Pulau Kelapa, Raja Ampatnya bima - Adm Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pulau Kelapa, Raja Ampatnya bima

 

Kelapa, Kabupaten Bima, Nusa Tengga Barat (NTB).
Gambar@Febby
                   
Wisata - RAJA Ampat di Papua Barat telah populer sampai ke luar negeri selaku salah satu surga wisata bahari. Tetapi, daya tarik yang sama bisa juga dijumpai di Pulau Kelapa mirip raja ampat, Kabupaten Bima, Nusa Tengga Barat (NTB).

Pulau Kelapa tupografinya disanggupi bukit hijau dengan garis pantai berliku dan berpasir putih. Laut biru kehijauan terbentang sejauh mata melihat. Di  dekat Pulau Kepala ada pulau-pulau ,karang - karang kecil.

Panorama alam ini ada di perairan Sape, Dusun Nggelu, Kecamatan Lambu, Bima. Nah, spot berikut dianggap beberapa orang serupa seperti Piaynemo di Raja Ampat yang menjadi simbol wisata sekalian favorite beberapa wisatawan lokal atau luar negeri.

Pulau Kelapa bima, raja ampatnya bimaPulau Kelapa bima, raja ampatnya bima

Pemandangan ini benar-benar asyik disaksikan di atas bukit Pulau Kelapa. Posisi ini jadi spot untuk mengambil beberapa foto.

"Jika telah di atas bukit, anginnya kuat. Rasa capek yang ada raib sebab terbayar oleh panorama alamnya yang elok, dapat mengambil beberapa foto dengan latar belakang mengagumkan. Jika cuaca ceria, persiapkan topi dan sun screen sebab di situ jarang-jarang ada pohon, jadi berasa panas," kata Hatim Isbats (21), masyarakat Bima yang pernah bertandang ke Pulau Kelapa

Pulau Kelapa masih kalah terkenal daripada Raja Ampat, begitupun tingkat lawatan wisatawannya. Untuk capai posisi ini harus memakai speadboat dan jauh dari Kota Bima. Tetapi, keadaan ini malah membuat Pulau Kelapa terbangun keasriannya.

Dari bandara atau kota Bima Perlu waktu seputar 3 jam untuk sampai Dusun Lambu. Selanjutnya seberang dengan kapal nelayan atau speedboat sepanjang 1 jam dan mendaki bukit seputar 1/2 jam," papar Hatim Isbats memvisualisasikan proses untuk sampai ke ‘Raja Ampatnya Bima'.

Pulau Kelapa bima, raja ampatnya bimaPulau Kelapa bima, raja ampatnya bima

Ada dua pilihan untuk seberang ke Pulau Kelapa. Menurut Hatim, bila memakai perahu karena itu ongkosnya tambah murah yaitu kira-kira Rp100 ribu sekali jalan pulang pergi. Tetapi, jika gunakan speedboat dapat juta-an.

Masuk Pulau Kelapa tidak diambil ongkos atau cuma-cuma. Di Pulau Kelapa, Anda dapat camping sekalian nikmati pegunungan dan lautannya yang luas.

Kecuali ke bukit Pulau Kelapa, Anda bisa juga nikmati pantai pasir putihnya dengan lautnya yang hijau tosca sekalian menyaksikan bukit kecil yang ada di seputar pulau.

Pulau Kelapa bima, raja ampatnya bima
Gambar@Ayu P
Pulau Kelapa bima, raja ampatnya bima
Gambar@Ayu P

Kondisi seputar pulau masih natural serta bebas sampah sebab masih jarang-jarang tersentuh oleh pelancong. Bila pengin liburan, janganlah lupa taati prosedur kesehatan ya.