Manajemen Strategis : Pengertian Manajemen Strategis menurut para ahli - Adm Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manajemen Strategis : Pengertian Manajemen Strategis menurut para ahli

Manajemen Strategis


Manajemen Strategis.- Manajemen strategis ialah satu aktivitas mengambil keputusan yang memiliki sifat fundamental, lengkap, struktural dan implementatif yang dibuat dengan seorang pimpinan perusahaan atau pimpinan organisasi untuk mencapai tujuan 

Manajemen strategis ialah seni dalam pengaturan, implementasi, dan pengevaluasian beberapa keputusan lintas fungsional yang fokus pada proses penentuan tujuan, peningkatan peraturan dan rencana untuk capai target, dan mempersiapkan peruntukan dana dan sumber daya manusia dalam aplikasinya. 

Manajemen strategis mengombinasikan rutinitas-aktivitas dari bermacam sisi fungsional satu usaha untuk capai tujuan organisasi atau perusahaan. Dalam manajemen strategis ada tiga tingkatan yang perlu di lewati untuk memperoleh hasil yang optimal, yakni:

Perumusan strategi,

Penerapan strategi

Penilaian strategi

Pengertian Manajemen Strategis

Pearch dan Robinson (1997)

Pearch dan Robinson, manajemen strategis adalah kelompok dan perlakuan yang hasilkan perumusan (formula) dan penerapan (implikasi) rencana-rencana yang direncanakan untuk capai target-sasaran organisasi.

Nawawi

Pengertian manajemen strategis menurut Nawawi ialah rencana bertaraf besar (disebutkan rencana taktik) yang fokus pada capaian hari esok yang jauh (disebutkan visi), dan diputuskan selaku keputusan pimpinan paling tinggi (keputusan yang memiliki sifat fundamental dan prinsipil), supaya memungkinkannya organisasi berhubungan secara efisien (disebutkan misi), dalam usaha hasilkan suatu hal (rencana operaional untuk hasilkan barang dan/atau layanan dan servis) yang bermutu, dengan ditujukan pada optimasi perolehan tujuan (disebutkan tujuan strategis) dan bermacam target (tujuan operasional) organsasi.

Ketchen (2009)

Ketchen mendeskripsikan manajemen strategis selaku riset, keputusan, dan tindakan yang dikerjakan perusahaan untuk membuat dan menjaga keunggulan bersaing. Pengertian ini memvisualisasikan dua komponen khusus manajemen strategis, yakni:

Manajemen strategis yang berhubungan  dengan proses yang berjalan : riset, keputusan, dan perlakuan.

Manajemen strategis yang terkait dengan bagaimana manajemen menganalisa target strategis (misi, visi, tujuan) dan keadaan intern dan external yang ditemui perusahaan. Seterusnya, perusahaan harus membuat keputusan strategis.

Dari pengertian dan definisi manajemen strategis di atas bisa di simpulkan jika manajemen strategis ialah satu mekanisme yang sama-sama terkait membuat satu kesatuan, sama-sama memengaruhi dan bergerak mengarah yang serupa secara serempak. Manajeman strategis mempunyai 2 elemen yang sama-sama berkaitan dan tersambung di antara keduanya tidak dapat di pisah. Elemen itu ialah:

Rencana strategis  dengan unsur-unsurnya yang terbagi dalam misi, visi, tujuan dan taktik khusus organisasi.

Rencana operasional, yang unsur-unsurnya diantaranya ialah target dan tujuan operasional, penerapan beberapa fungsi manajemen berbentuk fungsi koordinasi, fungsi penerapan dan fungsi penganggaran, kebijakan situsional, jaringan kerja intern dan external, fungsi kontrol dan penilaian dan operan balik.