Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manajemen Penjualan : Pengertian, Tahap, Teknik, dan Faktor yang Memengaruhinya

Manajemen Penjualan: Pengertian, Tahap, Teknik, dan Faktor yang Memengaruhinya


Anda ingin mencpai volume penjualan sebanyak-banyaknya dan memperoleh keuntungan besar ? Bila benar-benar demikian, karena itu Anda harus kuasai dan mengaplikasikan manajemen penjualan yang efisien dan efektif.

Pengertian Manjemen Penjualan

Menurut American Pemasaran Association manajemen penjualan dapat diartikan selaku serangkaian aktivitas yang mencakup proses rencana, pembimbingan, sampai pemantauan penjualan individual. Ini meliputi bermacam rutinitas penyeleksian peralatan, penetapan jalur, pemantauan dan supervisi, sampai proses pembayaran yang dikerjakan oleh beberapa tenaga kerja penjualan.

Dalam kata lain manajemen penjualan adalah proses rencana, koordinasi, implikasi, dan pengaturan pada rutinitas jual satu perusahaan lewat tenaga kerja penjualan.

Tahap Manajemen Penjualan

Supaya rutinitas penjualan berjalan mulus, karena itu Anda perlu pahami beberapa tahap dalam manajemen penjualan di bawah ini.

Persiapan

Pada tahap pertama ini tenaga penjualan harus mengenali dan pahami segala hal mengenai produk yang akan dijajakan, seperti profile produk, pasar produk, teknik penjualan, dan kompetisi.

Penetapan konsumen prospektif

Sesudah pahami produk, tenaga penjualan perlu mengenali calon konsumen prospektif. Salah satunya triknya, tenaga penjualan dapat mengecek daftar konsumen setia sebelumnya dan saat ini. Lantas membuat daftar calon konsumen setia prospektif berdasar produk yang akan dijajakan.

Pendekatan pendahuluan

Pada tahap ini tenaga penjualan harus mengenali banyak hal detil berkaitan calon konsumen prospektif. Hal detil itu diantaranya produk yang digunakan calon customer dan tanggapan mereka pada sesuatu produk. Info seperti itu dibutuhkan tenaga penjualan hingga mereka bisa sesuaikan teknik penjualan yang pas ke calon customer itu.

Melakukan penjualan

Tenaga penjualan harus mengundang perhatian calon konsumen. Disamping itu tenaga penjualan usaha benar-benar menerangkan keutamaan produk yang dijajakan selaku pemenuhan kemauan dan keperluan calon customer.

Servis purnajual

Rutinitas penjualan tidak usai waktu calon customer beli produk yang Anda jajakan. Supaya customer itu jadi konsumen setia masih, Anda harus memberi servis purnajual yang optimal seperti pengiriman barang gratis atau garansi mesin untuk lima tahun.

Teknik Manajemen Penjualan

Teknik penjualan adalah langkah penjual memperoleh customer. Ada lima teknik penjualan yang perlu terkuasai supaya arah penjualan sukses. Pertama Anda harus tentukan keperluan dan kemauan konsumen setia. Ke-2 sasarlah pasar spesial seperti pribadi spesifik dan pasar tersegmentasi.

Teknik ke-3 ialah memutuskan status pasar. Lantas memutuskan taktik penjualan dalam kompetisi terhitung teknik penjualan ke-4. Tentang hal yang ke-5 yakni pilih taktik penjualan yang terbaik sesuaikan dengan profile customer yang dibidik.

Factor yang Mempengaruhi

Ada empat factor yang memengaruhi rutinitas penjualan. Oleh karenanya beberapa pimpinan perusahaan perlu mengenali beberapa faktor itu supaya arah penjualan terus terwujud.

1. Keadaan dan Kekuatan Penjual

Tenaga penjualan perlu dapat memberikan keyakinan calon customer untuk beli produk yang dijajakan. Tentu saja penjual yang pahami produk dan teknik penjualan yang dapat capai arah penjualan.

2. Keadaan Pasar

Tipe pasar, barisan konsumen, daya membeli, dan frekwensi pembelian ialah beberapa faktor yang mempengaruhi keadaan pasar.

3. Modal

Pimpinan perusahaan perlu pastikan jika modal yang dipunyai sanggup capai sasaran penjualan yang dipakai untuk ongkos meriset pasar, mempromokan produk, dan beli bahan mentah.

4. Keadaan Perusahaan

Perusahaan besar mempunyai pakar penjualan untuk mengurus penjualan. Sesaat pada perusahan kecil sektor penjualan diatasi orang yang mengurus beberapa hal yang lain.

Post a Comment for "Manajemen Penjualan : Pengertian, Tahap, Teknik, dan Faktor yang Memengaruhinya"