta dilengkapi dengan fasilitas pendukung pelayanan, seperti parkir, toilet, tempat ibadah dan lain - lain.


Kualitas Pelayanan Publik.


Kualitas pelayanam publik dibagi kedalam beberapa dimensi besar yang mempengaruhinya.  ( Tjiptono : 2000 ) Antara lain : 


1. Keandalan. Yaitu adanya kemampuan penyedia jasa dalam memberikan jasa / produk yang tepat dan dapat diandalkan. Penyedia jasa harus mampu memberikan pelayanan yang telah dijanjikan secara akurat, dapat dipercayan dan diandalkan. Selain itu kinerja juga harus sesuai dengan harapan konsumen.

2. Daya Tanggap. Yaitu adanya sikap baik untuk dapat membantu dan memberikan pelayanan kepada konsumen dengan cepat. Penyedia jasa / produk termasuk para bawahannya harus bersedia membantu memberikan pelayanan yang tepat sesuai kebutuhan konsumen. 

Dimensi ini menekankan pada sikap pemberi jasa / produk yang penuh perhatian, tepat dan cepat dalam memberikan pelayanan, sigap dalam menghadapi permintaan, pertanyaan, keluhan dan masalah konsumen dengan menyampaikan informasi secara jelasa.

3. Perhatian. Yaitu adanya perhatian para karyawan terhadap kebutuhan konsumen. Dimensi ini memberikan perhatian yang tulus dan bersifat individual yang diberikan kepada para konsumen dengan berupaya memahami keinginannya.

4. Bukti Fisik. Yaitu penyediaan fasilitas jasa fisik seperti gedung, peralatan, interior serta penampilan fisik personalpenyedia jasa / produk. 

LihatTutupKomentar