Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Pemandian Banyu Panas, Palimanan Cirebon

 
Wisata Pemandian Banyu Panas, Palimanan Cirebon
@SumberGambarWikipedia
Wisata - Kota Cirebon adalah kota kecil yang terletak di perbatasan propinsi Jawa Barat dan propinsi Jawa Tengah. Kota ini sering dimanfaatkan sebagai tempat mampir saat bepergian ke sejumlah kota besar di Jawa Barat. Namun nyatanya kota Cirebon ini mempunyai berbagai potensi alam sekaligus potensi wisata menarik. Terdapat sejumlah lokasi wisata di Cirebon yang layak didatangi para wisatawan untuk menghabiskan masa liburan mereka bersama keluarga.

Lokasi wisata Cirebon yang sering diingat masyarakat ialah wisata religinya saja. Sekalipun di Cirebon ini tersedia sejumlah destinasi wisata menarik untuk pelepas lelah anda. Obyek wisata yang tersedia antara lain adalah wisata alam dengan panorama fantastis salah satunya adalah wisata Banyu Panas Palimanan atau pemandian air panas Palimanan.

Rute Transportasi ke Banyu Panas

Bila ditempuh dari pusat Kota Cirebon, lokasi wisata Banyu Panas Palimanan ini sekitar 35 menit pada keadaan jalan yang agak berlubang karena seringnya dilalui kendaraan truk berat. Sepanjang jalur Cirebon Majalengka memang berdiri beberapa pabrik dengan aktifitas lalu lalang kendaraan yang cukup tinggi. 

Sebelum memasuki pintu gerbang wisata Banyu Panas ini, pengunjung mesti melalui pos satpam pabrik semen, sebab memang kawasan wisata pemandian air panas ini berlokasi di kompleks pabrik semen PT Indocement Tunggal Prakarsa.

Sesudah melalui pos satpam, selanjutnya melalui kompleks pabrik semen dan pengunjung akan tiba di suatu jalan perbukitan yang tandus. Perjalanan dilanjutkan kurang lebih 10 menit maka akan tampak pintu masuk wisata Banyu Panas Palimanan ini. 

Tiket masuk ke obyek wisata pemandian ini murah saja hanya 7 ribu Rupiah itu pun sudah termasuk tarif parkir. Pengunjung dapat menggunakan berbagai wahana di lokasi wisata Banyupanas Palimanan ini semaunya tanpa dibatasi waktu.

Berwisata Sambil Terapi Perawatan Kulit

Lokasi parkir kendaraan di sana cukup lega, berupa sebuah tempat lapang namun teduh. Sejumlah kedai makan berdiri di seputaran Lokasi parkir ini. Dari lokasi parkir ini pengunjung mesti menyeberangi sungai kecil sebelum sampai di pemandian air panasnya. 

Di sana ada kolam renang dengan air yang hangat dengan bau khas belerang. Kolam panas ini cocok untuk terapi sekaligus perawatan kulit atau sekedar berenang menyegarkan badan. Kolam dengan ukuran kurang lebih 10×15 m dilengkapi dengan kamar bilas dan kamar ganti sekaligus toilet.

Sumber mata air Banyu Panas sendiri sudah diberikan pagar tinggi. Ada dua buah “umbul”  atau mata air berupa muncratan air panas yang berasal dari dalam tanah dengan temperatur air di kolam mencapai 60 derajat celcius lebih. Bau belerang sangat terasa. 

Pepohonan tinggi dan rimbun membuat kawasan ini sangat teduh.  Tersedia sejumlah gazebo dari bambu yang pas digunakan untuk beristirahat sambil bercengkerama menikmati udara segar perbukitan.

Post a Comment for "Wisata Pemandian Banyu Panas, Palimanan Cirebon"