Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komunikasi Efektif : Unsur, Tujuan, Fungsi, dan Hambatanya

Komunikasi Efektif : Unsur, Tujuan, Fungsi, dan Hambatanya
Komunikasi - Komunikasi efektif yakni komunikasi yang sanggup hasilkan perombakan sikap (attitude change) ke orang yang lain dapat nampak pada proses komunikasi.

Pemahaman Komunikasi 

Komunikasi ialah satu proses pengutaraan info (pesan, gagasan, ide) dari 1 faksi pada pihak lain. Biasanya, komunikasi dilaksanakan secara lisan atau verbal yang bisa dipahami oleh kedua pihak. jika tidak ada bahasa verbal yang bisa dipahami oleh ke-2 nya, 

komunikasi masih bisa dilaksanakan dengan memakai gerak-gerik tubuh, memperlihatkan sikap tertentu, misalkan tersenyum, menggelengkan kepala, mengusung pundak. Langkah semacam ini disebutkan komunikasi nonverbal.

Factor yang memengaruhi komunikasi

Factor yang memengaruhi komunikasi salah satunya :

Latar belakang budaya

Interpretasi adalah salah satu Faktor yang mempengaruhi Komunikasi yaitu suatu  satu pesan akan tercipta dari sudut pandang seorang lewat kesukaannya, hingga makin sama background budaya di antara komunikator dengan komunikan karena itu komunikasi makin efektif.

Ikatan golongan atau grup

Beberapa nilai yang diyakini oleh suatu barisan benar-benar memengaruhi langkah untuk memperhatikan pesan.

Keinginan

Keinginan memengaruhi akseptasi pesan hingga bisa terima pesan sesuai yang diinginkan.

Pengajaran

Makin tinggi pengajaran akan makin kompleks pemikiran dalam menanggapi isi pesan yang dikatakan.

Keadaan

Sikap manusia dikuasai oleh lingkungan/keadaan.

 Beberapa unsur Komunikasi 

Agar bisa berbicara secara efektif kita perlu pahami beberapa unsur komunikasi, diantaranya:

- Komunikator.

Pengirim (sender) yang kirim pesan ke komunikan dengan memakai media tertentu. Elemen yang paling punya pengaruh dalam komunikasi, sebab adalah awalnya (sumber) berlangsungnya satu komunikasi.

- Komunikan

Merupakan Unsur Komunikasi Yang menerima (receiver) yang terima pesan dari komunikator, selanjutnya pahami, mengartikan dan pada akhirnya memberikan tanggapan.

- Media

Aliran (kanal)  adalah unsur komunikasi yang dipakai untuk sampaikan pesan sebagai fasilitas berbicara. Berbentuk bahasa verbal atau non verbal, bentuknya berbentuk perkataan, tulisan, gambar, bahasa badan, bahasa mesin, kode dan lain-lain

- Pesan.

Isi komunikasi berbentuk pesan (message) yang dikatakan oleh Komunikator ke Komunikan. Kepastian pengangkutan dan akseptasi pesan benar-benar punya pengaruh pada kesinambungan komunikasi

- Respon.

Adalah imbas (effect) komunikasi sebagai tanggapan atas akseptasi pesan. Diimplentasikan berbentuk operan balik (feed back) atau perlakuan sesuai pesan yang diterima.

Tujuan Komunikasi Efektif

Tujuan dari Komunikasi Efektif Sesungguhnya ialah memberikan kan keringanan dalam pahami pesan yang dikatakan di antara pemberi info dan yang menerima info hingga bahasa yang dipakai oleh pemberi informsi lebih lengkap dan jelas, dan bisa dipahami dan dimengerti secara baik oleh yang menerima info, atau komunikan.

Tujuan komunikasi Efektif Supaya pengangkutan info dan operan balik atau feed back bisa imbang hingga tidak ada monoton. Disamping itu komunikasi efektif bisa latih pemakaian bahasa nonverbal dengan baik.

Fungsi Komunikasi Efektif

Dengan berbicara atau ber komunikasi, kita bisa merajut jalinan, sama-sama pemahaman sama orang lain sebab komunikasi mempunyai fungsi-fungsi yang penting, salah satunya ialah:

- Peranan info.

Yaitu Komunikasi untuk memberitahu suatu hal (pesan) pada pihak tertentu, bermaksud supaya komunikan bisa pahaminya.

- Peranan gestur.

Peranan Komunikasi dalam  bentuk pernyataan hati  atau pemikiran komunikator pada sesuatu yang ia ketahui pada suatu hal atau persoalan.

- Peranan kontrol.

 Sebagai Pengontrol  supaya terhindar dari  berlangsungnya sesuatu hal yang tidak diharapkan, dengan berpesan berbentuk perintah, peringatan, penilaian dan lain-lain.

- Peranan sosial.

Untuk kepentingan rekreatif dan keakraban jalinan antara komunikator dan komunikan.

- Peranan ekonomi.

Untuk kepentingan transaksi bisnis usaha (usaha) yang terkait dengan keuangan, barang dan layanan.

Hambatan-hambatan Komunikasi Efektif 

Kendala komunikasi

Dalam komunikasi ada selalu kendala yang bisa mengusik kelancaran jalannya proses komunikasi. Hingga info dan ide yang dikatakan tidak bisa diterima dan dipahami secara jelas oleh yang menerima pesan atau receiver.

Menurut Ron Ludlow dan Fergus Panton, ada hambatan-hambatan yang mengakibatkan komunikasi tidak efektif yakni ialah:

- Status effect

Ada perbedaaan dampak status sosial yang dipunyai tiap manusia.Misalkan pegawai dengan status sosial yang lebih rendah harus runduk dan taat apa saja perintah yang diberi atasan. Karena itu pegawai itu tidak bisa atau takut menyampaikan aspirasinya atau gagasannya.

- Semantic Problems

Factor semantik tersangkut bahasa yang dipakai komunikator sebagai alat untuk salurkan pemikiran dan hatiya ke komunikan. i Seorang komunikator harus betul-betul memerhatikan masalah sematis demi kelancaran komunikasi.

Karena kekeliruan penyuaraan atau kekeliruan dalam penulisan bisa memunculkan salah paham (misunderstanding) atau pengartian (misinterpretation) yang pada gilirannya dapat memunculkan salah komunikasi (miscommunication).  contoh : penyuaraan demo jadi demokrasi, kedelai jadi keledai dan sebagainya. itu merupakan kesalahan penyuaraan komunikasi atau penyampaian

- Perceptual distorsion

Perceptual distorsion bisa dikarenakan oleh ketidaksamaan langkah penglihatan yang sempit dalam diri sendiri dan perbedaaan langkah memikir dan langkah pahami yang sempit pada seseorang. akibatnya terjadi ketidaksamaan pemahaman dalam komunikaasi  dan wacana atau langkah pandang di antara satu dengan yang lain.

- Cultural Differences

Kendala yang muncul karena karena ada ketidaksamaan kebudayaan , agama dan peradaban sosial. Pada suatu organisasi ada banyak suku, ras, dan bahasa yang lain. Hingga ada banyak kalimat yang mempunyai makna berlainan di setiap suku. Mirip contoh : kata "tidak boleh" dengan bahasa Indonesia maknanya jangan, tapi orang suku jawa mendefinisikan kata itu satu tipe makanan berbentuk sup.

- Physical Distractions

Kendala ini disebabkan karena masalah lingkungan fisik pada proses berjalannya komunikasi. Misalnya : suara bising beberapa orang atau keributan, suara hujan atau petir, dan sinar yang kurang terang.

- Poor choice of communication kanals

Kendala Komunikasi Ialah masalah yang karena pada media yang dipakai dalam memperlancar komunikasi. Contoh di kehidupan setiap hari misalkan ikatan telepon yang terputus-putus, suara radio yang raib dan tampil, gambar yang kabur pada pesawat tv, huruf tuliskan yang kabur pada surat hingga info tidak bisa diamankan dan dipahami secara jelas.

- No Feed back

Kendala itu ialah seorang sender menyampaikan pesan ke receiver tapi tidak ada tanggapan dan respon dari receiver karena itu yang terjadi ialah komunikasi satu arah yang percuma.

Mirip contoh : Seorang manager menjelaskan satu ide yang diperuntukkan ke beberapa pegawai, dalam implementasi ide itu beberapa pegawai tidak memberi respon atau tanggapan dalam kata lain tidak perduli dengan ide seorang manager.