Destinasi Wisata Di Bima yang Bisa Kamu Nikmati - Administrasi Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Destinasi Wisata Di Bima yang Bisa Kamu Nikmati

Destinasi Wisata Di Bima yang Bisa Kamu Nikmati
Gambar Pulau Kelapa Bima Nusa Tenggara Barat Yang Mirip Raja Ampat

Wisata - Nusa Tenggara Barat  ( NTB ) menjadi satu diantara propinsi di Indonesia yang menyimpan potensi wisata yang besar sekali. Keanekaragaman budaya dan keelokan alamnya yang menarik beberapa pelancong untuk berkunjung kembali.

Salah satu wilayah tujuan wisata yang difavoritkan ialah Bima. Kabupaten yang ada di Pulau Sumbawa dibagian timur ini selalu meningkatkan bermacam destinasi wisata favorit.

Bukan hanya destinasi wisata alam, daya tarik destinasi wisata budaya juga tidak kalah menarik beberapa pelancong. Ini tidak terlepas dari background Kota Bima yang pada zaman dulu adalah pusat dari Kesultanan Bima. Bila Anda ingin berkunjung, berikut beberapa referensi destinasi terhebat untuk Anda.

Berikut  Destinasi Wisata di Bima yang Bisa Kamu Nikmati

1. Pantai Lawata 

Lawata
Destinasi Wisata Pantai Lawata Kota Bima 
Pantai Lawata  adalah salah satu pantai yang berada di kota Bima yang terletak di kelurahan Sambinae yakni seputar 5 km dari perpusatan kota Bima. Pantai ini menghadap langsung ke Teluk Bima dan dari terlalu jauh nampak pegunungan atau daratan tinggi Donggo. Terletak yang ada di tepi jalan pintu masuk Kota Bima membuat pantai yang ini gampang untuk didatangi.

Pantai ini adalah pantai yang legendaris di wilayah Bima sebab menjadi tempat wisata semenjak tahun 1961 yaitu semenjak jaman Ncuhi. Asal nama Lawata diambil dari kata "Lawang Ita" yang disebut percampuran bahasa Jawa dan Bima. 

2. Pantai Lariti

Hutan Mangrove Lariti

Bima tidak habis tawarkan bermacam destinasi wisata pantai. Kali ini ialah Pantai Lariti. Pantai ini bukan hanya tawarkan keelokan alam ciri khas pesisir tetapi kekhasan lain.

Posisi Pantai Lariti berada di desa  Soro Kecamatan . Lambu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat

Pantai ini mempunyai kekhasan sebab bisa terbelah pada malam hari. Ini berlangsung saat lautan kering dan ada gundukan pasir yang memisah laut. Di atas gundukan pasir ini Anda dapat menyaksikan panorama yang mengagumkan.

3. Pantai Pink

Destinasi Wisata Di Bima yang Bisa Kamu Nikmati

Posisi Destinasi Wisata Pantai Pink berada di desa Nggelu, Kecamatan Lambu, Kab. Bima Nusa Tenggara Barat

Tidak jauh dari Pulau Kelapa, Anda bisa juga nikmati destinasi wisata menarik yang lain di Bima, yakni destinasi wisata Pantai Pink. Sama seperti namanya, pantai ini mempunyai kekhasan berbentuk pasir pantainya yang berwarna pink.

Bukan hanya warna pasir pantainya saja,Destinasi wisata  Pantai Pink ini juga mempunyai air laut yang jernih. Untuk bisa mencapai pantai ini aksesnya sedikit susah. Anda harus naik bus dahulu dari Kota Bima, kemudian naik perahu sampai ke Pantai Pink.

4. Pulau Kelapa

Pulau Kelapa

Destinasi wisata yang bisa Anda datangi waktu ada di Bima nusa tenggara barat  ialah Pulau Kelapa. Di sini Anda dapat nikmati esksotisme pantai sama air laut yang jernih dan pasir halus mengelilingi pulau. Walau untuk mengaksesnya cukup susah, Anda tidak menyesal berkunjung pantai ini.

Bila ingin nikmati keindahan pantai Pulau Kelapa dengan berlainan, Anda dapat lakukan tracking ke atas bukit di pantai ini dan cicipi cantiknya panorama sunset. Lautnya yang jernih bisa juga Anda cicipi dari bawah laut dengan lakukan snorkeling.

Destinasi Wisata Pulau Kelapa berada di Dessa Nggelu Kecamatan Labu Nusa Tenggara Barat 

5. Pantai Woro

Destinasi Wisata Di Bima yang Bisa Kamu Nikmati

Pantai Woro merupakan sebuah tempat pariwisata yang berada dibagian selatan kabupaten bima, yaitu Desa Woro kecamatan Monta yang terletak  di sebelah barat pantai Wane.

Bukan hanya wisatawan lokal saja yang datang ke Pantai ini tapi juga Turis - turis Manca Negara. Ombaknya yang besar dan lautnya yang biru menjadi daya tarik kenapa pantai ini diminati para turis.

6. Pantai Lakey

Destinasi Wisata Di Bima yang Bisa Kamu Nikmati

Bukan hanya Bali yang tawarkan destinasi wisata pantai dengan ombak besar yang pas untuk olahraga selancar. Tapi di Bima Nusa Tenggara Barat juga ada pantai untuk berselancar Di pantai Lakey ini bukan hanya tawarkan ombak yang besar tetapi unik. Berlainan dengan ombak di pantai lain, ombak di sini malah berjalan menuju kiri.

Sebab keunikannya inilah banyak pelancong luar negeri yang secara eksklusif datang untuk menunjukkan kepiawaiannya. Bahkan juga bila tiba di saat yang pas, di wisata pantai ini juga diadakan pertandingan selancar.

Posisi: Jl. Lakey, Jambu, Kec. Pajo, Kab. Dompu Nusa Tenggara Barat

7. Pantai Kalaki

Destinasi Wisata Di Bima yang Bisa Kamu Nikmati

Posisi  Pantai Kalaki : Panda, Kec. Palibelo, Kab. Bima Nusa Tenggara Barat

Masih di Kabupaten Bima, Destinasi wisata  Kali  ini lumayan gampang dijangkau sebab akan dilalui saat Anda akan ke arah Kota Bima dari lapangan terbang. Walau demikian pantai ini tawarkan daya tarik yang tidak kalah mengagumkan.

Ombaknya cukup tenang dengan karakter pasir pantai putih membuat destinasi wisata  ini dapat jadi opsi untuk jalan-jalan nikmati panorama Kota Bima. Beberapa pojok pantai dibikin instagramable.

8. Bukit Matompo


Apakah Klian Ingin  nikmati panorama elok Kota Bima dari ketinggian ? Bukit Matompo ini ialah opsi terhebat. Destinasi ini umumnya banyak diputuskan anak muda untuk nikmati panorama berlainan Kota Bima.

Dari ketinggian 100 mtr., Anda akan dimanjakan dengan  bermacam panorama mengagumkan. Dimulai dari birunya lautan, hijaunya padang rumput, sampai Gunung Tambora yang membubung dari kejauhan. Daya tarik  destinasi wisata ini pas untuk jadi tempat refreshing 

Posisi: Mbuju, Kec. Kilo, Kab. Dompu

9. Pantai Wane

Pantai Wane

Jemu dengan panorama pantai yang umum ? Coba tiba ke Pantai Wane. Destinasi ini jadi destinasi favorite pelancong lokal atau luar negeri.

Di tempat wisata ini Anda bukan hanya dapat nikmati panorama elok pantai, tetapi  juga bisa menyaksikan kawanan lumba-lumba berenang dan bermain di tengah-tengah laut. Untuk nikmati pertunjukan wisata ini Anda harus sewa perahu nelayan dan melaut ke tengah laut di jam-jam tertentu

Pantai Wane terletak di desa Tolotangga, Kecamatan  Monta, Kabupaten  Bima Nusa Tenggara Barat

10. Pantai Rontu

Destinasi Wisata Di Bima yang Bisa Kamu Nikmati

Pantai Rontu berada di Jl. Pantai Rontu, Tangga Baru, Kec. Monta, Kab. Bima. 

Masih banyak kembali destinasi wisata pantai di Bima yang perlu Anda kunjungi. Diantaranya yang tidak boleh terlewati ialah Pantai Rontu. Pantai ini tawarkan daya tarik panorama yang mengagumkan.

Pantai berpasir putih sebagai pemisah dataran dan lautan dengan warna biru jernih pasti jadi daya tarik intinya. Yang membuat lebih menarik ialah jejeran tebing bukit-bukit yang melingkari pantai, membuatnya kelihatan tersembunyi.

11. Pantai Lere / Tanawu 

Pantai Lere / Tanawu Parado

Pantai yang berada di Dusun Lere Kecamatan Parado ini akan membuaat mata pengunjung terbinar - binar Bagaimana tidak, laut dan langit yang biru Deburan ombaknya yang  besar, menghajar tiap yang berada di pesisir.

Ditambahkan lagi ada sebuah karang yang membubung di tengah-tengah laut, seakan melengkapi keelokan alam dalam di Pantai Lere ini 

12. Pantai Wadu Baba

Destinasi Wisata Di Bima yang Bisa Kamu Nikmati

Pantai Wadu Baba ini tawarkan keelokan yang tidak kalah dari pantai lain di Bima. Pasir putih dan lembut ditambahkan air laut jernihnya membuat siapa tentu kerasan lama-lama di sini.

Ditambahkan jejeran bukit-bukit di sekitar pantai membuat keelokannya makin tidak dapat ditampik. Pantai ini termasuk masih sepi pengunjung, jadi pas untuk Anda yang pengin santai seperti ada di pulau individu.

Posisi: Sambane, Rupe, Kec. Langgudu, Kab. Bima Nusa Tenggara Barat

13. Pantai Labangka

Destinasi Wisata Di Bima yang Bisa Kamu Nikmati

Pantai Labangka terletak d desa Senang Mulya, Kecamatan  Labangka Nusa Tenggara Barat

Labangka ini sesungguhnya ialah nama kecamatan yang ada di timur Kabupaten Sumbawa. Di tempat ini ada beberapa pantai yang terletak bersisihan. Salah satunya yang populer ialah Pantai Leppu.

Pantai ini mempunyai garis pantai yang cukup agak miring hingga aman untuk bermain. Ditambahkan lagi daya magnet unik berbentuk warna pasirnya yang dapat berbeda. Berikut yang membuat pantai yang sepi ini banyak mulai disukai oleh pelancong.

14. Bukit Pundu Nence

Destinasi Wisata Di Bima yang Bisa Kamu Nikmati

Berada pada ketinggian membuat destinasi ini benar-benar pas untuk Anda yang pengin nikmati keelokan sunset di Bima. Di atas bukit Anda dapat nikmati saat matahari mulai ada di ufuk timur, sekalian mendapatkan object photografi yang mengagumkan.

Udara di atas bukit benar-benar fresh, hingga menjadi pilihan opsi refreshing terhebat. Di atas bukit Anda bisa juga nikmati wisata riwayat, sebab banyak tersisa meriam sisa perang pada periode Kerajaan Bima.

Posisi: Ntoke, Kec. Wera, Kab. Bima. Nusa Tenggara Barat

14. Gunung Tambora

Destinasi Wisata Di Bima yang Bisa Kamu Nikmati

Secara administratif Gunung Tambora termasuk pada wilayah Kawinda Toi, Kecamatan . Tambora, Kab. Bima Nusa Tenggara Barat

Bukan hanya destinasi wisata pantai, Bima juga  mempunyai destinasi wisata pegunungan yang tidak boleh dilewati waktu bertandang ke Nusa Tenggara Barat. Destinasi itu ialah Gunung Tambora.

Mendaki Gunung Tambora menjadi rujukan seterusnya untuk Anda yang menyukai hiking. Bahkan juga bila mujur, Anda bisa juga nikmati festival Tambora. Pada festival ini Anda dapat nikmati kekayaan budaya dan seni Nusa Tenggara Barat.

15. Pantai Tanjung Meriam

Destinasi Wisata Di Bima yang Bisa Kamu Nikmati

Pantai Tanjung Meriam berada di desa  Meriam, Kec. Sape, Kab. Bim Nusa Tenggara Barat

Bila umumnya tiba ke destinasi wisata pantai selalu nikmati keelokan pantai dan air laut yang jernih, di pantai ini Anda dapat nikmati hal berlainan. Kecuali keelokan alam, Anda bisa juga sekalian menyaksikan warisan riwayat Kota Bima di sini.

Diberi nama Tanjung Meriam karena di sejauh pantai ini ada beberapa meriam. Meriam-meriam tersisa warisan riwayat ini jadi daya magnet yang membuat beberapa pelancong bertandang ke pantai ini.

16. Pulau Ular

Destinasi Wisata Di Bima yang Bisa Kamu Nikmati

Dengar namanya kemungkinan telah membuat Anda takut. Tetapi, banyak juga pelancong yang jauh tiba ke Bima untuk menyaksikan sendiri pulau yang dipenuhi dengan reptil melata ini.

Seperti namanya, pulau ini tidak ditempati oleh manusia tetapi beberapa ribu spesies ular berbisa. Menariknya walau berbisa, beberapa pengunjung yang berminat untuk tiba. Ketentuannya, saat bertandang Anda harus bersama masyarakat lokal.

Letak : Jl. Payi Sape, RT. 07 / RW. 03, Wera, 

17. Pulau Sangeang

Destinasi Wisata Di Bima yang Bisa Kamu Nikmati

Pulau Sangeang berada di  Sangiang, Kec. Wera, Kab. Bima Nusa Tenggara Barat

Kecuali Gunung Tambora, Anda fans hiking atau mendaki gunung, seharusnya coba destinasi satu ini. Dalam Pulau Sangeang ini ada dua pucuk gunung yang termasuk aktif dan tentunya melawan untuk didaki.

Pulau ini tidak memiliki penghuni sebab status gunung yang aktif. Tetapi tidak sedang aktif, gunung di Pulau Sangeang ini mempunyai track pendakian yang paling mengetes adrenalin.

18. Museum Asi Mbojo

Destinasi Wisata Di Bima yang Bisa Kamu Nikmati

Tidak cuman dapat nikmati keelokan alam, saat berkunjung  ke Bima Anda bisa juga pelajari sejarah. Diantaranya dengan berkunjung ke Museum Asi Mbojo.

Di museum ini Anda dapat belajar riwayat Kesultanan Bima lewat bermacam warisan yang ada dalam dalamnya. Design arsitektur bangunan yang unik jadi daya magnet tertentu.Museum Asi Mbojo berada di kampung Dara, Kec. Rasanae Barat, kota  Bima Nussa Tenggara Barat 

19. Cagar Budaya Uma Lengge

Destinasi Wisata Di Bima yang Bisa Kamu Nikmati

Propinsi Nusa Tenggara Barat populer dengan keanekaragaman budayanya. Anda dapat menyaksikannya lewat salah satunya cagar budaya di Kota Bima, yakni Cagar Budaya Uma Lengge. Cagar budaya ini sebuah kompleks rumah tradisi Uma Lengge, yang disebut rumah tradisi suku di tempat.

Kekhasan rumah tradisi ini jadi salah satunya daya tarik wisatanya. Disamping itu, saat bertandang, pelancong jugan harus kenakan pakaian tradisi. Kecuali menyaksikan rumah tradisi, Anda juga dapat nikmati bagaimanakah cara hidup masyarakat lokal dengan ikut serta berkebun.

Cagar Budaya Uma Lengge Sambori, Kec. Lambitu, Kab. Bima Nusa Tenggara Barat 

20. Air Terjun Bombo Roi


Kota Bima mempunyai bintang wisata baru yang tidak kalah mengagumkan dari jejeran pantainya. Destinasi itu ialah air terjun Bombo Roi. Aksesnya gampang dengan daya magnet panorama mengagumkan membuat air terjun ini semakin ramai didatangi pelancong.

Anda dapat nikmati air terjun yang turun dari ketinggian ke dalam kolam air yang jernih di bawahnya. Panorama alam disekelilingnya yang serba hijau akan menganakemaskan mata Anda.

Air Terjun Bombo Roi terletak di desa  Roi, Kecamatan  Palibelo Kabupaten  Bima Nussa Tenggara Barat

21. Gua Ringi Ncanga


Opsi destinasi wisata yang lain yang dapat Anda cicipi di Bima Nusa Tebggara Barat ialah  gua  Ringi |Ncanga. Letak geografis Kabupaten Bima yang disebut teritori karst membuat Bima mempunyai banyak gua.

Salah satunya gua yang dapat Anda kunjungi  ialah Gua Ringi Ncanga ini. Saat telusuri gua ini Anda dapat nikmati panorama mengagumkan dalam gua yang tidak berhenti membuat Anda berdecak takjub.

Gua Ringi Ncanga berada dio desa  Oi Foo, Kec. Rasanae Timur, Kab. Bima Nussa Tenggara Barat 

22. Pulau Kambing

Destinasi Wisata Di Bima yang Bisa Kamu Nikmati

Destinasi paling akhir yang perlu Anda datangi di Kabupaten Bima ialah Pulau Kambing. Destinasi ini jadi destinasi yang lagi ditingkatkan dan tawarkan bermacam aktivitas menarik didalamnya. Sudah pasti dengan panorama alam pantai yang selalu mengagumkan.

Di pulau ini Anda dapat lakukan bermacam rutinitas membahagiakan. Anda dapat bermain sky diving, volley pantai, ski air sampai snorkeling. Tidak perlu cemas sebab seluruh peralatannya telah disiapkan.

Posisi: Pulau Kambing, Bajo, Kec. Soromandi, Kab.Bima Nusa Tenggara Barat

Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat adalah salah satunya wilayah yang tetap ditingkatkan dari sisi pariwisatanya. Daftar tempat wisata di Bima yang telah diterangkan di atas menjadi rujukan dan referensi terhebat waktu Anda bertandang ke Nusa Tenggara Barat, terutamanya Bima.