Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lava Tour Merapi Wisata Petualanagan Yogyakarta

Lava Tour Merapi Wisata Petualanagan Yogyakarta
Wisata -  Lava Tour Merapi menjadi opsi rutinitas wisata saat liburan di Yogyakarta. Lava Tour Merapi ialah istilah untuk tour wisata teritori terimbas erupsi Gunung Merapi tahun 2010. Tour wisata yang diartikan sekarang ini adalah tour memakai mobil tipe jeep. Aktivitas tour mencakup perjalanan ke beberapa titik yang terserang imbas langsung erupsi gunugn merapi

Ya,wisata  lava tour Merapi adalah pilihan berlibur yang tidak biasa. Dari namanya saja kemungkinan telah munculkan tanda pertanyaan tentang wisata lavar tour merapi ini. Apakah sudah kumpulkan keberanian untuk cobanya?

Biaya Paket Wisata Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi Wisata Petualanagan Yogyakarta

Paket yang ada  di Wisata Lava Tour Merapi sekarang ini cuman Paket Sunrise Trip, Paket Short Air dan Paket Media Trip.

Wissata Lava tour Merapi ditawarkan selaku bermacam opsi paket wisata. Beberapa paket ini dibandrol pada harga yang bermacam termasauk harga tiket . Tiap paket telah terhitung tiket masuk untuk beberapa titik pemberhentian. 

Paket wisata Lava Tour Merapi ini bisa menampung rombongan, hingga pas untuk dicoba selaku berlibur keluarga atau dengan rekan.

Biaya  Paket Wisata Lava Tour Merapi

Tipe Paket Durasi Harga

Paket Wisata Lava Tour Merapi Sunrise Trip (4 Orang) 3 jam Rp450.000 /Jeep

Paket Wisata Lava Tour Merapi  Short Trip (4 Orang) 1-1,5 jam Rp350.000 /Jeep

Paket Wisata Lava Tour Merapi  Short Air 2 Jam Rp400.000/Jeep  

Paket Wisata Lava Tour Merapi Sarana Trip (4 Orang) 2 jam Rp450.000 /Jeep

Paket Wisata Tour Merapi Long Trip (4 Orang) 2-2,5 jam Rp550.000 /Jeep

Paket Wisata Lava Tour Merapi Super Long Trip (4 Orang) 3-3,5 Jam Rp650.000/Jeep

Short Air waktu 2 jam: 

Jembatan Petung (Foto Jeep)

Gerbang Castle (Foto Jeep)

Museum Tersisa Hartaku

Batu Alien

Melalui Kali Opak

Offroad Air Kali Kuning

Short Trip waktu 1-1,5 Jam: 

Museum Sisa Hartaku



Lava Tour Merapi Wisata Petualanagan Yogyakarta

Lava Tour Merapi Wisata Petualanagan Yogyakarta


Batu Alien                                                                                  Bunker Kaliadem

Tebing Gendol (Spot Foto)                                                        Sarana Trip waktu 2 jam: 

Jembatan Petung (Foto Jeep)                                                    Gerbang Castle (Foto Jeep)

Museum Sisa Hartaku                                                               Stone Hange/Castle (Tiket Mandiri)

Batu Alien                                                                                 Melalui Kali Opak

Offroad Air Kali Kuning                                                          Long Trip waktu 2.5 Jam:

Museum Sisa Hartaku

Batu Alien                                                                                Bunker Kaliadem

Tebing Gendol (Spot Foto)                                                      Offroad Air

Petilasan Mbah Maridjan                                                        Super Long Trip waktu 3-3,5 Jam: 

Sunrise Trip start pukul 04.30:

Melalui Gerbang Castle 

Sunrise Batu Alien 

Museum Mini Sisa Hartaku

Kali Opak (Foto Jeep)

Offroad Air Kali Kuning

Armada Jeep memakai Hardtop Land Cruiser komplet dengan helm dan sabuk pengaman.

Pengunjung mendapatkan sarana Lava Tour Merapi: 

Driver, BBM, dan Jeep Hardtop

Free tiket tujuan Lava Tour Merapi

Asuransi JR

Pemandu wisata oleh Driver Jeep

Fotografer oleh Driver Jeep

Teh Hangat

Free Masker

Jam Operasional Wisata  lava Tour Merapi

Paket Wisata lava tour Merapi diawali sejak awal kali hari sampai mendekati sore. Waktu terhebat untuk melihat panorama ialah saat musim kemarau. Wisata lava tour merapi dibuka tiap hari dan selalu ramai diminta waktu saat liburan. 

Tetapi, penting diingat jika paket wisata ini tergantung pada keadaan dan status Gunung Merapi. Bila Merapi sedang aktif, umumnya wisata lava tour merapi akan ditutup untuk saat ini sampai keadaan aman.

Jam Operasional

Sunrise Trip mulai jam 04.30 WIB

Tiap Hari 07.00 - 16.00 WIB

Eksotisme Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi Wisata Petualanagan Yogyakarta

Lava Tour Merapi Wisata Petualanagan Yogyakarta

Awalannya, tour dilaksanakan dengan memakai kendaraan tipe trail. Tetapi, erupsi pada tahun 2010 sudah mengganti muka teritori seputar lereng Gunung Merapi. Banyak tempat wisata yang remuk dan terbenam ditembus lahar. Hingga, pemakaian mobil jip yang lebih kuat jadi terkenal.

Sesungguhnya, apa yang dijajakan dalam paket wisata lava tour Merapi? Hal apa yang perlu jadi perhatian bila pengin cobanya? Baca tulisan di bawah ini. 

Hal Penting Saat sebelum Mengawali Wisata Lava Tour Merapi

Saat sebelum pilih dan memutus paket wisata Lava tour merapi yang akan dituruti, dalami banyak hal lebih dulu. Ada beberapa komune atau penyuplai paket wisata ini. Lepas dari harga, sarana dan artis keamanan penting diingat.

Pertama, yakinkan tipe mobilnya. Ada bermacam tipe jip yang dipakai, setiap kendaraan mempunyai perform berlainan. Cari info sendiri atau meminta keterangan pada pemandu tentang ini. Tipe apa yang paling nyaman dan aman, apa Land Cruiser, Hardtop, atau Willys?

Yakinkan keadaan mobil yang dipakai pada kondisi baik. Supir atau pemandu juga harus mempunyai lisensi sah dari federasi Wisata lava tour Merapi. Janganlah sampai berlangsung kecelakaan sebab kelengahan supir tembak atau yang tidak eksper.

Dua, tanya berkenaan sarana pengaman. Naiki jip melewati jalanan berbatu dan penuh genangan akan memunculkan banyak guncangan. Pelancong memiliki hak memperoleh helm pengaman dan masker perlindungan. Helmnya juga harus pada keadaan baik, ya.

Penuh Guncangan!

Juga penting untuk pastikan cuaca saat sebelum tour dikerjakan. Waktu terhebat untuk ialah saat musim kemarau. Walau lebih berdebu, tetapi lebih bagus dibanding kehujanan, kan? Persiapkan jas hujan untuk berjaga jika mendadak hujan turun.

Factor cuaca ini penting diingat ingat rupa track yang akan dilewati.Wisata  Lava tour Merapi akan bawa pelancong melewati jalan penuh kerikil. Bila baru diguyur hujan, bakal ada kubangan-kubangan yang ikut menghias. Perjalanan dekati Merapi akan penuh guncangan yang mencekam, tetapi juga menyenangkan!

Jalur tour jeep

Lava Tour Merapi Wisata Petualanagan Yogyakarta

Lava Tour Merapi Wisata Petualanagan Yogyakarta

Jip akan meluncur di atas trek berliku dan bergelombang. Sejauh jalan, gemerisik kerikil beradu dengan roda dan suara mesin. Kadang-kadang supir akan melalui genangan dan mencipratkan "sedikit" air. Jadi, persiapkan diri untuk berkotor-kotor dan dihempas ke sana-kemari, ya.

Pelancong akan dibawa dekati Gunung Merapi. Dalam jarak seputar 2 km, keelokan panoramanya akan terlihat terang. Pelancong bisa menyaksikan lajur sungai lahar sampai kepulan asap yang melambung dari kawahnya. 

Batu Alien

Kecuali nikmati Merapi dari jarak dekat, pelancong akan dibawa berkunjung beberapa tujuan. Tujuan ini masih terkait dengan imbas erupsi Gunung Merapi. Salah satunya yang terkenal ialah Batu Alien di Dusun Kepuharjo, Cangkringan.

Batu ini benar-benar tidak berawal dari luar angkasa. Arus lahar Kali Gendoltelah bawa batu besar ini ke teritori lereng. Bila disaksikan dari pojok tertentu, ada lekuk-lekuk yang keseluruhannya seperti muka. Sebab bentuknya yang aneh, masyarakat selanjutnya menyebutnya "batu alien".

Bunker Kaliadem

Lava Tour Merapi Wisata Petualanagan Yogyakarta

Spot penghentian yang lain ialah Bunker Kaliadem. Bunker monumental ini simpan kisah ironis dari kejadian luruhnya 2 orang sukarelawan. Sekarang ini, bunker itu terbuka untuk umum selaku media edukasi. Bila langit sedang ceria, pelancong akan memperoleh panorama Gunung Merapi disini. 

Museum Tersisa Hartaku

Tujuan selanjutnya ialah museum yang simpan beberapa barang terimbas erupsi. Museum Tersisa Hartaku adalah sisa rumah dan sanggahr seni yang terserang serangan awan panas Merapi. Pelancong bisa saksikan secara langsung bagaimana dahsyatnya dampak erupsi pada bermacam tipe barang. Dimulai dari perlengkapan kecil sampai kerangka kendaraan dan hewan ternak dapat disaksikan di sini.

Tujuan Lain Wisata Lava Tour Merapi

Dari sisi ke-3 tujuan di atas, ada banyak spot yang lain tidak kalah menarik. Beberapa salah satunya ialah Rumah Mendiang Mbah Maridjan yang disebut juru kunci Gunung Merapi. Disamping itu, ada The Lost World Castle yang menyediakan tiruan kastil. 

Object wisata ini umumnya disukai beberapa anak dan beberapa pemburu swafoto sebab mempunyai banyak spot unik.

Sarana

Wisata Lava tour Merapi dikerjakan dengan layanan pemandu dari komune jip. Ada beberapa komune di lereng Merapi yang dapat diputuskan. Jip yang dipakai macamnya juga berbagai macam. Ada Land Rover, Land Cruiser, Willys, sampai Hardtop. Rerata jip bisa memuat sampai empat orang penumpang orang dewasa.

Sarana umum yang berada di teritori lava tour Merapi sendiri telah komplet. Tempat parkirkan, toilet, dan masjid atau mushola dapat diketemukan di sini. Beberapa warung yang menawarkan makanan atau cenderamata ada juga. 

Posisi Lava Tour Merapi

Komune jip yang mengadakan lava tour Merapi menyebar di teritori lereng Merapi. Pelancong dapat mendapatinya di teritori Kaliurang, Kalikuning, dan Kaliadem yang berada di Kecamatan Pakem dan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Tidak susah untuk pergi kesini ajang jaraknya tidak begitu jauh dari pusat perkotaan Yogyakarta. Dari pusat perkotaan, tujukan kendaraan ke utara telusuri Jalan Kaliurang.

Post a Comment for "Lava Tour Merapi Wisata Petualanagan Yogyakarta "