Tempat Kuliner Legendaris Khas Lombok - Adm Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Kuliner Legendaris Khas Lombok

Lombok : Tempat - Tempat  Kuliner Legendaris Khas  Lombok
Kuliner -  Waktu berlibur ke Pulau Lombok di Propinsi Nusa Tenggara Barat, tidak lengkap rasanya bila tidak mencicip sajian legendaris khas Lombok, Terutama kalian para mahasiwa / Mahasiswi yang kulyah di lombok ni.

 Di Lombok terdapat beberapa dan berbagai  Kuliner legendaris khas lombok yang rata-rata telah berumur 20 - 30 tahun loh, kuliner - kuliner ini pada umunya dicintai dan disukai  oleh pelancong waktu berkunjung ke pulau Lombok. Lantas sajian apa yang pantas kamu coba waktu ada di pulau lombok ? 

Berikut kuliner - kuliner legendaris khas Lombok. 

1. Sate Rembiga Ibu Sinnaseh 

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh

Kuliner legendaris khas lombok yang Berdiri semenjak tahun 1988, Sate Rembiga Ibu Sinnaseh jadi tempat kuliner legendaris Lombok yang terkenal. Warung yang berada di Jl. Dr. Wahidin No.11B, Rembiga, Selaparang, Kota Mataram, jual sate daging sapi. 

Sate sapi diberi bumbu dengan bumbu pedas, manis, dan renyah. Siap membuat penikmatnya suka. Rumah makan legendaris khas lombok ini layani pengunjung dari jam 09.00 sampai 22.00 WITA. Selain sate sapi, pengunjung dapat mencoba sate hati, sate ayam, sambal beberuk dan ada banyak lagi. Harga satu porsi sate rerata Rp 30.000. 

2. Ayam Taliwang Irama 

Lombok : Tempat - Tempat  Kuliner Legendaris Khas  Lombok

Belum komplet bila ke Lombok tanpa  mencicip sajian legendaris khas lombok yaitu Ayam Taliwang Irama yang telah berdiri sejak tahun 1973. Ayam ini diolah dengan dibakar dengan bumbu khas Lombok, hingga hasilkan rasa yang pedas dan gurih. 

Agar bisa menikmati sajian ini pengunjung bisa merogoh kocek sejumlah Rp 50.000-an. Posisi warung ini ada di Jalan Ade Irma Suryani 10 Cakranegara, Lombok. Warung ini buka tiap hari, dari jam 08.00 - 23.00 waktu lombok

3.Warung Rembiga 

Lombok : Tempat - Tempat  Kuliner Legendaris Khas  Lombok

Khusus Di Lombok benar-benar populer dengan sajian satenya. Warung Rembiga Khusus sediakan sate sapi yang berasa manis, pedas dan gurih. Warung yang telah berdiri lebih dari 30 tahun ini, menjaga cita-rasa bumbu orisinal yang diturunkan secara turun temurun. 

Hidangan sate di warung ini memiliki daging yang empuk dan bumbunya menyerap sampai ke serat daging. Agar bisa menikmatinya kamu dapat beli pada harga Rp 20.000 per jatah. Warung Rembiga Khusus membuka tiap hari pada jam 09.00 - 23.00. 

4.Sate Bulayak Suranadi

Lombok : Tempat - Tempat  Kuliner Legendaris Khas  Lombok

Kuliner Legendaris khas lombok yang pertama yaitu Sate bulayak, dibuat dari daging sapi yang diberi dengan bumbu khas Lombok dan dipadankan dengan potongan lontong yang disebut bulayak. Lontong ini dibalut dengan daun aren. Bumbu sate bulayak ini dibuat dari kacang tanah yang disangrai dan ditumbuk, lalu direbus dengan santan dan berbagai bumbu dapur yang lain, hingga rasanya serupa kari tetapi struktur sambalnya cukup encer. 

Satu porsi sate bulayak berisi 10 tusuk sate dan lontong.  Bila kamu pencinta jeroan, dapat mepilih sate campur. Satu porsi sate dan lontong dipasarkan pada harga Rp 20.000. Sate Bulayak Suranadi lombok telah berdiri semenjak tahun 1990, berada di Jalan Suranadi, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Warung sate di lombok ini dibuka  tiap hari jam 08.00 - 18.00. 

 5. Depot Kelebet 

Depot Kelebet

Kuliner legendaris khas lombok yang selanjutnya yaitu Depot Kelebet, Warung yang telah ada semenjak tahun 1976 ini menyediakan bebalung atau umum disebutkan sop tulang selaku sajian unggulan. Sop ini berisi daging tulang iga sapi atau kerbau, lalu kuahnya diberi bumbu dengan cabai rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kunyit lalu ditambah jahe. 

Sop Legendaris khas lombok ini memililiki cita-rasa pedas dan sanggup menghangatkan badan. Harga satu porsi bebalung sejumlah Rp 25.000. Depot Kelebet ada di Jalan Hos Cokroaminoto No.10, Monjok Club., Kec. Selaparang, Kota Mataram. Depot Kelebet membuka pada jam 07.00 sampai 16.00 waktu di tempat. 

6. Rumah Makan Em Dua Rumah 

Rumah Makan Em Dua Rumah

Rumah makan Em Dua Rumah adalah Rumah Makan Legendaris khas lombok  yang telah berdiri dari tahun 1993 ini, menyediakan makanan khas Lombok. Sajian yang disukai oleh pengunjung yakni Ayam Taliwang dan Sate Sum-Sum Tulang belakang sapi yang dibumbui pedas dan manis. 

Harga hidangan di sini sejumlah Rp 10.000 - Rp 50.000. Warung ini ada di Jalan Pelikan No. 6, Mataram, Lombok. Buka tiap hari dari jam 09.00 - 22.00. 

7. Warung Murah Semarak Bengkel 

Warung Murah Semarak Bengkel Lombok

Kuliner legendaris khas lombok  ini Berada di Jalan TGH Ibrahim Khalidy Bengkel Lombok Barat warung ini tawarkan sajian seperti bebalung, nasi belut, ikan laut, ikan tawar,policing, nasi ayam, nasi daging, babat, dan bermacam seafood. 

Biasanya tempat makan ini jadi terkenal di kelompok masyarakat lokal, sebab sajiannya yang nikmat, harga juga dapat dijangkau. Harga sajian yang dijajakan dimulai dari Rp 8.000 - Rp 30.000 saja. Warung ini membuka tiap hari start pukul 08.00 - 21.00.

 8. Rumah Makan Masteng

Rumah Makan Masteng Lombok

Berada di lokasi di Jalan TGH Faisal, Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, warung kuliner legendaris khaas lombok  ini memproses daging kuda dengan dijadikan bebalungan memakai iga dan tulang kuda. Kecuali bebalung kuda, Rumah Makan Masteng juga sediakan sate kuda. 

Cukup merogoh kantong Rp 25.000, kamu dapat nikmati satu mangkuk bebalung kuda. Untuk satu porsi sate kuda, cukup bayar Rp 20.000 saja. 

Warung makan khas lombok yang telah berumur lebih dari 30 tahun ini, tidak cuman didatangi oleh waga lokal saja, tapi pelancong juga singgah untuk mencicip bebalung dan sate kuda ala-ala Masteng. 

9. Sate Tanjung 

Sate Tanjung Lombok

Sate Tanjung adalah Kuliner legendaris khas lombok yang memiliki bahan dasar ikan mempunyai rasa yang gurih dan pedas. Bila pada biasanya jenis sate tentu memakai sauce kacang, Sate Tanjung ini dihidangkan tanpa ada memakai sauce apapun. Cita-rasanya yang khas membuat sate ikan tanjung jadi makanan yang disukai warga di Lombok. 

Rasa pedas bersatu dengan daging ikan yang empuk membuat beberapa orang yang mencicipinya suka. Sate Tanjung banyak dipasarkan di sejauh jalan di Dusun Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. 

Tidak cuman satu, ada beberapa puluh penjual sate ikan yang menyebar di kabupaten ini. Untuk harga Sate Tanjung dipasarkan Rp 1.000 per tusuk. 

10.  Nasi Balap Puyung Inaq Esun 

Nasi Balap Puyung Inaq Esun Lombok

Nasi Balap Puyung yah bukan balap karung hehhe....Kuliner Legendaris khasa lombok ini sudah ada semenjak tahun 1970-an yang menjadi terkenal di daerah Puyung, Lombok tengah. Nasi balap berisi nasi putih, ayam suwir, oseng buncis, ayam kriuk, dan kedelai goreng. Sajian dihidangkan dengan alas daun kelapa. 

Harga satu jatah nasi balap yaitu  Rp 18.000-an, tapi bila ditambahkan telur asin, pengunjung bisa menambahkan Rp 5.000. Warung ini berada di Jalan Raya Puyung, Jonggat, Kabupaten Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat. Membuka tiap hari jam 08.00 - 22.00. 


Itu dia Kuliner Legendaris Khas Lombok, bagi yang sudah mencicipi gimana rasanya, Pasti enak kan ??

Bagi yaang Belum Pernah mencicipi Silahkan mencoba, tapi harus ke lombok dulu yah... hihhiiihih....