Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tempat Wisata di Lombok

Lombok  - Lombok adalah merupakan tempat tujuan wisatawa dari berbagai daerah bahkan berbagai Negara . Daya tarik yang ditawarkan bermacam macam,  dari pantai sampai pegunungan. Oleh karenanya, tidak salah bila Lombok sering jadi masuk daftar mimpi beberapa pelancong untuk bertandang dan liburan di situ.

1. Pantai Tebing

10 Tempat Wisata di Lombok

Pantai Tebing


Pantai Tebing ada di perairan selat Lombok yang dipenuhi oleh bentangan pasir hitam. Posisinya berada di Desa Luk, Dusun Bangkol, Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Daya magnet khusus dari Pantai Tebing ini ada pada jejeran tebing tinggi setinggi 22 mtr. di sejauh tepian pantai. dengan  keelokan pantai, pengunjung dapat berenang, berjemur, sampai berseluncur di air laut yang jernih. Pengunjung akan dikenakan ticket masuk sebesar Rp6.000 per orang untuk berkunjung Pantai Tebing. 

2. Air Terjun Sendang Gile



Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile
Gambar@Ditasafiatidewi


Air Terjun Sendang Gile menyuguhkan air terjun di tebing bertngkat dengan udara sejuk dan panorama hijau ang asri. Air terjun ini ada di kaki Gunung Rinjani persisnya di Dusun Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. 

Air terjun dengan ketinggian 30 mtr. ini, memberi air jernih yang beri kesegaran dan memberikan kesan membahagiakan dari pancuran air yang mengucur dari ketinggian. Pengunjung akan dikenakan ongkos masuk sebesar Rp5.000 per orang untuk rasakan kesejukan dan keelokan panorama di Air Terjun Sendang Gile.

3 Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep


Air Terjun Tiu Kelep di Senaru, Kabupaten Lombok Utara, Air Terjun Tiu Kelep adalah air terjun eksotis dari pulau Lombok, dan digadangkan selaku air terjun paling romantis, hingga benar-benar pas untuk berlibur bersama pasangan. Air terjun ini ada di kaki Gunung Rinjani seperti Air Terjun Sendang Gile sebab posisi yang bersisihan, persisnya di Dusun Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. 

Tempat ini tawarkan panorama yang asri dan beri kesegaran mata, pengunjung dapat nikmati refleksi pelangi dari kolam di saat spesifik. Pengunjung dapat mengisap wewangian rimba hujan tropis dan wewangian bunga kopi yang merebak. Pengunjung harus bayar ongkos masuk sebesar Rp10.000 per orang.


4. Kebun Kopi Senaru 

Kebun Kopi Senaru

Kebun Kopi Senaru


Kebun Kopi Senaru berada di bawah kaki Gunung Rinjani persisnya di Dusun Senaru, Kabupaten Lombok Utara. Tempat ini enawarkan daya tarik alam yang hijau dan air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep yang cantik. Ada warung yang namanya ‘Coffee Plantation' yang sediakan kopi susu, susu jahe, dan kopi susu jahe, dan makanan, yang dapat dicicipi sekalian nikmati panorama alam yang sejuk. Pengunjung tidak dikenakan ongkos masuk atau cuma-cuma, dan perlu bayar ongkos parkirkan jika bawa kendaraan sebesar Rp5.000.

5. Pantai Mawun

Pantai Mawun


Pantai Mawun adalah salah satunya pantai eksotis dengan bentangan pasir putih yang halus dan air laut yang biru diperlengkapi dengan bukit-bukit hijau yang berdiri kuat, berada di Dusun Tumpak, Kecamatan Pujut, Lombok tengah. 

Pantai ini mempunyai keadaan ombak yang cukup tenang dan benar-benar pas untuk berenang dan pada segi pinggiran bukit keadaan ombak semakin besar dan pas untuk berseluncur. Sarana di Pantai Mawun seperti masjid, toilet, gazebo, mini bar, dan warung makan. Pengunjung tidak dikenakan ongkos masuk dan cuman bayar ongkos parkirkan sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

6. Pantai Segar

Pantai Segar mempunyai dua segi sisi luar dan dalam, dengan tawarkan panorama alam pantai bersatu dengan bukit yang cantik dengan bentangan pasir dan panorama bawah laut yang menarik. Pantai dengan daya tarik sunset yang cantik ini, berada di Dusun Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok tengah. 

Pengunjug dapat lakukan bermacam rutinitas di Pantai Segar seperti berenang, berseluncur, berjemur, sampai snorkeling. Sarana yang ada di Pantai Segar seperti warung makan, tempat istirahat, pondokan, toilet dan kamar tukar, dan tempat parkir yang lega. Pengunjung akan dikenakan ongkos masuk berdasar tipe kendaraan yang dibawa, sejumlah Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

7. Bukit Pergasingan

Teritori Sembalun, Lombok Timur, yang dikitari beberapa bukit tawarkan kekuatan wisata alam berbentuk soft trackking ke sejumlah bukit, salah satunya Bukit Pergasingan. bentangan area pertanian berbentuk petak sawah, dan panorama sunset dan sunrise jadi menu visual di wisata trackking bukit itu. 

Bukit Pergasingan adalah bukit yang membubung tinggi dari sisi Gunung Rinjani persisnya di Dusun Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Bukit dengan ketinggian 1670 mdpl ini tawarkan pemandangan sawah dan panorama Gunung Rinjani yang berdiri kuat. 

Di Bukit Pergasingan ada titik paralayang dan downhill, pengunjung yang menyukai dengan rutinitas olahraga extreme bisa cobanya dan mengetes adrenalin. Untuk mendaki bukit ini, pengunjung harus bayar ongkos masuk sebesar Rp10.000 per orang. Simak juga: Daya tarik Pantai Senggigi, Dapat Saksikan Gunung Agung di Bali dari Lombok 

8. Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit adalah panorama alam yang berada di  Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Sedikit yang dapat dikerjakan di sini, tetapi pengunjung bisa kemping dan menyaksikan matahari keluar yang mengagumkan, dan di sini jadi spot photo yang baik dan cantik. Pengunjung tidak dikenakan ongkos apa saja untuk berkunjung tempat inialias gratis dan kemping pun tidak perlu bayar apa saja. Tetapi pengunjung harus jaga keselamatan dan masih jaga kelestarian lingkungan.

9. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak mempunyai luas lebih kurang 11 km perssegi, dengan kedalaman sedalam 230 mtr. dan ketinggian 2.008 mdpl, berada di teritori Taman Nasional Gunung Rinjani, Dusun Sembalun Lawang, Kabupaten Lombok Utara. Walau ada di ketinggian, pengunjung bisa memancing, berenang, atau sebatas merendam air panas. Keelokan yang lain jadi daya pikat daya tarik danau ini, ada Gunung Baru Jemari yang mempunyai ketinggian 2.376 mdpl. Untuk nikmati panorama dan situasi yang mengagumkan, pengunjung akan dikenakan ticket masuk sebesar Rp35.000 per orang.

 10. Pantai Pink 

Pantai Pink adalah salah satunya pantai yang terkenal dengan tawarkan panorama cantik dan bentangan pasir warna merah muda. Pantai Pink mempunyai air jernih dan panorama bawah laut yang cantik. Pengunjung bisa snorkeling dan diving. Bila ketarik, ada persewaan alat 

Mempunyai keadaan ombak yang cukup tenang, Pantai Pink benar-benar pas untuk berenang dan berekreasi keluarga yang bawa beberapa anak. Pengunjung akan dikenakan ongkos masuk sejumlah 10 ribu per orang untuk pelancong lokal, 50 ribu per orang untuk pelancong luar negeri, kelompok pelajar lokal sejumlah 5 ribu per orang, dan kelompok pelajar luar negeri sejumlah 25 ribu per orang.