Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

kebijakan publik :Tujuan, ciri - ciri, dan Tahap- Tahap kebijakan publik

 

kebijakan publik - Kebijakan umumnya dituangkan dalam bermacam-macam ketentuan. Kebijakan publik kuat hubungan dengan administrasi pemerintah. kebijakan ialah serangkaian ide dan azas sebagai garis dan landasan gagasan dalam penerapan pekerjaan, kepimpinan, dan langkah melakukan tindakan (mengenai perintah, organisasi, dan lain-lain).

Pengertian kebijakan publik


kebijakan publik ialah kebijakan pemerintah yang mengubah tiap orang di satu negara atau negara sisi atau kebijakan pada umumnya.
Kebijakan Publik menurut David Easton  selaku pendistribusian nilai-nilai secara paksa ke semua anggota warga. .
 
Menurut Anderson dalam Public Kebijakan Making (1984), kebijakan publik ialah banyak kebijakan yang ditingkatkan oleh tubuh-badan dan pejabat-pejabat pemerintah. 

Thomas R Dye dalam Understanding Public Kebijakan (1978) mengatakan, kebijakan publik ialah apa yang diputuskan oleh pemerintah untuk ditangani atau mungkin tidak ditangani. 

Tujuan kebijakan publik 


Tujuan kebijakan publik ialah bisa diraihnya kesejahteraan warga lewat ketentuan yang dibikin oleh pemerintah. Tujuan kebijakan publik ialah bisa didapatnya nilai-nilai oleh publik baik yang bertalian sama barang publik (public goods) atau layanan publik (public servis). Nilai-nilai itu benar-benar diperlukan oleh publik untuk tingkatkan kualitas hidup baik fisik atau non-fisik. 

Beberapa ciri kebijakan 

Ada banyak ciri-ciri penting kebijakan: 

Kebijakan ialah satu perlakuan pemerintah yang mempunyai tujuan membuat kesejahteraan warga. 

Kebijakan dibikin lewat beberapa tahap yang struktural hingga seluruh faktor dasar dari seluruh persoalan yang akan diperpecahkan tercakup. Kebijakan harus bisa dikerjakan oleh unit organisasi eksekutor.

 Kebijakan perlu dipelajari hingga dijumpai sukses atau tidaknya dalam mengakhiri permasalahan. 

Tahap- Tahap kebijakan publik 


Harold F Gortner dalam Public Administration (1984) menerangkan ada lima Tahap dalam proses berlangsungnya kebijakan publik antara lain : 

Analisis permasalahan 

Analisis permasalahan Analisis permasalahan (identification of needs) yakni mengidentifikasikan keperluan-kebutuhan warga dalam pembangunan dengan mengikut beberapa persyaratan. Diantaranya menganalisa data, contoh dan catatan statistik, beberapa model replikasi, riset karena karena dan beberapa tehnik peramalan. 

Formula 

Formula saran kebijakan yang meliputi beberapa faktor taktik, pilihan-alternatif yang memiliki sifat umum, kemantapan tehnologi dan riset imbas lingkungan. 

Adopsi 

Adopsi meliputi riset kelaikan politik, kombinasi beberapa teori politik dan pemakaian beberapa tehnik penganggaran. 

Program 

Program yakni penerapan program yang meliputi beberapa bentuk organisasi, mode scheduling, penjelasan beberapa keputusan, beberapa keputusan penentuan harga dan skenario penerapan. 

Penilaian 

Penilaian meliputi pemakaian cara-cara uji cobatal, mekanisme info, auditing dan penilaian tiba-tiba.

Post a comment for "kebijakan publik :Tujuan, ciri - ciri, dan Tahap- Tahap kebijakan publik "