wisata air Terjun, Air Terjun Sendang Gile - Adm Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

wisata air Terjun, Air Terjun Sendang Gile

Wisata - Air Terjun Sendang Gile adalah satu dari beberapa tempat wisata air terjun yang berada di Lombok. Pulau Lombok sendiri diketahui dengan tujuan rekreasi pulau dan pantainya yang memikat. Walau ada banyak tempat rekreasi air terjun, tapi tidak dapat dibanding dengan lain tempat di Indonesia yang mempunyai tujuan air terjun yang mengagumkan. Tetapi spesial Air Terjun Sendang Gile, Anda ditanggung senang saat bertandang sebab air terjunnya adalah salah satunya yang terhebat di Lombok.

Air Terjun Sendang Gile
Gamar@ditasafiati

Air terjun ini berada di Dusun Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Untuk dapat ke posisi, langsung bisa menarget Dusun Senaru sebab jalurnya termasuk cukuplah lancar dan aman. 

Sesampainya di situ, menanyakan pada masyarakat untuk ditujukan ke pintu masuk. Di situ ada dua jalur untuk ke air terjun, pertama lewat jalur eksplor di mana Anda akan berjalan kaki melalui beberapa medan, atau memakai anak tangga dengan ketinggian 40 meter.. 

Untuk  yang tiba dari tempat jauh, sebaiknya kota Lombok lebih dulu setelahnya ke Dusun Senaru, atau menyaksikan jalur yang memungkinkannya yang lain.

Kecuali pulau-pulau Gili, Anda bisa juga berkunjung beberapa pantai dari beberapa tempat di Lombok. Untuk air terjunnya sendiri, terdaftar Lombok mempunyai 20 rekreasi air terjun yang dapat Anda kunjungi. 

Salah hatu hal yang tarik di air terjun ini ialah debet air yang keras dan jatuh dari ketinggian 600 mtr. dari permukaan laut. Sedang kedalamannya capai 36 meterdari landasan sungai.

Daya Tarik Air Terjun Sendang Gile :

1. Riwayat Sejarah yan Menarik

Ada narasi zaman dahulu yang tersebar di kelompok warga seputar mengenai riwayat atau mitos-mitos yang ada di Air Terjun Sendang Gile. Warga di tempat mempunyai dua versus riwayat, yang pertama ialah kolam pada air terjun ini diketahui selaku tempat pelabuhan beberapa biadadari zaman dahulu saat turun ke bumi. Mereka yakin jika bidadari berkunjung bumi kapan-kapan dan turun ke air terjun itu untuk mandi.

wisata air Terjun, Air Terjun Sendang Gile air
Gambar@Ditasafiati

Air Terjun Sendang Gile
Gambar@Ditasafiati
Selanjutnya versus ke-2 ialah namanya, yakni Sendang Gile. Pada intinya, nama itu berawal dari Sengang Gile atau Singa Edan sebab konon, dahulu ada singa yang mengamuk di dusun itu. 

Saat warga menelusurinya ke rimba, masyarakat mendapati air terjun itu. Tidak itu saja panggilan untuk air terjun ini, ada pula yang mengatakan selaku Batu Ko' atau Batu Kerbau.


2. Nikmati Treking Ke lokasi

Saat Anda pengin ke air terjun itu, pertama kali, Anda harus melalui beberapa medan sepanjang 15 menit. Dimulai dari lewat aliran irigasi, melalui sawah, dan rimba. Hal yang memikat pada pengalaman ini ialah dapat rasakan keelokan alam seputar Sendang Gile. Panorama yang disuguhi benar-benar cantik sepanjang 15 menit lama waktunya. 

Tetapi itu bila Anda senang jalan-jalan, untuk Anda yang tidak mempunyai kemauan treking dan pengin langsung sampai ke posisi, dapat memakai anak tangga dengan tinggi capai 40 mtr.. Saat sampai ke ujung, Anda dapat menyaksikan Air Terjun Sendang Gile dengan pemikiran yang baik.

wisata air Terjun, Air Terjun Sendang GileAir Terjun Sendang Gile

3. Mempunyai Udara yang Sejuk

Ke rekreasi air benar-benar sangat nikmat, apa lagi perginya saat cuaca sedang panas. Kesejukan itu memang tidak jadi hal yang sangat jarang kembali saat mengulas air terjun di tengah-tengah rimba, tetapi kesejukan udara yang diberi di Air Terjun Sendang Gile dapat disebutkan paling oke di tempat Lombok. 

Hal itu sebab rimbunnya pohon hijau di situ hingga hasilkan oksigen yang beri kesegaran paru-paru. Tidak itu saja, lebatnya dedaunan pohon membuat posisi seputar mempunyai banyak tempat berlindung untuk istirahat.

4. Mempunyai Panorama yang Cantik

Sudah pasti tidak komplet rasa-rasanya bila mempunyai udara yang fresh, tetapi panorama tidak menganakemaskan mata. Hal tersebut tidak berlangsung saat Anda berkunjung Air Terjun Sendang Gile sebab di situ panorama yang disuguhi benar-benar cantik. 

Bahkan juga saat ada di gerbang khusus pendakian, Anda bisa menyaksikan panorama seputar yang mengagumkan. Air Terjun Sendang Gile dapat disebutkan jadi salah satunya tujuan rekreasi yang berada di teritori Gunung Rinjani, dan di situ tempat ini bukanlah salah satu tujuan air terjun yang dapat ditemui. Tetapi Air Terjun Sendang Gile benar-benar worth it untuk memijakkan kaki di situ.

Sarana Terjun Sendang Gile :

Untuk sarana yang disiapkan tidak banyak. Cari warung atau rumah makan atau tempat beli minuman tidak ditemui di teritori seputar. Anda dapat mendapati beberapa warung kecil yang berada di dekat pintu masuk teritori Gunung Rinjani. Di situ, Anda dapat beli apa saja yang Anda perlukan seperti makanan dan minuman enteng selanjutnya mengonsumsinya di posisi.

Sedang untuk sarana pondokan termasuk masih minim. Bila Anda merencanakan untuk bermalam, Anda dapat memeriksa beberapa hotel atau pondokan paling dekat yang berada di jalan masuk teritori Gunung Rinjani. 

Ada di Sendang Gile benar-benar tidak dihidangkan sarana yang diperlukan, tetapi jarak dari permukiman atau jalan masuk khusus tidak begitu jauh hingga beberapa pengunjung tak perlu cemas mengenai sarananya. Apalagi, nuansa alami terasa sangat saat ada di air terjun itu.

Jam buka dan Harga Ticket wisata Air Terjun Sendang Gile :

Anda dapat berkunjung air terjun itu selama seharian. Dianjurkan untuk pergi start pukul 9 pagi sampai jam 3 sore, ingat saat-saat itu mempunyai cuaca yang baik. Supaya bisa masuk ke tempat, Anda diwajibkan bayar ticket sejumlah Rp 10 rb per orangnya. 

Di situ ada beberapa pondokan simpel, dan mempunyai layanan servis untuk beberapa pendaki yang termasuk cukuplah mencukupi. Rutinitas mendaki benar-benar terkenal di teritori Gunung Rinjani.