Danau Weekuri Laguna Tersembunyi di Sumba - Administrasi Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Danau Weekuri Laguna Tersembunyi di Sumba

Laguna Tersembunyi Danau Weekuri Sumba

Sumba - Terletak Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Propinsi Nusa Tenggara Timur indonesia , Danau Weekuri semakin ramai didatangi oleh beberapa pelancong akhir-akhir ini. Danau Weekuri yang warna hijau kebiru-biruan ini adalah danau yang sangat unik bila dibanding dengan danau-danau biasanya di Indonesia sebab kandung air danau weekuri yang asin dan payau.

Mengapa air danau inin asin ? Sebab sesungguhnya danau weekuri ini ialah sebuah laguna yang tercipta dari air lautan terlepas yang ada di range danau weekuri . Air itu masuk dari celah-celah batu-batuan yang ada di rangkaian karang sekitar danau weekuri sumba Nusa Tenggara Timur Indonesia ini.

Kecuali karakter air payau yang dibawa dari laut, antiknya kembali di danau ini ada banyak titik sumber mata air yang membuat gradasi warna air di danau ini bervariatif, 

Laguna Tersembunyi

Laguna Tersembunyi

Danau Weekuri Sumba Indonesia ini mempunyai air yang sangat jernih dengan kedalaman air yang tidak cukup dalam, hingga benar-benar pas dipakai oleh pengunjung sekedar untuk bermain air dan berenang.

Mengintip dibalik pohon-pohon  yang  rimbun dan semak belukar dan jauh dari keramaian kota, situasi di seputar danau weekuri berasa masih asri. Akses untuk melihat Jernihnya  Danau Weekuri Sumba Indonesia

Untuk ongkos rental mobil Menuju danau weekuri Sumba Indonesia ini sekitar dimulai dari 500.000-600.000 rupiah telah berserta dengan drivernya dan untuk ongkos sewa motor yakni seputar 100.000-150.000 rupiah setiap harinya untuk mrelihat Kejernihan danau weekur

Laguna Tersembunyi

Laguna Tersembunyi

Laguna Tersembunyi

Memiliki jarak seputar 60 km dari Tambolaka yang disebut ibu-kota Kabupaten Sumba Barat Daya Indonesia, akses untuk ke danau weekuri sumba indonesia  ini masih termasuk cukuplah susah sebab belum adanya angkutan umum dan posisinya yang ada jauh dari perkotaan. 

Tidak ada satu juga panduan jalan ke arah danau weekuri ini  hingga pengunjung harus sering-sering menanyakan dengan warga di tempat lokasi  danau weekuri ini. Keadaan jalan ke arah posisi danau bervariatif, beberapa titik telah beraspal lembut tetapi ada beberapa titik yang berbatu dan masih pada proses perkerasan tanah. 

Laguna Tersembunyi

Danau Weekuri Laguna Tersembunyi di Sumba

Danau Weekuri Laguna Tersembunyi di Sumba

Danau Weekuri Laguna Tersembunyi di Sumba

Di tengah-tengah perjalanan ke arah Weekuri, di kiri jalan Anda akan menyaksikan sebuah resor punya masyarakat negara Perancis yang mengeola Pantai Mandorak, salah satunya pantai di daerah Kodi. Tidak jauh dari sana, Anda akan masuk teritori Danau Weekuri yang diikuti adanya pos penjaga. 

Ada banyak warga lokal di tempat yang jaga pos itu dan pengunjung perlu bayar ticket masuk sesukarelanya untuk nikmati danau cantik ini. Seterusnya dari pos menjaga itu, pengunjung harus berjalan seputar 20 mtr. untuk ke arah posisi danau.

Danau Weekuri Laguna Tersembunyi di Sumba

Danau Weekuri Laguna Tersembunyi di Sumba

Kecuali bisa nikmati keelokan Danau Weekuri dengan bermain air atau berenang, pengunjung dapat nikmati dan menelusuri keelokannya dari ketinggian. Perlu berjalan kaki telusuri jalan setapak menuju barat mengikut bunyi gemuruh ombak, pengunjung bisa naiki bukit karang yang menjuru ke lautan terlepas. 

Saat melalui batu-batuan karang ini, pengunjung harus tambahan waspada sebab batu-batuan karang ini benar-benar lancip dan tajam. Di atas pucuk bukit karang ini, pengunjung akan rasakan kesan berlainan. 

Semakin lebih cantik bila nikmati pemandangan keelokan Danau Weekuri di atas bukit karang ini. Lautan biru dengan ombaknya yang menghajar rangkaian karang yang melingkari danau ini akan membuat pengunjung berdecak takjub. Danau Weekuri juga seperti terlihat kolam biru jika disaksikan dari ketinggian.

Saat yang pas untuk berkunjung Danau Weekuri ialah jam 4 sore hari. Di sore hari matahari mulai cenderung ke barat hingga langitnya yang biru akan memantulkan sinar ke danau, disamping itu pengunjung bisa melihat matahari tenggelam di atas pucuk bukit karang ini.

Tidak ada sarana pendukung apapapun di teritori danau seperti warung makan, toilet atau bahkan juga pondokan. Seharusnya pengunjung dengan bekal minuman dan makanan enteng awalnya, hingga bisa dikonsumsi sekalian nikmati keelokan Danau Weekuri  Sumba Indonesia ini