Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kebun Bunga, Narmada Botanic Garden

Kebun Bunga, Narmada Botanic Garden
Gmbr@DitaSafiati

Wisata - Berekreasi ke Lombok tidak selalu pantai atau gunung. Kadang-kadang mampirlah ke Narmada Botanic Garden di Dusun Narmada, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Di situ ada bentangan bunga matahari, bermacam jenis bunga seperti lavender dan marigold.

Kehadiran bunga matahari dengan mahkota warna kuning ceria dan ukuran yang besar ini jadi daya magnet tertentu untuk beberapa pengunjung. Apa lagi, bunga bernama latin Helianthus Annuus ini telah jarang-jarang dijumpai tumbuh di pekarangan rumah masyarakat.

Tidaklah aneh bila tempat ini jadi tempat favorite memburu photo yang instagenic. Beragam warna bunga yang bermekaran terasanya memikat pengin dibawa swafoto.salah satu pengunjung, menjelaskan sengngaja datang ke Narmada Botanic Garden ini sesudah menyaksikan di Instagram.

Tidak ada penjaga, pun tidak ada timbangan buah. Pengunjung dapat menuai dan melunasinya di warung yang berada di tengah-tengah kebun.

Narmada Botanic Garden

Cindra Bayu yang disebut pengelola dan pemilik taman ini menjelaskan jika dianya seorang alumnus akuntansi, tetapi mempunyai hoby berkebun. 

Dari hobynya itu tercetuslah inspirasi untuk meningkatkan satu tujuan rekreasi dengan mengubah area sawah selebar satu hektar jadi tujuan agrowisata. Karena idenya itu, tujuan rekreasi ini sekarang berpengaruh positif untuk ekonomi warga seputar.

Kebun Bunga, Narmada Botanic Garden
Gmbr@Yuni

Narmada Botanic Garden diperlengkapi banyak sarana, salah satunya yakni berugaq atau gazebo, aula, masjid, dan warung makan. Di pojok lain, ada juga tempat untuk bermain panah. 

Tentunya hebat coba permainan satu ini. Disamping itu, ada layanan photografer dengan ongkos dapat dijangkau dengan hasil benar-benar bermutu. Menariknya, di sini ada kebun kejujuran, di mana siapa saja bisa petik buah sendiri tiada perlu dipantau.

Narmada Botanic Garden

Keelokan bermacam bunga membuat siapa saja kagum. Terhitung pemandangan bunga matahari. Tempat kebun berikut sebagai spot paling difavoritkan. Rekan Pelancong bisa juga berpose di seputar bunga matahari. 

Tidak perlu cemas, kebun ini telah diperlengkapi dengan tempat untuk berpose. Pasti, harus waspada supaya tanaman di sini tidak hancur sebab tingkah kita.

Ada pasar botani  Tiap akhir pekannya di Narmada Botanic Garden  Di situ pengunjung dapat belanja tanaman sampai mencicip jajanan pasar dan makanan tradisionil Lombok.

Narmada Botanic Garden

Bukan hanya menyajikan lokasi yang instagenic, pengurus Narmada Botanic Garden pengin teritori ini jadi fasilitas edukasi. kami ingin mendidik warga dari hal kecil untuk turut jaga alam, seperti tidak menuai bunga, jangan buang sampah asal-asalan.

Meskipun dari beberapa hal kecil, kita usaha mendidik mereka, Kebun Bunga Narmada Botanic Garden mulai dibuka tanggal 11 Maret 2018. Bayu sebagai pengurus Narmada Botanic Garden bercerita, awalannya tempat ini cuman berbentuk sawah dengan tanaman padi. Tempat selebar satu hektar itu selanjutnya mulai ditanam ketimun, bunga marigold dan bunga matahari.

Narmada Botanic Garden

Disana rekan-rekan fakultas pertanian Unram belajar mengenai tanaman hortikultura, pada akhirnya berkembang kita membuka untuk agrowisata bernama Narmada Botanic Garden,

Kecuali dapat berpose sepuasnya, pengurus sediakan paket untuk beberapa anak sekolah.Banyak kegiatan yang dilakukan, mulai pengenalan tanaman, langkah pilih bibit yang bagus, langkah menanam, pemupukan sampai panen. Peningkatan secara vegetatif generatif.

Bayu mengatakan Kita sampaikan masalah lingkungan,. Misalkan, mengubah selokan yang semula tidak berguna bertambah lebih berguna dengan dibendung untuk memiara ikan.

Bidang pertanian tidak cuma ke sawah membawa cangkul. Saya menyaksikan jika pertanian dapat dibikin jadi salah satunya tujuan rekreasi, saya pengin buka wacana mereka jika ada sesuatu hal yang dapat digunakan dari segi pertanian," tutup Bayu.