Tempat Wisata Gunung Yang Paling Eksotis di Indonesia - Administrasi Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Wisata Gunung Yang Paling Eksotis di Indonesia

Tempat Wisata Gunung Yang Paling Eksotis di Indonesia
PENDAKIAN - Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki pesona alam yang menarik hingga eksotis, namun juga negara kita ini terdapat berbagai pulau yang banyak dengan itulah kita setidaknya harus bersyukur betapa banyaknya di setiap sudut-sudut pulau yang terdapat pada alam Indonesia tersebut.

Banyak sekali wisata alam yang masih terawat serta asli yang terdapat pada bumi pertiwi ini, tinggal hanya bagaimana kita cara melestarikanya serta menjaga. 

Tidak jarang mulai dari wisatawan mancanegara penasaran akan wisata yang eksotis, karena memang terbukti bahwa wisata alam Nusantara ini tidak kalah menarik dari luar negeri. 

Nah untuk dapat memberikan pengertian yang banyak tentang anda, yuk kita simak bersama-sama yang dapat di paparkan penulis di sini.

Berikut Tempat Wisata Gunung Yang Paling Eksotis di Indonesia.

Kawah Ijen. 

Kawah Ijen

Tempat Wisata ini terletak di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Salah satu wisata gunung berapi yang sangat terkenal khususnya di Indonesia dengan menunjukan sebuah kawah yang indah dan berwarna, selain itu cuacanya juga sangat dingin.

Untuk capai kawah Gunung Ijen di Banyuwangi, dapat memakai kereta api ekonomi dengan tujuan Banyuwangi dan turun di Stasiun Banyuwangi Kota selanjutnya naik ojek dengan arah Kecamatan Licin dan Dusun Banyusari. 

Dari Banyusari, perjalanan diteruskan ke arah Paltuding dengan menumpang truk pengangkut belerang atau memakai bis dan turun di Banyuwangi kota selanjutnya naik ojek langsung bisa ke Paltuding atau ke Dusun Banyusari bisa juga tetapi dengan memakai bis biaya yang dikeluarkan makin lebih mahal.

Pintu gerbang khusus ke Cagar Alam Taman Rekreasi Kawah Ijen berada di Paltuding, yang adalah Pos PHPA (Pelindungan Rimba dan Konservasi Alam). Pilihan jalur ialah Bondowoso - Wonosari - Tapen - Sempol - Paltuding. 

Sarana yang lain bisa dicicipi oleh pengunjung diantaranya pondok rekreasi dan warung yang jual kepentingan pendakian untuk melihat keelokan kawah Ijen. Dari Paltuding berjalan kaki dalam jarak seputar 3 km. Trek awalnya sepanjang 2 KM lumayan berat sebab naik. 

Sejumlah besar lajur dengan kemiringan 25-35 derajat. Kecuali naik, susunan tanahnya  berpasir hingga menambahkan makin berat langkah kaki sebab harus meredam berat tubuh supaya tidak turun ke belakang. 

Sesudah istirahat di Warung Pos Bulat (pos yang unik sebab mempunyai wujud lingkaran), lajur seterusnya naik cukup terjal dan licin, diteruskan 1 KM paling akhir relatif agak miring, tapi pelancong / pendaki disajikan panorama jejeran pegunungan yang paling cantik. 

Untuk turun ke arah kawah harus melewati medan berbatu-batu sepanjang 800 mtr. dengan keadaan yang curam sampai kemiringan 45 derajat.

Gunung Bromo. 

Gunung Bromo

Tidak jauh berbeda dengan wisata kawah ijen, gunung bromo ini terletak di daerah kabupaten di Probolinggo provinsi Jawa Timur, mempunyai keindahan yang menakjubkan serta juga untuk dapat melihat sunrise di pagi hari.

Syarat Untuk Ke Gunung Bromo

1. Membeli ticket online Pelancong cuman dapat beli ticket masuk secara online lewat situs reservasibromo.bromotenggersemeru.org. 

2. Membawa surat info sehat Saat sebelum bertandang atau berekreasi ke teritori TNBTS, pengunjung harus ada pada kondisi sehat. Mereka harus juga memperlihatkan surat info sehat dari dokter lebih dulu. Saksikan Photo Pelancong naik kuda di teritori Gunung Bromo(Dok. Agen Komunikasi Khalayak Kemenparekraf) 

3. Ada batasan umur pengunjung Pelancong yang dikenankan untuk bertandang dan berekreasi di teritori TNBTS cuman yang berumur 10-60 tahun. Awalnya pada remobilisasi Step I, cuman pelancong berumur 14-60 saja yang bisa bertandang ke teritori TNBTS.

4. Harus check temperatur badan Waktu masuk teritori TNBTS, pengunjung harus lewat proses pengecekan temperatur badan 2x dalam jarak pengecekan 5 menit. Kalau sudah dicheck 2x dan temperatur badan masih lebih dari 37,30 derajat celcius, pelancong tidak dibolehkan masuk. 

5. Harus gunakan masker dan sarung tangan Sepanjang ada di teritori TNBTS, pelancong harus menggunakan masker dan sarung tangan. Bila tidak mengantarnya, pengunjung dapat beli dari beberapa pedagang di tempat TNBTS. 

Pengunjung tak perlu cemas sebab beberapa pedagang telah mengaplikasikan prosedur kesehatan, seperti menggunakan masker dan face shield. 

6. Harus membawa hand sanitizer atau sabun cair Faksi TNBTS sudah sediakan tempat bersihkan tangan di sejumlah titik rekreasi, terhitung di pintu masuk. Walau demikian,pelancong harus bawa hand sanitizer atau sabun cair setiap untuk bersihkan tangan. 

7. Gunakan perlengkapan individu Faksi BBTNBTS mengharuskan beberapa calon pengunjung untuk memakai perlengkapan individu untuk bermacam kepentingan seperti perlengkapan makan, minum, beribadah, dan sebagainya. 

8. Menjaga jarak Sepanjang ada di teritori TNBTS, pelancong harus mengaplikasikan ketentuan menjaga jarak dengan pengunjung lain. Bukan hanya itu, mereka tidak boleh berkerubung dan selalu teratur. 

9. Menjaga norma batuk dan bersin Waktu bertandang, pelancong harus jaga norma batuk dan bersin dengan tutup tempat mulut dan hidung memakai tisu, masker, atau mungkin dengan siku. Mereka tidak boleh meludah asal-asalan. Saksikan Photo Gunung Bromo(Albert Supargo) 

10. Paket lawatan di tempat rekreasi Faksi TNBTS mengaplikasikan paket lawatan yang terbatasi di lima site rekreasi. Untuk Site Bukit Cinta, paketnya cuman 42 orang setiap hari. Sesaat Site Pananjakan 250 orang setiap hari, Site Bukit Kedaluh 129 orang setiap hari, Site Savana Teletubies 694 orang setiap hari, dan Site Mentigen 150 orang setiap hari. 

Untuk pembelian karcis, satu karcis cuman berlaku untuk satu site rekreasi yaitu site sunrise view poin, site laut pasir, dan site savana. Simak juga: 3 Tempat Saksikan Embun Es di Gunung Semeru dan Bromo Bila pelancong pilih untuk bertandang ke site savana, mereka cuman bisa ke site sunrise view poin sesudah jam 08.00 WIB. Site sunrise view poin terbagi dalam Bukit Cinta, Bukit Kedaluh, Pananjakan, dan Mentigen. 

11. Tidak boleh ke Kawah Bromo Berdasar referensi PVMBG PGA Cemorolawang, pelancong tidak boleh ke Kawah Bromo. Batasan radius aman ialah 1 km dari kawah. 

12. Harus membawa turun sampah Buat jaga kebersihan sarana khalayak, pelancong harus patuhi ketentuan untuk bawa turun kembali sampah. Beberapa tempat khalayak seperti masjid, toilet, tempat parkirkan, dan yang lain tetap harus bersih dari sampah. 

13. Batasan optimal kendaraan Faksi TNBTS batasi banyaknya penumpang dalam kendaraan atau layanan transportasi yaitu optimal 50 % dari kemampuan. Untuk yang memakai jip, kemampuannya cuman dibolehkan untuk satu sopir dan tiga penumpang. Sesaat motor cuman satu sopir dan satu penumpang.

Gunung Rinjani. 

Gunung Rinjani

Tempat wisata dengan panorama pemandangan yang indah serta masih asli keberadaanya , di sana kita juga melihat sunrise di pagi hari maupun sore hari. Gunung Rinjani terletak di Pulau Sumbawa berdekatan dengan Tanjung Ringgit.

Gunung Rinjani ialah gunung yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang disebut gunung berapi ke-2 paling tinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl dan berada pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT 

Ini adalah gunung favorite untuk pendaki Indonesia sebab keelokan panoramanya. Gunung ini adalah sisi dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang mempunyai luas seputar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya hingga jadi 76.000 ha menuju barat dan timur.

Secara administratif gunung ini ada dalam daerah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok tengah dan Lombok Barat.

Pendakian Gunung Rinjani (pucuk) adalah salah satunya tempat wisata sebagai unggulan di teritori Taman Nasional Gunung Rinjani. Gunung Rinjani selaku gunung vulkanik yang aktif nomor 2 paling tinggi di Indonesia.

Pucuk Gunung Rinjani adalah arah sejumlah besar beberapa petualang dan pecinta alam yang berkunjung teritori ini sebab jika sudah sukses capai pucuk itu adalah satu kebanggaan tertentu. 

Apresiasi komune pecinta alam di semua nusantara bahkan juga dari luar negeri dalam aktivitas pendakian lumayan besar, ini bisa dibuktikan dalam jumlah pengunjung yang lakukan pendakian tiap tahunnya alami kenaikan. 

Gunung Jaya Wijaya. 

GUnung Jaya Wijaya

Gunung Ini adalah salah satu gunung tertinggi yang keberadaanya di sudut Papua dengan puncaknya mengandung hujan es salju serta juga jarang untuk di kunjungi karena harus yang benar-bear hoby travelling.

Demikianlah tentang Tempat Wisata Gunung Yang Paling Eksotis di Indonesia, inilah yang dapat di paparkan penulis di atas. Semoga informasi ini memberikan pengertian tentang anda untuk mengetahui keindahan nusantara yang sangat mempesona

Pegunungan Jayawijaya ialah rangkaian pegunungan yang membujur di Propinsi Papua, Indonesia. Pegunungan Jayawijaya ialah serangkaian pegunungan paling tinggi di Indonesia, dengan pucuk paling tingginya yakni Pucuk Jaya (4.884 mtr. dari permukaan laut). 

Di pucuk pegunungan Jayawijaya ada salju kekal yang banyaknya makin tipis karena pemanasan global. Kecuali Pucuk Jaya, Pegunungan Jayawijaya mempunyai beberapa pucuk yang lain lebih rendah, yakni:

Pucuk Mandala 4.760 mdpl

Pucuk Trickora 4.730 mdpl

Pucuk Idenberg 4.673 mdpl

Pucuk Yamin 4.535 mdpl

pucuk Carstenz Timur 4.400 mdpl

Pucuk Jaya atau Piramida Carstensz adalah satu pucuk sebagai sisi dari Barisan Sudirman yang ada di Propinsi Papua, Indonesia. Pucuk Jaya memiliki ketinggian 4.884 mdpl dan disekelilingnya ada gletser Carstensz, salah satu gletser tropika di Indonesia, yang secara perlahan-lahan mulai tipis karena pemanasan global

Pucuk ini adalah gunung paling tinggi di Indonesia teritori Oceania. Pucuk Jaya adalah dari 7 pucuk paling tinggi di dunia.

Ada banyak kekhasan yang dipunyai Gunung Jayawijaya, yaitu:

1. Mempunyai salju

Tahukah kamu bila Gunung Jayawijaya punyai salju? Walau sebenarnya Indonesia adalah negara beriklim tropis dan menghampar di atas garis khatulistiwa. 

Hingga tidak mungkin bila ada salju. Tidak seluruhnya pucuk di pengunungan Jayawijaya ada salju. Tetapi gletser atau bongkahan es yang besar di Pucuk Gunung Jayawijaya mulai tipis karena perombakan cuaca.

2. Gunung paling tinggi di Indonesia

3. Posisi pendakian paling mahal

Dikabarkan memerlukan ongkos mahal. Barisan yang beranggotakan 5 orang habiskan ongkos sejumlah Rp 55 jutu per orang. Besaran ongkos itu untuk transportasi ke arah Papua dan sewa pesawat dari Nabire ke Dusun Sugapa, Kecamatan Sugapa, Kabupaten Intan Jaya. 

Mahalnya ongkos pendakian dikuasai letak gunung yang susah dicapai. Misalkan dari Jakarta, pendaki harus memakai pesawat ke arah Nabire sepanjang enam jam. Ongkos itu untuk bayar porter yang rerata Rp 7-8 juta sekali perjalanan. Walau sebenarnya untuk seseorang memerlukan dua porter. 

Rata - rata operator pendakian tawarkan paker perjalanan ke arah Gunung Cartenz pada harga Rp 55 juta sampai Rp 65 juta per orang. Bahkan juga pendakian ke Gunung Himalaya di Nepal tambah murah bila dibanding ke Gunung Cartenz.

4. Masuk ke Seven Summits 

Pucuk Jayawijaya terhitung ke dalam tujuh pucuk paling tinggi di dunia bersama Gunung Mount Everest di Asia (8.848 mdpl), Gunung Kilimanjoro di Afrika (5.895 mdpl), Gunung Elbrus di Eropa (5.642 mdpl).

5. Banyak pendaki luar negeri 

Banyak pendaki luar negeri mendaki Gunung Cartenz. Pendaki dalam negeri banyak juga.