Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menulis Artikel Dan Jenis - Jenis Artikel

Cara Menulis Artikel Dan Jenis - Jenis Artikel
Blog - Akhir-akhir ini, warga pasti sudah dekat dengan tulisan atau pembahasan yang bersebaran di beberapa medium atau sosial media. Bahkan juga tulisan yang kebenarannya tidak sesuai bukti juga banyak yang tertarik membaca dan turut menebarkannya.

Tulisan-tulisan itu kemungkinan dapat disebutkan dengan artikel. Artikel sendiri ialah karangan pendek, sekitar di antara 300 sampai 1.000 kata, yang mengulas topik spesifik yang diperuntukkan untuk sampaikan pemikiran pada satu kenyataan, baik berbentuk bukti, ide atau opini spesifik.

Untuk beberapa orang menulis artikel itu gampang. Dia tinggal tuangkan apa isi kepalanya dalam satu tulisan dan jadilah artikel. Tetapi, tidak dapat disangkal beberapa lainnya merasa susah membuat artikel. Tentang hal dapat, tetapi tidak memikat, berbelit-belit dan tidak kaya informasi.

Nah,menurut Anda mengapa satu artikel hoax itu terus memikat? Walau informasi bohong kenapa orang ramai-ramai membacanya dan bagikannya? Faktanya ialah sebab pembuat hoax tahu apakah yang sedang disukai warga, apa yang lagi dibicarakan dan dibenci.

Contoh: Warga sedang repot dengan kabut asap, karena itu muncul artikel hoax datangkan hujan bikinan dengan menjemur air garam.

Nah, bila Anda mau menulis artikel yang memikat, tulislah suatu hal yang kurang lebih akan berguna untuk warga, atau mengenai peristiwa yang lagi dibahas warga.

Cara Menulis Artikel

Untuk pemula, sebaiknya baca dahulu beberapa langkah cara menulis artikel yang kemungkinan dapat menolong Anda di bawah ini.

1. Tetapkan Topik

Topik tulisan Anda harus detil. Makin detil makin memancing ketertarikan baca.

Tentukan Arah tulisan. Umumnya artikel, apa lagi dalam artikel tipe deskripsi dan cerita, tidak mengatakan arah tulisan secara tertulis, tetapi tersurat.

2. Rumuskan inspirasi dasar atau permasalahan

Nah, ini dapat memakai outline atau kerangka inspirasi dasar per paragrafnya. Jadi misalkan Anda pengin menjelaskan permasalahan di paragraf pertama, contoh permasalahan di paragraf ke-2 , pemicu di paragraf ke-3 , imbas di paragraf empat dan jalan keluar di paragraf lima.

3. Bikinlah Ringkasan

cara menulis artikel yang selanjutnya yaitu saat Menulis artikel buatlah Ringkasan membuatnya gampang. Anda dapat membuat secara baik jika nalar atau jalur artikel anda betul.

Hal yang penting diingat dalam nebulis artikel ialah:

1. Elemen 5W+1H 

- What: Apa masalahnya

- Where : Di mana tempatnya

- When : Kapan

- Who : Siapakah yang menceritakan, atau bercerita mengenai siapa

- Why : Mengapa masalah berlangsung

- How : Bagaimana masalah itu dapat berlangsung, atau bagaimana masalah itu dituntaskan.

2. Sesuai Bukti

Artikel benar-benar terdiri dari 2 yaitu Fiksi dan Nonfiksi. Dalam artikel yang bukan fiksi Anda pasti harus membuat yang sama bukti. Bagaimanakah cara mengenali itu bukti ataulah bukan, silahkan kerjakan check dan ricek dari bermacam sumber sampai dapatkah artikel yang cover both side.

Nah, keutamaan menyampaikan hal sesuai bukti ialah sebab sekarang ini undang-undang kita ketat sekali mengenai UU ITE yang akan memenjarakan orang yang menulis informasi bohong atau hoax.

3. Tidak boleh Menyentuh Individual atau Barisan

Cara menulis artikel yang ketiga yaitu jangan menyentuh orabg secara individual. Seluruh orang bebas menulis, menulis apa yang dia kehendaki. Tetapi tulislah yang berguna, tidak cuma buah berpikir yang didalamnya menyudutkan seorang atau barisan spesifik. Kecuali akan mengakibatkan perseteruan, Anda pun mempunyai potensi menyalahi hukum dan bertemu dengan faksi berwajib.

Jenis Artikel

1. Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi ialah karangan yang mempunyai tujuan untuk menulis kisah satu bukti hingga pembaca bisa memikirkannya dalam pikiran. Saya lebih senang menyebutnya selaku artikel gambar. Karena 100 % artikel ini berisi kisah kondisi, peristiwa, kejadian.

2. Artikel prediktif

Artikel perdiktif ialah satu artikel yang menyampaikan mengenai permasalahan pada jaman saat ini dan meramalkan peristiwa yang akan datang. Dalam artikel ini penulis akan mengutarakan fenomena-fenomena yang berlangsung di masa kini dan memberikan perkiraan peristiwa di hari esok. Peristiwa di hari esok adalah akibatnya karena peristiwa saat ini.

3. Artikel preskriptif

Sesuai namanya, artikel preskriptif ialah satu artikel mengenai ulasan satu permasalahan yang berlangsung atau pernyataan info ke beberapa pembaca. Artikel ini dibikin untuk memberi info ke pembaca mengenai hal yang belum tahu pembaca hingga dia akan paham dan mengerti. Artikel ini tidak dibikin untuk menjelaskan satu permasalahan selengkapnya.

4. Artikel eksplanatif

Artikel eksplanatif (keterangan) ialah satu artikel yang membahas, menjelaskan atau menguraikan mengenai satu permasalahan yang ada. Penjelasan yang dikerjakan tidak cuman pada umumnya, tetapi penjelasan diuraikan secara jelas, terang dan detil. Isi dari artikel semakin besar tampilkan opini atau pemikiran sang penulis berkenaan tema yang sudah diputuskan.

5. Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah adalah tipe artikel yang masuk di dalam tipe artikel preskriptif sebab ini artikel yang menerangkan tema selengkapnya. Artikel ilmiah biasa diedarkan dalam suatu jurnal ilmiah yang tersusun secara struktural, sama bukti, dan logis atau logis. Beberapa ciri artikel ilmiah, yakni:

a. Memiliki sumber yang dipercayai

b. Penulis ialah sisi dari artikel

c. Mempunyai sintesa mengenai penemuan seputar tema yang diputuskan.

6 Artikel Pengajaran

Seperti namanya, artikel pengajaran adalah satu artikel yang mengulas mengenai beberapa hal berkaitan pengajaran seperti dampak dari pengajaran. Artikel pengajaran mempunyai beberapa ciri salah satunya bahasa didalamnya gampang dimengerti, didalamnya memberi panutan dan mengulas mengenai edukasi. Artikel pengajaran masuk di dalam artikel eksplanatif dan preskriptif sama tema yang sudah diputuskan si penulis.

7 Artikel Persuasi

Artikel tipe ini populer dengan arikel motivasi. Karena penulisannya memiliki sifat merayu alias persuasif. Dampaknya bisa gerakkan pembaca untuk lakukan atau mengikut suatu hal dan kebalikannya tinggalkan suatu hal.sebuah hal. 

Artikel ini umumnya sering dipakai oleh pelaku bisnis, konselor, agamawan, psikiater, terapi, pengambil peraturan dan siapa yang pengin membawa publik untuk ingin, ikhlas, semangat, semangat mengaminkan dan tidak menampik apa yang mereka pasarkan.

Begitu pembahasan berkenaan cara menulis artikel, beberapa jenisnya sampai misalnya. Mudah-mudahan berguna

Post a comment for "Cara Menulis Artikel Dan Jenis - Jenis Artikel"