Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebun Raya Bogor Ternyata ada di Singapura

Kebun Raya Bogor Ternyata ada di   Singapura

Saya termasuk penyuka tempat2 yang berbau bau alam seperti pegunungan, hutan, pantai. Tapi paling suka hutan apalagi hutan yang bergunung gunung .. ) Jika kebetulan ke Singapura, disana ada Singapore Botanic Gardens. 

Kebun ini dikelola oleh pemerintah. Dan enaknya kalau kesini itu gratis tis masuknya. Kebetulan waktu ada acara ke Singapura dan datang sendiri karena teman teman baru datang sore harinya, maka tidak buang buang waktu lagi langsung ditarget menuju kesana toh lagian check in hotel kan baru bisa siang..

Kebun Raya Bogor Ternyata ada di   Singapura

Untuk menuju ke Singapore Botanic Gardens ini sangatlah mudah, kalau dulu MRT Circle Line yang line berwarna orange belum beroperasi, harus nyambung pakai bus, tapi karena sekarang sudah ada MRT Circle Line, jadinya langsung bisa turun di Botanic Garden Station, keluar langsung di depan gerbang Botanic Gardens, langsung masuk deh..

Dibandingkan Kebun Raya Bogor yang luasnya mencapai 87 hektar, Singapore Botanic Gardens ini sedikit lebih kecil dengan luas 64 hektar, tapi cukup membuat ngos ngosan sampe kaki pegel pegel untuk mengitari keseluruhan komplek. 

Kebun Raya Bogor Ternyata ada di   Singapura

Dengan kontur yang naik turun, kesan pertama kebun ini sangat lah bersih dan terawat, udaranya segar dan bersih jauh dari bising, yah ini standard lah buat di singapore. Meskipun di Indonesia Kebun Raya Bogor berbeda standard tapi nggak kalah bagusnya juga.

Di beberapa spot kebun ini banyak tempat tersedia kursi dihalaman luar ataupun ada rumah rumahan buat duduk bagi yang ingin istirahat, membaca buku, atau sekedar menikmati segarnya udara.

Yang paling mengasyikkan buat saya adalah adanya hujan hutan basahnya, tempat ini memang gelap bahkan pada sore hari atau malam pun tidak ada penerangan karena memang sengaja agar makhluk hidup di dalam lingkungan ini benar2 tidak terganggu, makanya dilarang masuk hutan ini pada waktu mendung berat atau malam hari, biar nggak nyasar kali...