Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Berwisata ke kebun Binatang Ragunan Jakarta

Tips Berwisata ke kebun Binatang Ragunan Jakarta
Wisata - Kebun Binatang Ragunan selalu menjadi sasaran keluarga Jakarta untuk mengisi liburan mereka. Lebih-lebih bila libur sekolah atau libur hari raya,  pengunjung dipastikan sangat padat. Kendati tak sebaik Taman Impian Jaya Ancol atau Taman Mini Indonesia Indah (TMII) namun kebun binatang ini tetap ramai pengunjung. 

Tiap tahun hampir puluhan ribu orang mendatangi kebun binatang dengan area yang sangat luas ini. Tidak salah kalau kebun binatang Ragunan adalah tempat untuk liburan bersama keluarga yang murah meriah.

Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang Ragunan adalah taman dengan luas mencapai 147 hektar dengan jumlah binatang 2 ribu species satwa dan ada sekitar 50 ribu pohon. Kondisi itulah yang menjadikan keadaan di sana sangat adem dan menyenangkan. 

Berlibur di Taman Margasatwa Ragunan ini para wisatawan layaknya berjalan di dalam hutan tropis ukuran kecil. Sebab di dalamnya tumbuh keanekaragaman hayati yang mempunyai nilai konservasi tinggi sebagai warisan untuk anak cucu kelak.

Kendati mempunyai berbagai sarana dan hiburan yang lengkap, Pemerintah DKI Jakarta tak serta merta memasang tarif mahal untuk  memasukinya. Pengunjung cuma dibebankan tiket masuk sejumlah 4500 Rupiah untuk dewasa dan 3.500 Rupiah bagi anak-anak umur 2 tahun ke atas. 

Tiket masuk yang cukup murah itu menjadikan sebagian besar penduduk Jakarta maupun luar Jakarta yang datang dari strata menengah bawah berbondong-bondong membawa keluarga untuk liburan murah meriah ke tempat wisata ini. Menggunakan biaya yang benar-benar murah mereka sudah bisa bersenang-senang dengan sanak keluarga mereka. 

Di samping masyarakat Jakarta, penduduk Tangerang dan Bekasi pun lebih memilih menggunakan waktu liburan bareng keluarga mereka di sini. Di samping berbagai jenis satwa, di kebun binatang Ragunan ini pun tersedia banyak taman kosong yang dapat dimanfaatkan sebagai area istirahat dengan keluarga.

Perhatikan Keamanan

Area yang luas dengan jumlah pengunjung yang membludak, kadang ada pengunjung yang terpisah dari anak-anak mereka. Untuk itu sebelum anda memboyong keluarga dan anak-anak anda ke sana anda harus memperhatikan tips aman berlibur di kebun binatang Ragunan berikut ini :

1. Awasi anak-anak anda yang masih kecil dan jangan sampai lepas dari pegangan atau pengawasan.

2. Selalu jaga barang bawaan anda antara lain dompet, tas dan handphone jangan sampai terjatuh atau ketinggalan.

3. Ketika akan meninggalkan mobil tidak boleh lupa untuk mengecek pintu dan jendela benar-benar telah dikunci dan berikan kunci pengamanan tambahan untuk lebih memberikan keamanan dari tangan-tangan jahil.

4. Jika terjadi anak-anak anda terpisah, diimbau supaya secepatnya menemui aparat keamanan di Pusat Informasi yang berada di sebelah belakang Patung Gajah Taman Margasatwa Ragunan ini. Sementara jika anda mengalami kehilangan barang-barang bawaan atau berharga bisa menemui petugas di Pos Keamanan Pintu Utama di sebelah utara.

5. Selalu waspada dengan pencopet yang mungkin saja menunggu kelengahan anda mengingat begitu membludaknya pengunjung terutama pas masa-masa liburan. (pp)

Post a Comment for "Tips Berwisata ke kebun Binatang Ragunan Jakarta"