Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuliner Khas Lombok

Kuliner khas lombok

Kuliner - Waktu liburan ke Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat, tak komplet rasanya apabila tak mencicip suguhan legendaris unik Lombok, Terpenting kalian banyak mahasiwa / Mahasiswi yang kulyah di lombok ni. 

Di Lombok ada sejumlah serta beberapa Kulineran legendaris unik lombok yang umumnya udah berusia 20 - 30 tahun loh, kulineran - kulineran ini di umunya disayangi serta digemari oleh turis waktu bertandang ke pulau Lombok. Terus suguhan apa yang layak kamu coba waktu berada pada pulau lombok ?

Berikut kulineran legendaris unik Lombok.

1. Sate Rembiga Ibu Sinnaseh

Kulineran legendaris unik lombok yang Berdiri sejak tahun 1988, Sate Rembiga Ibu Sinnaseh menjadi tempat kulineran legendaris Lombok yang termasyhur. Warung yang ada di Jl. Dr. Wahidin No.11B, Rembiga, Selaparang, Kota Mataram, jual sate daging sapi. Sate sapi diberikan bumbu dengan bumbu pedas, manis, serta gurih. Siap membikin penikmatnya sukai. 

Rumah makan legendaris unik lombok ini layani pengunjung dari jam 09.00 hingga 22.00 WITA. Tidak hanya sate sapi, pengunjung bisa coba sate hati, sate ayam, sambal beberuk serta terdapat beberapa kembali. Harga satu jumlah sate rata-rata Rp 30.000.

Lihat Juga : 17 Tempat Wisata Di Lombok

2. Ayam Taliwang Irama

Belum komplit apabila ke Lombok tiada mencicip suguhan legendaris unik lombok ialah Ayam Taliwang Irama yang udah berdiri sejak mulai tahun 1973. Ayam ini diproses dengan dibakar dengan bumbu unik Lombok, sampai menghasilkan rasa yang gurih serta pedas.

Agar dapat nikmati suguhan ini pengunjung dapat mengambil dompet senilai Rp 50.000-an. Status warung ini berada pada Jalan Ade Irma Suryani 10 Cakranegara, Lombok. Warung ini membuka tiap-tiap hari, dari jam 08.00 - 23.00 waktu lombok

3.Warung Rembiga

Privat Di Lombok sungguh-sungguh tenar dengan suguhan satenya. Warung Rembiga Privat sajikan sate sapi yang merasa manis, gurih serta pedas. Warung yang udah berdiri lebih dari pada 30 tahun ini, melindungi cita-rasa bumbu asli yang di turunkan secara turun temurun. 

Suguhan sate di warung ini punya daging yang empuk serta bumbunya terserap hingga ke serat daging. Agar dapat menikmatinya kamu bisa membeli dengan harga Rp 20.000 per bagian. Warung Rembiga Privat buka tiap-tiap hari saat jam 09.00 - 23.00.

4.Sate Bulayak Suranadi

Kulineran Legendaris unik lombok yang pertama ialah Sate bulayak, dibentuk dari daging sapi yang dikasih dengan bumbu unik Lombok serta digabungkan dengan potongan lontong yang dikatakan bulayak. Lontong ini dibalut dengan daun aren. 

Bumbu sate bulayak ini dibentuk dari kacang tanah yang disangrai serta ditumbuk, lalu direbus dengan santan serta beberapa bumbu dapur lainnya, sampai rasanya mirip kari namun susunan sambalnya cukup encer.

Lihat Juga : Wisata Kekinian Taman Langit Lombok

Satu jumlah sate bulayak berisi 10 tusuk sate serta lontong. Apabila kamu penggemar dalaman, bisa mepilih sate campur. Satu jumlah sate serta lontong dijual dengan harga Rp 20.000. 

Sate Bulayak Suranadi lombok udah berdiri sejak tahun 1990, ada di Jalan Suranadi, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Warung sate di lombok ini dibuka tiap-tiap hari jam 08.00 - 18.00.

5. Depot Kelebet

Kulineran legendaris unik lombok yang setelah itu ialah Depot Kelebet, Warung yang udah ada sejak tahun 1976 ini menyiapkan bebalung atau biasa dijelaskan sop tulang bertindak sebagai suguhan teratas.

Sop ini berisi daging tulang iga sapi atau kerbau, lalu kuahnya diberikan bumbu dengan cabai rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, serta kunyit lalu ditambah lagi jahe.

Sop Legendaris unik lombok ini memililiki cita-rasa pedas serta bisa menghangatkan tubuh. Harga satu jumlah bebalung senilai Rp 25.000. Depot Kelebet berada pada Jalan Hos Cokroaminoto No.10, Monjok Tim., Kec. Selaparang, Kota Mataram. Depot Kelebet buka saat jam 07.00 hingga 16.00 waktu pada tempat.

6. Rumah Makan Em Dua Rumah

Rumah makan Em Dua Rumah yaitu Rumah Makan Legendaris unik lombok yang udah berdiri dari tahun 1993 ini, menyiapkan makanan unik Lombok. Suguhan yang digemari oleh pengunjung ialah Ayam Taliwang serta Sate Sum-Sum Tulang belakang sapi yang diberikan bumbu pedas serta manis.

Harga suguhan di sini senilai Rp 10.000 - Rp 50.000. Warung ini berada pada Jalan Pelikan No. 6, Mataram, Lombok. Membuka tiap-tiap hari dari jam 09.00 - 22.00.

7. Warung Murah Meriah Bengkel

Kulineran legendaris unik lombok ini Ada di Jalan TGH Ibrahim Khalidy Bengkel Lombok Barat warung ini menawarkan suguhan seperti bebalung, nasi belut, ikan laut, ikan tawar,policing, nasi ayam, nasi daging, babat, serta beragam seafood.

Kebanyakan tempat makan ini menjadi termasyhur di grup penduduk lokal, dikarenakan suguhannya yang nikmat, harga dapat juga digapai. Harga suguhan yang ditawarkan diawali dari Rp 8.000 - Rp 30.000 saja. Warung ini buka tiap-tiap hari start waktu 08.00 - 21.00.

8. Rumah Makan Masteng

Ada di tempat di Jalan TGH Faisal, Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, warung kulineran legendaris khaas lombok ini mengerjakan daging kuda dengan jadikan bebalungan memanfaatkan iga serta tulang kuda. Terkecuali bebalung kuda, Rumah Makan Masteng pun sajikan sate kuda.

Cukup mengambil kantong Rp 25.000, kamu bisa rasakan 1 mangkuk bebalung kuda. Buat satu jumlah sate kuda, cukup bayar Rp 20.000 saja.

Warung makan unik lombok yang udah berusia lebih dari pada 30 tahun ini, tidak hanya dikunjungi oleh waga lokal saja, namun turis pun datang buat mencicip bebalung serta sate kuda versi Masteng.

9. Sate Tanjung

Sate Tanjung yaitu Kulineran legendaris unik lombok yang punya bahan fundamen ikan miliki rasa yang pedas serta gurih. Apabila di kebanyakan macam sate pastinya memanfaatkan saus kacang, Sate Tanjung ini disuguhkan tidak ada memanfaatkan saus apa saja. Cita-rasanya yang juga unik membikin sate ikan tanjung jadi makanan yang digemari penduduk di Lombok.

Rasa pedas menyatu dengan daging ikan yang empuk membikin sebagian orang yang mencicipinya sukai. Sate Tanjung banyak dijual di sepanjang jalan di Dukuh Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

Tidak hanya satu, ada sejumlah puluh penjual sate ikan yang menebar di kabupaten ini. Buat harga Sate Tanjung dijual Rp 1.000 per tusuk. 

Baca Juga :  Wisata dan Oleh - Oleh Khas Lombok

10. Nasi Balap Puyung Inaq Esun

Nasi Balap Puyung yah bukan balap karung hehhe....Kulineran Legendaris khasa lombok ini udah ada sejak tahun 1970-an sebagai termasyhur di wilayah Puyung, Lombok tengah. Nasi balap berisi nasi putih, ayam suwir, tumis buncis, ayam kriuk, serta kedelai goreng. 

Suguhan disuguhkan dengan alas daun kelapa. Harga satu bagian nasi balap ialah Rp 18.000-an, namun apabila ditambah telur asin, pengunjung dapat menambah Rp 5.000. Warung ini ada di Jalan Raya Puyung, Jonggat, Kabupaten Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat. Buka tiap-tiap hari jam 08.00 - 22.00.