Perbandingan Administrasi Negara : Tujuan, dan Sasaran Perbandingan Administrasi Negara - Adm Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbandingan Administrasi Negara : Tujuan, dan Sasaran Perbandingan Administrasi Negara

Perbandingan Administrasi Negara - Tujuan dan Sasaran Studi Perbandingan Administrasi Negara sering kali dipertanyakan,Pertanyaan yang sering muncul terkait dengan masalah ini ialah : apa tujuan dan atau manfaat yang bisa diketemukan dalam studi Perbandingan Administrasi Negara dan apa sasaran dari penerapan aktivitas Perbandingan Administrasi Negara.

Tujuan Perbandingan Administrasi Negara.

Nimrod Rapahaeli

Tujuan dari dikerjakannya perbandingan administrasi Negara, menurut Nimrod diantaranya :

1) Mendapatkan pengetahuan mengenai keunikan dari satu mekanisme administrasi yang berada di satu warga yang ada di bumi ini, dengan mengenali keunikan dari tiap-tiap administrasi karena itu dapatkah dijumpai ketidaksamaan yang cukup mencolok antara semasing mekanisme administrasi Negara.

2) Mengemukakan beberapa faktor yang dapat  mengakibatkan sistem administrasi spesifik bisa sukses secara baik dalam satu negara atau satu periode  tapi rupanya tidak berhasil waktu ditrapkan di Negara atau periode lainnya. Ini memperlihatkan ada ciri-ciri yang lain yang ada dalam satu warga hingga semasing bisa membenahi dan manfaatkan yang sesuai tingkat kesuksesannya.

3) Memperlihatkan bermacam factor yang memiliki sifat kultural, politik dan sosial atau yang yang lain bisa turut punya pengaruh pada keberhasilan dan/atau ketidakberhasilan dari satu mekanisme administrasi. Bermakna dengan lakukan studi perbandingan benar-benar bisa dijumpai bermacam factor yang turut berperanan dalam membuat semasing administrasi Negara.

4) Menerangkan kenapa sikap birokrat dan birokrasi pada bermacam negara dan budaya bisa berlainan keduanya. Ketidaksamaan semacam ini cuman bisa diketemukan bila studi perbandingan dikerjakan dalam bermacam kerlompok warga Negara.

5) Memutuskan perombakan-perubahan yang penting diintrodusir dan triknya untuk membenahi penyelenggaraan birokrasi. Keperluan-kebutuhan yang memiliki sifat ringkas pemberian servis ke warga dan lain-lain bisa diperbarui dan disempurnakan hasil dari studi perbandingan, dan yang paling akhir yang tidak kalah keutamaan yakni

6) Dengan lakukan studi perbandingan maka dapat mendapatkan pengetahuan yang konseptual bundar mengenai administrasi Negara. Dari hasil studi perbandingan bisa dipakai untuk membuat dan lengkapi analisis-kajian yang memiliki sifat canggih untuk pengetahuan administrasi negara.

Ferrel Heady 

Tujuan dari dikerjakannya perbandingan administrasi Negara, menurut Ferrel Heady  diantaranya :

1) Mendapati dan/atau merangkum teori, artimya dengan beberapa temuan baru yang didapatkan dalam studi perbandingan memungkinkannya timbulnya teori-teori baru dalam administrasi Negara.

2) Mengaplikasikan pengetahuan yang didapat untuk menangani dan mengakhiri beberapa masalah yang ditemui negara yang lagi berkembang. Apa yang didapatkan dalam analisis perbandingan bisa dipakai khususnya oleh Beberapa negara berkembang untuk mengakhiri bermacam permasalahan yang ditemuinya.

3) Memberi bantuan pada Comparative Politics, berarti dari hasil perbandingan administrasi Negara dapat dipakai dan digunakan dalam rencana peningkatan studi perbandingan politik.

4) Adalah studi yang mengundang perhatian beberapa periset hukum administrasi, dengan demikian jumlahnya persoalan dan kejadian yang berlangsung dalam warga dalam rencana penuhi keperluannya karena itu studi ini berguna untuk peningkatan hokum administrasi, dan

5) Melangsungkan riset yang dalam dengan pangkalan komparasi pada beberapa masalah administrasi negara yang ditemui di Negara maju atau khususnya pada Beberapa negara yang lagi berkembang.

Sasaran Perbandingan Administrasi Negara

Sedang berkenaan sasaran Perbandingan Administrasi Negara bisa dituruti opini dari FW Riggs yang memperjelas jika Perbandingn Administrasi Negara adalah satu studi Administrasi Negara dengan memakai dan manfaatkan pangkalan komparasi. Sasaran dari Perbandingan Administraasi Negara menurutnya ialah aktivitas yang ada dan berjalan dalam administrasi negara tersebut, atau bisa lebih persisnya ialah Mekanisme Administrasi Negara.

Selanjutnya disebutkannya jika mekanisme adalah satu keseluruhnya kebulatan yang berjalan dan memiliki sifat masih, yang terbagi dalam elemen/ hal yang memiliki jalinan sama-sama keterikatan, yang disatupadukan jadi satu kesatuan kebulatan berdasar satu azas peraturan yang semua dikerjakan untuk capai tujuan spesifik yang telah dipastikan dan disetujui awalnya.

Jika dilihat selanjutnya dan dalam karena itu bisa diketemukan beberapa karakter dari satu mekanisme diantaranya :

1) Keseluruhnya dan kebulatan yang ada berlaku dan memiliki sifat masih,

2) Ada selalu beberapa unsur yang membuat mekanisme baik yang besar, kecil, simpel atau kompleks, 

(3) Ada lingkungan yang melingkupi dan melingkari baik mekanisme yang semakin besar atau mekanisme yang lebih kecil yang membuatnya),

4) Ada jalinan sama-sama keterikatan antar elemen bermakna bilamana berlangsung suatu hal pada salah satunya elemen maka berpengaruh dan bisa dirasa oleh beberapa unsur lainnya hingga terus bakal ada penyesuaian-penyesuaian baru,

5) Ada tujuan spesifik yang akan diraih, tidak ada satu juga mekanisme yang tidak memliki tujuan sebab tujuan berikut yang arahkan gerak mekanisme.

6) Ada azas peraturan dalam mekanisme sebab terus bergerak dan berbeda karena itu dalam mekanisme harus ada kedisiplinan dan keteraturan yang bisa jamin semua rutinitas, dan

7) Menahan diri dengan masukan information, yaitu proses operan balik dalam info yang digunakan hingga ada selalu kelanjutan untuk diproses lebih jauh.

Berdasar paparan sebelumnya dapatkah diambil kesimpulan jika tujuan Perbandingan Administrasi Negara sekurang-kurangnya ada dua keperluan, yakni 

1) Untuk kebutuhan administrator khalayak atau beberapa pelaksana Negara, untuk membenahi proses penataan dan pemberian servis ke warga luas dalam bermacam-macam barang, layanan dan lain-lain sesuai keadaan dan keperluannya (dapat dikatakan sebagai Pembangunan Administrasi), dan 

2) Untuk kebutuhan peningkatan dan perkembangan pengetahuan administrasi Negara dengan makin komplet analisis dan riset yang bisa dikerjakan (yakni Administrasi Pembangunan).

Atau mungkin dengan pengucapan lain bila digabungkan di antara tujuan dan sasaran Perbandingan Administrasi Negara maka dapat dituliskan jika semua untuk penuhi dan/atau memenuhi :

1) Keperluan-kebutuhan teoritik (theory building) yang ada pada administrasi Negara dalam rencana memajukan dan meningkatkan sektor ilmunya,

2) Keperluan praktek (development administration) yang paling diperlukan oleh beberapa pegiat administasi Negara atau administrator Negara dalam mengendalikan dan mengadakan hidup bersama dalam warga untuk penuhi keperluannya, dan 

3) Keperluan agar bisa pelajari birokrasi dari negara yang lain terlilit di lingkungan budaya spesifik, hingga bisa digunakan selaku bahan referensi/pembeda dalam rencana membenahi dan memperbaiki birokrasi yang ada dalam satu warga negara.