Tempat Wisata Yang Harus Kalian Kunjungi di Mataram Nusa Tenggara Barat ( NTB ) - Administrasi Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Wisata Yang Harus Kalian Kunjungi di Mataram Nusa Tenggara Barat ( NTB )

Tempat  Wisata di Kota Mataram Nusa Tenggara Barat ( NTB )

Tempat  di Nusa Tenggara Barat - Selaku ibu-kota propinsi Nusa Tenggara Barat, Mataram adalah kota paling besar yang berada di pulau Lombok. Kamu bisa rasakan tradisi Sasak dan tradisi Bali yang kental di kota mataram nusa tenggara barat ini, karena sejumlah besar masyarakat kota Mataram benar-benar menghargakan budaya. Ini langsung membuat Lombok Mataram Nusa Tenggara Barat simpan rekreasi budaya yang memikat untuk dieksplorasi.

Tidak hanya  itu saja, ada banyak lagi, lho, beberapa tempat menarik yang lain di Pulau Lombok  Mataram Nusa Tenggara Barat yang recommended banget untuk didatangi. Ingin tahu? Yok baca artikel di bawah ini!

Tujuan Wisata  di Mataram, Nusa Tenggara Barat

Pantai Penghulu Agung

Tempat  Wisata Yang Harus Kalian Kunjungi di  Mataram Nusa Tenggara Barat ( NTB )

Bila kamu sedang cari tempat untuk menentramkan diri di Lombok nusa tenggara barat, Pantai Penghulu Agung ialah lokasi yang pas. Karenanya di pantai Penghulu Agung  kota Mataram Nusa Tenggara Barat ini tidak ada benar-benar orang yang jualan, hingga situasinya sepi dan tenang.

Sepanjang mata melihat, cuman ada bentangan pasir hitam, laut biru dan barisan perahu nelayan yang bertumpu di pinggir pantai kota mataram nusa tenggara barat ini. Kamu akan menyaksikan banyak timbunan batu besar untuk menepis serangan ombak besar yang ada di sini.

Posisi Pantai Penghulung Agung Lombok: Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat

Jam Operasional: Tiap Hari 24 Jam

Ticket Masuk: Gratis

Pantai Cemare

Tempat  Wisata Yang Harus Kalian Kunjungi di  Mataram Nusa Tenggara Barat ( NTB )

Bergerak ke ujung barat Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat, salah satu tempat rekreasi yang harus didatangi ialah Pantai Cemare. Pantai ini mempunyai perairan muara yang tenang dengan berhiaskan hijaunya pohon bakau yang tumbuh di samping timur pantai..

Yang menambahkan kesan-kesan asri Pantai Cemare ini ialah Adanya pohon kelapa dan pohon pandan di sekitarnya

Posisi: Labuan Tereng, Helai, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat 83364

Jam Operasional: Sabtu - Kamis 08:00 - 18:00 WITA

Ticket Masuk: Rp 5.000,-

Pantai Loang Baloq

Tempat  Wisata Yang Harus Kalian Kunjungi di  Mataram Nusa Tenggara Barat ( NTB )

Pantai Loang Baloq jadi salah satu tempat rekreasi menarik terutamanya untuk masyarakat kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Dengan lautnya yang biru  dan beberapa kapal nelayan yang bertumpukan dan berjajar  di pinggirnya, panorama ini sanggup membahas senyuman tiap orang yang menyaksikannya.

Tidak hanya itu saja, Pantai Loang Baloq mempunyai sebuah taman piknik kecil, lho, yang bisa jadi selingan di tengah-tengah padatnya rutinitas.

Posisi: Tanjung Karang, Sekarbela, Mataram, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

Jam Operasional: Tiap Hari 24 Jam

Ticket Masuk: Rp 2.000,-

Pantai Nipah

Tempat  Wisata Yang Harus Kalian Kunjungi di  Mataram Nusa Tenggara Barat ( NTB )

Tidak cuman Pantai Senggigi, Pantai Nipah mempunyai bentangan pasir putih dan air laut yang biru. Kamu perlu waktu 20 menit untuk sampai ke pantai ini dari Pantai Senggigi Nusa Tenggara Barat

Asyiknya, perjalanan ke arah pantai ini akan dihias panorama bukit hijau yang menganakemaskan mata. Sesampai di Pantai Nipah, kamu langsung akan disongsong dengan suara deburan ombak dan gemuruh pengin yang mengalun ke telinga.

Posisi: Malaka, Juara, Malaka, Juara, Kabupaten Lombok Utara, Nusa tenggara Barat 83352

Jam Operasional: Tiap Hari 24 Jam

Ticket Masuk: Gratis

Pantai Ampenan

Tempat  Wisata Yang Harus Kalian Kunjungi di  Mataram Nusa Tenggara Barat ( NTB )

Pulau Lombok nusa tenggara barat  memang mempunyai segudang tempat rekreasi pantai dengan keelokannya masing-masing, tidak terkecuali Pantai Ampenan Kota Mataram  Nusa Tenggara Barat yang berada di pusat perkotaan Mataram nusa tenggara barat .

Kalian dapat  berkunjung ke Pantai Ampenan waktu sore hari pada saat matahari mulai terbenam sebab panoramanya akan mengagumkan.  kalian  dapat melihat sunset sambil bercengkrama dan melahap makanan di meja-meja yang sudah disiapkan.

Posisi Pantai Ampenan Lombok: Jalan Pabean, Ampenan Utara, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat

Jam Operasional: Tiap Hari 24 Jam

Ticket Masuk: Gratis

Taman Mayura

Tempat  Wisata Yang Harus Kalian Kunjungi di  Mataram Nusa Tenggara Barat ( NTB )

Saat memasuk kompleks Taman Mayura Kota Mataram  Nusa Tenggara Barat  pengunjung langsung akan disongsong dengan situasi yang dirasa unik, yaitu gabungan suasana alam, spiritual dan monumental. 

Tidak mengherankan memang, sebab di taman ini ada sebuah pura dengan sebuah kolam elok di dekatnya. Bila kamu cari situasi nyaman, sempatkanlah untuk tiba ke sini di sore hari.

Posisi: Jl. Purbasari, Mayura, Kecamatan Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83239

Jam Operasional: 08:00 - 18:00 WITA

Ticket Masuk: Rp 2.500,-

Taman Narmada


Tempat  Wisata Yang Harus Kalian Kunjungi di  Mataram Nusa Tenggara Barat ( NTB )

Kata narmada mempunyai makna mata air atau sumber kehidupan. Taman ini  sangat identik dengan agama Hindu sebab dibagian atas taman, ada sebuah pura yang mempunyai design bertingkat atau umum disebutkan punden berundak.

Soal yang menjadi daya tarik tempat wisata di mataram Nusa Tenggara Barat ini ialah Bale Pertirtaan yang disebut mata air hasil pertemuan langsung dari Gunung Rinjani.

Posisi: Jalan Raya Narmada, Lembuak, Narmada, Lembuak, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat 83371

Jam Operasional: Tiap Hari 24 Jam

Ticket Masuk: Rp 5.000,-

Pantai Senggigi

Tempat  Wisata Yang Harus Kalian Kunjungi di  Mataram Nusa Tenggara Barat ( NTB )

Berbicara masalah Pantai Senggigi , pasti keelokannya telah tidak perlu disangsikan lagi. Pantai  di ujung barat pulau Lombok Mataram Nusa Tenggara Barat ini telah terkenal sampai ke luar negeri, lho. 

Tidak cuman nikmati keelokan pantainya, banyak rutinitas yang bisa kamu kerjakan di Pantai Senggini lombok kota Mataram Nusa Tenggara Barat ini. Dimulai dari sebatas nikmati angin segar di pantai dan bentangan laut biru yang menentramkan, sampai menyaksikan rutinitas nelayan yang sibuk cari ikan.

Karena pantainya yang berupa teluk, wisatawan bisa berenang dan snorkeling, bermain kano, kayak dan surfing. Memancing tidak kalah hebat untuk dilaksanakan di pantai senggigi lombok ini . Jika sore hari datang, kamu bisa santai sekalian menanti sunset yang dihias panorama Gunung Agung Bali dari kejauhan.

Posisi Pantai Senggigi Lombok : Jalan Raya Senggigi KM 6-10, Batu Monitor, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat 83355

Jam Operasional: Tiap Hari 24 Jam

Ticket Masuk: Rp 15.000,-

Pura Batu Bolong

Beraada di  teritori yang sama dengan Pantai Senggigi Lombok Nusa Tenggara Barat, kamu bisa mendapati kekhasan sebuah pura yang berada di tepi pantai. yah, mungkin kalian  akan terpikir pada Pura Tanah Lot di Bali saat berkunjung Pura Batu Bolong Lombok 

Perbedaannya, pura ini berada di atas karang yang sisi tengahnya mempunyai lubang besar, hingga disebutkan batu bolong. Waktu terhebat untuk berkunjung Pura Batu Bolong Lombok Nusa Tenggara Barat ialah sore hari saat matahari terbenam di ufuk barat, tersisa panorama pura yang khusyuk didampingi deburan ombak dan wewangian bunga ciri khas upacara agama Hindu.

Batu Bolong Lombok berada : Jalan Raya Senggigi, Batu Monitor, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat 83355

Jam Operasional: Tiap Hari 24 Jam

Ticket Masuk: Rp 20.000,-

The Griya

Warga Kota Mataram nusa tenggara barat pantas berbangga sebab kota ini ikut serta memberikan dukungan pergerakan konservasi lingkungan dengan mengubah sampah kertas jadi sebuah produk kerajinan. 

Bahan landasan kertas sampah ini juga bermacam, dimulai dari kotak makanan, buntel rokok, koran sisa, buku sisa, kardus, dan ada banyak kembali. Wah, kecuali unik ramah lingkungan, ya!

Posisi: Jalan Layur, Ampenan Selatan, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83112

Jam Operasional: 10:00 - 20:00 WITA

Ticket Masuk: Gratis

Kota Tua Ampenan

Nyaris tiap wilayah di Indonesia mempunyai teritori kota tua yang kerap jadi untuk tempat mencari kembali tapak jejak Sejarah , tidak terkecuali di kota Mataram nusa tenggara barat . Persisnya di teritori Ampenan, ada sebuah kota tua yang populer dengan bangunan kunonya.

Untuk memertahankan wujud aslinya, tidak banyak warga di tempat yang melakukan renovasi bangunan itu, lho, tetapi cuman memberi sentuhan warna baru supaya tidak nampak kusam. Kesan-kesan kuno malahan jadi daya tarik sendiri apa lagi untuk wisatawan yang mencintai rekreasi sejarah.

Posisi: Jalan Yos Sudarso No. 25, Ampenan tengah, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83511

Jam Operasional: Tiap Hari 24 Jam

Ticket Masuk: Gratis

Masjid Islamic Centre NTB


Pulau Lombok tidak cuman identik dengan pantai dan rekreasi alamnya yang eksotis, lho. Ada sebuah bangunan yang tidak kalah iconic, yaitu Islamic Center, sebuah masjid istimewa yang mempunyai menara membubung sampai 114 mtr..

Sebagai sebuah tempat beribadah, pengembang Masjid  ini inginkan Islamic Centre Nusa Tenggara Barat jadi pusat aktivitas keagamaan, hingga pusat pengajaran dan kebudayaan juga dibuat di sini. Tidak itu saja, daya magnet tempat ini berada di kubah masjidnya yang berhiaskan pola batik ciri khas sasambo, pola batik ciri khas dari Nusa Tenggara Barat

Posisi: Jalan Udayana, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat

Jam Operasional: Tiap Hari 24 Jam

Ticket Masuk: Gratis

Pura Meru

Sebagai pura paling besar di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat , Pura Meru mempunyai arsitektur yang unik, yaitu atapnya bertingkat. Warisan jaman Hindu Jawa kuno masih bisa kamu tonton melalui pura ini, walau saat ini Islam adalah agama mayoritas yang dipeluk warga Lombok Mataram Nusa Tenggara Barat

Tidak cuman pura yang terdiri jadi tiga sisi, pengunjung dapat mendapati dua gazebo dengan 4 dan delapan tiang yang umum dipakai saat upacara keagamaan berjalan. Pengin beli oleh-olehan? Ada bermacam opsi kenang-kenangan yang ditawarkan di Pasar Cakranegara dekat teritori pura.

Posisi: Jalan Selaparang No. 20B, Mayura, Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83233

Jam Operasional: Tiap Hari 24 Jam

Ticket Masuk: Gratis

Taman Udayana

Taman Udayana adalah salah satu lokasi yang sering jadi tempat berkumpulnya masyarakat kota Mataram Nusa Tenggara Barat untuk lakukan bermacam rutinitas. 

Tidak mengejutkan memang sebab taman ini diperlengkapi segudang sarana, dimulai dari jogging trek sepanjang 2-3 km, musala, pusat kesehatan, bahkan juga tempat latihan skateboard sampai lapangan basket! 

Pengunjung bisa nikmati angin segar karena pohon-pohon teduh yang menghias taman Udayana kota Mataram Nusa Tenggara Barat ini

Posisi: Jalan Udayana, Pejarakan Kreasi, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83123

Jam Operasional: Tiap Hari 24 Jam

Ticket Masuk: Gratis

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Bila kamu mau menyaksikan bermacam benda warisan sejarah warga Nusa Tenggara Barat, museum ini benar-benar pas untuk didatangi. Pengunjung bisa menyaksikan koleksi monumental, dimulai dari keramik sampai artefak budaya. Jumlah koleksi yang dipunyai museum ini bahkan juga capai 7.000 buah, lho.

Hal unik bisa ditemui saat masuk museum, sebab pas di muka museum, ada sebuah buaya muara yang diawetkan. Buaya ini sempat membuat masyarakat gempar sebab pernah memakan seorang masyarakat di tempat.

Posisi: Jalan Panji Tilar Negara No. 6, Taman Sari, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83117

Jam Operasional: Selasa - Minggu 08:00 - 15:00 WITA

Ticket Masuk: Rp 1.000,-

Taman Sangkareang

Jika lagi ada di pusat perkotaan kota Mataram Nusa Tenggara Barat  dan pengin mendapati situasi nyamani tetapi tidak pengin melancong jauh, hadirlah ke Taman Sangkareang. Taman yang berada benar-benar vital di tengah-tengah kota ini tawarkan bermacam sarana, seperti taman bermain anak, atau tempat untuk rileksasi.

Posisi: Jalan Pejanggik, Mataram Barat, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83122

Jam Operasional: Tiap Hari 24 Jam

Ticket Masuk: Gratis

Pura Agung Gunung Sari

Kerajaan Bali sempat memang berjaya di Pulau Lombok pada periode lalu, dan warisannya masih bisa disaksikan sampai saat ini, diantaranya Pura Gunung Agung Sari.

Berlainan dengan pura yang lain di kota Mataram dan Pulau Lombok, pura ini berada jauh dari beberapa rumah warga, hingga membuat situasi tenang. Pengunjung bisa rasakan aura religius Hindu yang kuat saat pertama kalinya memijakkan kaki di pura ini karena wewangian dupa yang kental dan merebak.

Posisi: Taman Sari, Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat 83351

Jam Operasional: 08:00 - 15:00 WITA

Ticket Masuk: Gratis

Dusun Penujak

Tidak hanya  populer dengan rekreasi alamnya, kota Mataram Nusa Tenggara Barat juga  populer dengan kerajinan tangannya, lho. Bahkan juga, ada satu dusun yang dikukuhkan jadi dusun pemroduksi gerabah paling tua di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. 

Dusun Penujak namanya. Gerabah yang dibuat di sini mempunyai nilai budaya dan filosofinya tertentu Dulu, beberapa leluhur kerap memakai kendi untuk mengolah, pada upacara kelahiran dan kematian. 

Nilai filosofis yang lain yang terdapat pada kendi sebagai manusia, kita sebaiknya hidup simpel. Di Dusun Penujak, pengunjung bisa saksikan secara langsung proses pengerjaan gerabah dari tanah liat sampai jadi sebuah kendi yang dihias dengan bermacam pola unik.

Posisi: Dusun Penujak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat

Jam Operasional: Tiap Hari 24 Jam

Ticket Masuk: Gratis

Dusun Beleka

Dusun yang lain di Mataram  Nusa Tenggara Barat yang populer selaku dusun pemroduksi kerajinan tangan ialah Dusun Beleka. Dusun ini adalah dusun industri inovatif paling besar di Pulau Lombok  Nusa Tenggara Barat yang khusus menghasilkan anyaman. 

Produk anyaman yang dibikin di dusun ini bermacam, dimulai dari perlengkapan rumah tangga, hiasan dinding, pernak-pernik dekor, dan ada banyak kembali.

Posisi: Dusun Beleka, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat

Jam Operasional: Tiap Hari 24 Jam

Ticket Masuk: Gratis

Pantai Sire

Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat  seolah tidak pernah kekurangan rekreasi pantai cantik untuk dieksplorasi, diantaranya Pantai Sire. Pantai yang berada di teritori Lombok Utara Nusa Tenggara Barat  ini mempunyai garis pantai yang lumayan panjang, yaitu 3,8 km. Beberapa wisatawan bisa lakukan bermacam rutinitas, seperti canoeing, snorkeling dan berenang.

Antiknya, tidak jauh dari bibir pantai, pengunjung bisa mendapati bentangan rumput hijau, hingga Pantai Sire makin asyik untuk jadi tempat piknik dengan keluarga.

Posisi: Pantai Sire, Sigar Penjalin, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat 83352

Jam Operasional: Tiap Hari 24 Jam

Ticket Masuk: Gratis

Itu dia Tempat Wisata Di Kota  Mataram Nusa Tenggara Barat, adakah tempat favorit kalian ? adakah tempat yang pernah kalian datangi ? jika belum silahkan piih tempatnya dan selamat berlibut....